Arti Maslahat dan Maknanya Menurut Islam

By | November 24, 2019
arti maslahat

Arti kata maslahat menurut agama islam dan maknanya secara lengkap.

Doagama.com – Arti kata maslahat dan maknanya. Pasti kita sering mendengar kalimat atau kata-kata maslahat, sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab.

Kata tersebut kerap kita dengar ketika khatib membaca khutbah, saat pengajian, kultum, penceramah, maupun di tempat lain seperti pada pidato atau ayat-ayat Al-Quran.

Selain pada acara keagamaan, kalimat maslahat juga kerap diucapkan dalam perbincangan sehari-hari masyarakat Indonesia karena memang cukup sering orang-orang mengucapkannya.

Memang kalimat maslahat berasal dari bahasa Arab, namun dalam agama Islam, maslahat sendiri memiliki arti dan makna khusus. Dan di sini kita akan sama-sama belajar untuk mengetahuinya.

Lalu, apa sih arti kata, pengertian atau definisi dari maslahat dan maknanya menurut agama Islam? Apakah ada faedah atau fadhilah khusus apabila kita melafadzkannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Arti Kata Maslahat

Menurut KBBI, maslahat berarti sesuatu yang mendatangkan kebaikan, manfaat, kebergunaan, kepentingan, faedah dan faedah. Maslahat juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang membawa keselamatan.

Secara istilah, maslahat memiliki arti bahwa apabila kita melakukan suatu pekerjaan, maka kita berharap akan ada hal baik yang datang dari pekerjaan yang kita lakukan.

Contohnya adalah seorang pengusaha menyumbang sebagian hartanya untuk pembagunan panti asuhan demi kemasalahatan anak yatim piatu di seluruh Indonesia.

Atau mungkin kita sering mendengar sebuah kalimat berbunyi “apabila diantara dua pilihan memiliki maslahat yang sama, maka pilihlah yang paling sedikit mudharatnya“.

Kaliamt tersebut dapat diartikan sebagai apabila ada dua hal yang memiliki manfaat atau kebaikan yang sama, maka lebih baik pilih yang paling sedikit membawa keburukan.

Sebagai informasi tambahan, mudharat berarti keburukan, merupakan lawan kata dari maslahat. Penjelasan dan definisi mudharat telah dibahas sebelumnya pada artikel arti mudharat.

Makna Maslahat Menurut Islam

Dalam pengertian agama Islam, maslahat berarti sesuatu kebaikan atau kegunaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat muslim atau muslimah di muka bumi.

Allah SWT akan memberikan banyak-banyak maslahat atau keselamatan kepada siapa-siapa saja yang selalu taat menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Makna maslahat yang lain adalah sesuatu yang kita dapatkah sebagai hasil kerja keras. Misal apabila kita giat belajar dan membaca doa belajar, insyaa Allah, Allah SWT akan membantu kita supaya paham materi yang kita pelajari.

Apakah ada faedah atau fadhilah khusus yang kita dapat apabila mengucapkan kaliamt maslahat dalam bahasa Arab dibanding manfaat atau kebaikan dalam bahasa Indonesia?

Sebenarnya tidak, mengucapkan maslahat sama seperti kita mengucapkan a good thing yang berarti hal baik jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Tidak ada hukum, sunnah atau anjuran khusus untuk kita mengucapkanna. Namun kalimat tersebut memang sekiranya lebih cocok apabila diucapkan pada ceramah dan kultum agama Islam saat pengajian atau majelis taklim.

Akhir Kata

Itulah arti maslahat, semoga artikel ini dapat sedikit membantu kita bersama untuk sama-sama belajar mengetahui pengertian, definisi, makna, arti, kata, istilah maslahat dari bahasa Arab.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *