Arti Amma Ba’du Bahasa Arab Menurut Islam

By | November 24, 2019
arti amma ba'du

Apa arti kata bahasa arab amma ba’du menurut islam dan maknanya.

Doagama.com – Arti amma ba’du dan maknanya. Mungkin sebagian orang di sini masih ada yang belum mengerti apa sih arti kata atau kaliamt amma ba’du dalam bahasa Arab?

Kalimat tersebut sangat sering kita dengar, terutama ketika khotib membacakan khutbahnya, biasanya diakhiri dengan mengucap kata amma ba’du.

Kata tersebut juga sering diperdengarkan ketika muadzin melafadzkan kalimat doa sesudah adzan, ataupun ketika pada acara pengajian, khutbah atau ceramah tertentu.

Dan biasanya, kalimat atau kata-kata tersebut diucapkan di penghujung doa atau akhir acara. Apa sih sebenarnya arti kata amma ba’du, dan bagaimana maknanya menurut agama Islam? Silahkan disimak.

Arti Kata Amma Ba’du

Amma ba’du berasal dari bahasa Arab yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “sesuatu sesudahnya” atau “sesuatu yang datang setelah itu“.

Secara istilah, amma ba’du berarti kalimat yang diucapkan untuk memberi tahu kepada para pendengar bahwa akan ada sesuatu yang dilanjutkan setelah kaliat itu terucap.

Misal pada saat khatib sholat jumat mengucap kata amma ba’du, artinya khatib memberi tahu bahwa akan ada hal lain yang akan diucapkan setelahnya.

Atau ketika ustadz mengakhiri doa pada ceramahnya, itu berarti akan ada hal lain yang ingin disampaikan ustadz, atau “semoga di lain kesempatan kita bisa bertemu kembali untuk berbicara.”

Makna Amma Ba’du Menurut Islam

Lalu, apa makna mengucap kalimat tersebut? Apa faedah dan fadhilahnya? Menurut agama Islam, setidaknya ada lima faedah dari tulisan singkat amma badu tersebut. Berikut diantaranya:

  • Amma ba’du yang diucapkan setelah pembuka ibadah khotbah jumat untuk memuji, meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.
  • Setiap orang yang berkhutbah dianjurkan untuk mengucapkan kata amma ba’du atau disebut juga dengan khutbaul hajah untuk mengikuti Rasululah SAW.
  • Hendaknya kita menghafal dan memahami kalimat ini karena apabila kita ditugaskan untuk berkhutbah, berceramah atau memberikan kultum di suatu tempat, orang-orang akan takjub bahwa kita mengikuti petunjuk Rasul untuk mengucapkan khutbaul hajah.
  • Hukum mengucapkan amma ba’du adalah sunnah menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albany Rahimahumullah.
  • Jika mengamalkannya setiap berkhutbah, maka Anda akan mendapat dua pahala besar yakni mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW dan menjaga sunnah.

Itulah beberapa keutamaan atau keistimewaan apabila kita mengucap kalimat tersebut pada setiap khutbah yang disampaikan. Insya Allah setiap orang yang mengucap dan mendengarnya akan dilimpahkan pahala. Amin.

Akhir Kata

Itulah sedikit penjelasan dari arti amma ba’du, semoga artikel ini dapat menjelaskan bagi yang belum paham mengenai arti dan makna tulisan bahasa Arab amma ba’du.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *