bacaan imalah dalam alquran

Arti Bacaan Imalah dan Terdapat Dalam Surat Apa Saja

Loading...

Penjelasan pengertian apa itu arti bacaan imalah dan terdapat dalam surat apa saja secara lengkap.

Doagama.com – Arti bacaan imalah. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang teks imalah, sebenarnya apa sih lafadz imalah itu? Lalu, bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?

Mungkin bagi yang belum tahu, sempat berpikir bahwa bacaan imalah ini mirip seperti bacaan jahr, yakni bacaan-bacaan khusus yang terdapat di dalam Al-Quran.

Memang sih, bisa dibilang demikian, lafadz imalah juga merupakan kalimat yang terdapat di dalam kumpulan surat Al-Quran, namun keduanya jelas memiliki perbedaan.

Lalu, apa sih pengertian atau penjelasan dari bacaan imalah tersebut? Apa arti imalah menurut agama Islam apabila diterjemahkan dari bahasa Arab? dan teks imalah terdapat dalam surat atau ayat apa saja?

Pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas mengenai kalimat imalah secara lengkap mulai dari artinya hingga tercantum pada surat-surat Al-Quran mana saja. Silahkan disimak.

Pengertian Arti Bacaan Imalah

Secara bahasa, imalah artinya memiringkan atau membengkokkan. Maksud secara istilah adalah teks imalah yaitu bacaan yang memiringkan kata fathah kepada kasrah dan alif kepada ya.

Ada dua jenis kalimat imalah, yakni imalah kubra dan imalah sughra, berikut adalah penjelasannya.

1. Imalah Sughra

Imalah sughra adalah lafadz imalah yang masih diwashal pada kalimat lain atau lafadz bahasa Arab yang lain sehingga bacaannya tidak berhenti pada kalimat yang dimaksud.

2. Imalah Kubra

Imalah kubra adalah tulisan imalah yang telah diwakafkan ke kalimat lain sehingga bacaannya berhenti pada kalimat yang dimaksud alias tidak dilanjutkan ke kalimat berikutnya.

Cara Membaca Bacaan Imalah

Membaca imalah seperti membaca huruf e pada ekonomi, berikut adalah beberapa contoh kalimat bahasa Arab yang mengandung kalimat imalah.

مَجْر۪ىٰهَا Dibaca majreehaa
اَحْوٰى Dibaca Ahwe,
وَاتَّقٰى Dibaca Wattaqe
اِسْتَغْنٰى Dibaca Istaghne,
فَتَرْضٰى Dibaca Fatardhe

Bacaan Imalah Terdapat Pada Surat Apa Saja

Secara umum, menurut pendapat Imam Hafash dan Mushaf Usmani, kata-kata Imalah hanya terdapat pada surat Hud ayat 41, berikut adalah lafadz teks kalimat bacaannya.

وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Wa qālarkabụ fīhā bismillāhi majr)hā wa mursāhā, inna rabbī lagafụrur raḥīm

Artinya:
“Dan Nuh berkata: Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Pada kalimat مَجْرَاهَا itulah bacaan imalahnya. Dibaca dengan majreehaa. Semoga bermanfaat.

Akhir Kata

Itulah arti bacaan imalah terdapat dalam surat apa saja, semoga artikel ini membantu bagi yang belum memahami apa itu teks imalah yang terdapatdalam ayat suci Al-Quran serta cara membacanya.

Baca:

Nilai kualitas konten

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *