Ayat Alkitab Untuk Pembuka Ibadah Kristen

By | Juli 8, 2019
ayat alkitab untuk pembuka ibadah

Ayat alkitab atau firman tuhan untuk pembuka ibadah kristen di gereja.

Doagama.com – Ayat alkitab untuk pembuka ibadah. Setiap ibadah agama Kristen di gereja pasti diawali dengan membaca Doa Pembukaan Ibadah untuk memohon kepada Tuhan supaya dilancarkan kegiatan ibadahnya.

Selain untuk memohon kelancaran ibadah, doa pembuka juga dimaksudkan untuk mendoakan para jemaat, hamba Allah dan pelayan ibadah yang bekerja agar dapat menjalankan ibadah dengan penuh rasa syukur.

Kadang, di tengah pembacaan teks doa pembuka tersebut diimbuhi dengan beberapa potong ayat alkitab atau Firman Allah untuk menumbuhkan iman di dalam hati. Firman Allah memang menjadi petunjuk bagi umat Kristen untuk berbagai hal.

Di sini, kami akan menulis beberapa ayat Alkitab yang membahas mengenai ibadah, ayat Alkitab yang bisa dibaca untuk pembuka ibadah tentang pentingnya beribadah, berdoa, muzijat yang didapat ketika beribadah, dan semacamnya.

Ayat Alkitab Untuk Pembuka Ibadah Di Gereja

Berikut adalah kumpulan ayat-ayat atau firman Tuhan dalam Alkitab yang menyinggung tentang pentingnya menjalankan ibadah. Sangat direkomendasikan untuk dibaca pada saat membaca doa pembuka ibadah.

1. Amsal

Amsal 7:14
“Aku harus mempersembahkan korban keselamatan, dan pada hari ini telah kubayar nazarku itu.”

2. Ibrani

Ibrani 9:21
“Dan juga kemah dan semua alat untuk ibadah dipercikinya secara demikian dengan darah.”

Ibrani 12:28-29
“Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut. Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.”

Ibrani 13:15
“Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.”

3. Kejadian

Kejadian 4:3
“Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan.”

Kejadian 4:4
“Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu.”

Kejadian 4:5
“Tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.”

4. Kolose

Kolose 3:16
“Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.”

5. Matius

Matius 4:10
“Maka berkatalah Yesus kepadanya: Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

Matius 5:24
“Tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.”

Matius 15:9
“Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”

6. Mazmur

Mazmur 2:11
“Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar.”

Mazmur 40:13
“Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.”

Mazmur 97:7
“Semua orang yang beribadah kepada patung akan mendapat malu, orang yang memegahkan diri karena berhala-berhala; segala Allah sujud menyembah kepada-Nya.”

Mazmur 100:2
“Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!”

Mazmur 106:36
“Mereka beribadah kepada berhala-berhala mereka, yang menjadi perangkap bagi mereka.”

Mazmur 150:1
“Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat!”

Mazmur 150:6
“Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya!”

7. Ratapan

Ratapan 3:22-23
“Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!”

8. Roma

Roma 12:1
“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.”

9. Ulangan

Ulangan 6:13
“Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.”

Ulangan 7:9
“Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan.”

Ulangan 10:12b-13
“Beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu.”

Ulangan 17:3
“Dan yang pergi beribadah kepada Allah lain dan sujud menyembah kepadanya, atau kepada matahari atau bulan atau segenap tentara langit, hal yang telah Kularang itu.”

Ulangan 30:17
“Tetapi jika hatimu berpaling dan engkau tidak mau mendengar, bahkan engkau mau disesatkan untuk sujud menyembah kepada Allah lain dan beribadah kepadanya.”

10. Wahyu

Wahyu 4:8
“Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang.”

Wahyu 11:1
“Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.”

Wahyu 21:15
“Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru! Dan firman-Nya: Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.”

Wahyu 22:3
“Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya.”

11. Yahezkiel

Yahezkiel 11:19
“Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat.”

12. Yakobus

Yakobus 1:26
“Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.”

Yakobus 5:13
“Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!”

13. Yesaya

Yesaya 43:19
“Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.”

Yesaya 65:17
“Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.”

14. Yohanes

Yohanes 4:22
“Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.”

Yohanes 4:23-24
“Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Yohanes 12:10
“Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.”

15. Yosua

Yosua 24:14
“Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada TUHAN.”

Yosua 24:15
“Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”

Yosua 24:16
“Lalu bangsa itu menjawab: Jauhlah dari pada kami meninggalkan TUHAN untuk beribadah kepada allah lain!”

Yosua 24:18
“TUHAN menghalau semua bangsa dan orang Amori, penduduk negeri ini, dari depan kita. Kamipun akan beribadah kepada TUHAN, sebab Dialah Allah kita.”

Yosua 24:21
“Tetapi bangsa itu berkata kepada Yosua: Tidak, hanya kepada TUHAN saja kami akan beribadah.”

Yosua 24:24
“Lalu jawab bangsa itu kepada Yosua: Kepada TUHAN, Allah kita, kami akan beribadah, dan firman-Nya akan kami dengarkan.”

17. Zefanya

Zefanya 1:5
“Juga mereka yang sujud menyembah di atas sotoh kepada tentara langit dan mereka yang menyembah dengan bersumpah setia kepada TUHAN, namun di samping itu bersumpah demi Dewa Milkom.”

Zefanya 3:10
“Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia orang-orang yang memuja Aku, yang terserak-serak, akan membawa persembahan kepada-Ku.”

18. 1 Samuel

1 Samuel 12:10
“Kemudian orang-orang Israel menjauhkan para Baal dan para Asytoret dan beribadah hanya kepada TUHAN.”

1 Samuel 12:20
“Dan berkatalah Samuel kepada bangsa itu: Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi janganlah berhenti mengikuti TUHAN, melainkan beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu.”

1 Samuel 12:24
“Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya 1 dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.”

19. 1 Tawarikh

1 Tawarikh 9:28
“Sebagian dari mereka mengurus perkakas ibadah: mereka menghitung perkakas itu pada waktu dimasukkan dan dikeluarkan.”

1 Tawarikh 23:32
“Mereka harus melakukan pemeliharaan Kemah Pertemuan serta tempat kudus dan harus melayani anak-anak Harun, saudara-saudara mereka, untuk menyelenggarakan ibadah di rumah TUHAN.”

1 Tawarikh 28:13
“Mengenai rombongan-rombongan para imam dan para orang Lewi dan mengenai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah TUHAN dan segala perkakas untuk ibadah di rumah TUHAN.”

20. 1 Timotius

1 Timotius 2:10
“Tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.”

1 Timotius 4:17
“Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.”

1 Timotius 6:5
“Percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.”

1 Timotius 6:6
“Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.”

1 Timotius 6:11
“Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.”

21. 2 Korintus

2 Korintus 5:17
“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”

22. 2 Timotius

2 Timotius 3:5
“Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah q mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!”

2 Timotius 3:12
Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniay.

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Berikut adalah beberapa artikel yang membahas kumpulan ayat alkitab atau firman Tuhan lainnya di blog ini. Silahkan dibaca.

Akhir Kata

Itulah beberapa Ayat Alkitab Untuk Pembuka Ibadah. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ditunjuk untuk membacakan doa pembuka ibadah atau juga bisa dibaca untuk Doa Penutup Ibadah. Tergantung situasi dan kondisi.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *