Ayat Alkitab Tentang Patah Hati (PUTUS CINTA)

By | Juli 8, 2019
ayat alkitab tentang patah hati

Ayat-ayat alkitab tentang patah hati atau putus cinta agar bisa move on dari mantan atau cinta bertepuk sebelah tangan.

Doagama.com – Ayat alkitab tentang patah hati. Setiap orang, apalagi anak remaja pasti ingin pujaan hatinya membalas cinta seperti yang dia miliki. Tidak seorangpun ingin merasakan patah hati akibat ditolak seseorang yang dia cintai atau cintanya bertepuk sebelah tangan.

Setiap remaja pasti ingin akhir yang bahagia soal kisah cintanya. Ya, benar, itulah harapan semua orang di muka bumi. Tapi harapan hanyalah harapan. Ada kalanya kita harus menerima kenyataan bahwa orang yang kita suka tidak dapat bersama dengan kita untuk suatu alasan tertentu.

Di sini kita harus belajar ikhlas merelakan kepergiannya. Kita juga harus dapat menahan diri untuk tidak membiarkan perasaan yang terpendam dalam hati kita menjadi semakin kuat karena nanti justru akan membuat keadaan menjadi rumit.

Ayat-ayat alkitab berikut ini akan mengajarkan kita betapa Tuhan sangat peduli pada orang yang patah hati atau putus cinta. Ayat alkitab tentang patah hati berikut mengajarkan kita untuk ikhlas akan kepergiannya, menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa bersamanya dan semoga dapat membantu kita untuk move on.

Ayat Alkitab Tentang Patah Hati atau Putus Cinta

Berikut adalah kumpulan ayat-ayat alkitab yang membahas tentang patah hati, putus cinta, cinta bertepuk sebelah tangan, untuk mantan, pujaan hati, orang yang dicintai dan sebagainya.

1. Amsal

Amsal 2:2
“Sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian.”

Amsal 3:5-6
“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

Amsal 12:25
“Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.”

Amsal 15:13
“Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.”

Amsal 17:22
“Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”

Amsal 17:25
“Anak yang bebal menyakiti hati ayahnya, dan memedihkan hati ibunya.”

2. Ayub

Ayub 5:2
“Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.”

3. Filipi

Filipi 3:13-14
“Aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.”

4. Ibrani

Ibrani 4:16
“Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.”

Ibrani 13:6
“Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?”

5. Imamat

Imamat 21:19
“Patah ganti patah, mata ganti mata, gigi ganti gigi; seperti dibuatnya orang lain bercacat, begitulah harus dibuat kepadanya.”

6. Matius

Matius 6:21
“Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”

Matius 11:28-29
“Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.”

Matius 16:26
“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang diberikannya sebagai ganti nyawanya.”

7. Mazmur

Mazmur 9:9
“Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.”

Mazmur 30:5
“Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.”

Mazmur 34:19
“TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”

Mazmur 37:4
“Carilah kebahagiaanmu pada Tuham, Ia akan memuaskan keinginan hatimu.”

Mazmur 51:19
“Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.”

Mazmur 55:22
“Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkanNya orang benar itu goyah.”

Mazmur 57:7
“Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap; aku mau menyanyi, aku mau bermazmur.”

Mazmur 62:9
“Percayalah kepadaNya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapanNya; Allah ialah tempat perlindungan kita.”

Mazmur 73:26
“Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.”

Mazmur 127:1
Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.

Mazmur 147:3
“Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.”

8. Nahum

Nahum 1:7
“TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepadaNya.”

9. Pengkhotbah

Pengkhotbah 3:4
“Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari.”

10. Roma

Roma 5:1
“Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.”

Roma 8:39
atau kuasaKuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah.

11. Ulangan

Ulangan 11:16
“Hati-hatilah, supaya jangan hatimu terbujuk, sehingga kamu menyimpang dengan beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya.”

Ulangan 31:6
“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Ulangan 30:6
“Dan TUHAN, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, supaya engkau hidup.”

Ulangan 31:8
Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

12. Wahyu

Wahyu 21:4
“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka , dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

13. Yakobus

Yakobus 1:13
“Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: Pencobaan ini datang dari Allah! Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.”

14. Yehezkiel

Yehezkiel 11:19
“Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat.”

Yehezkiel 36:26
“Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.”

15. Yeremia

Yeremia 4:14
“Bersihkanlah hatimu dari kejahatan, hai Yerusalem, supaya engkau diselamatkan! Berapa lama lagi tinggal di dalam hatimu rancangan-rancangan kedurjanaanmu?”

Yeremia 19:10
“Mereka yang menenun akan remuk hatinya, segala pekerja upahan akan bersedih hati.”

Yeremia 23:26
“Sampai bilamana hal itu ada dalam hati para nabi yang bernubuat palsu dan yang menubuatkan tipu rekaan hatinya sendiri.”

Yeremia 29:11
“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Yeremia 49:35
“Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, Aku mematahkan busur Elam, yakni inti kekuatannya.”

16. Yesaya

Yesaya 26:3
“Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.”

Yesaya 40:29-31
“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Yesaya 41:10
“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kananKu yang membawa kemenangan.”

Yesaya 42:4
“Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.”

Yesaya 43:1
“Beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu.”

Yesaya 43:18
“FirmanNya: Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!”

Yesaya 61:1
“Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelapasan di penjara.”

Yesaya 65:14
“Sesungguhnya, hamba-hambaKu akan bersorak-sorai karena gembira hatinya, tetapi kamu akan mengerang karena sedih hati, dan kamu akan menangis karena patah semangat.”

17. Yohanes

Yohanes 14:27
“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

18. Yosua

Yosua 1:9b
“Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.”

19. 1 Konritus

1 Konritus 10:13
“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

20. 1 Petrus

1 Petrus 4:19
“Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.”

21. 1 Raja-raja

1 Raja-raja
“Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu dan berkata: Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia. Tetapi rakyat itu tidak menjawabnya sepatah katapun.”

22. 2 Konritus

2 Konritus 4:8-9
“Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.”

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Berikut adalah kumpulan ayat-ayat alkitab lainnya yang membahas selain tentang patah hati atau putus cinta. Silahkan dibaca.

Akhir Kata

Itulah Ayat Alkitab Tentang Patah Hati. Semoga dapat menjadi penguat bagi yang baru putus cinta dan memulihkan kesedihan bagi yang merasakannya. Semoga dapat segera move on dan menemukan cinta yang baru, cinta yagn benar-benar tulus kepada kita. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *