Doa Agar Mudah Menghafal Arab Latin dan Artinya

By | September 27, 2019
doa agar mudah menghafal

Bacaan doa agar mudah menghafal, mengingat, pelajaran, al-quran, bahasa arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa gar mudah menghafal arab latin dan artinya. Kemampuan berpikir seseorang berbeda-beda, ada yang mudah mengingat sesuatu dan ada yang gampang melupakannya.

Orang yang mudah ingat bukan berarti orang yang pintar, melainkan dia yang konsentrasi ketika hal yang diingat ada di hadapan matanya, begitu juga dengan orang yang tidak mudah menghafal.

Pada dasarnya, menghafal atau mengingat sesuatu, baik soal pelajaran maupun ayat-ayat Al-Quran berkaitan dengan konsentrasi seseorang, semakin konsen dia akan suatu hal, maka akan semakin mudah dia untuk mengingat.

Lalu, bagaimana dengan orang yang dari bawaan lahir sulit untuk berkonsentrasi sehigga tidak mudah dihafal, padahal sudah berusaha berulang kali mengingatnya namun tidak kunjung hafal?

Salah satu caranya adalah dengan berdoa kepada Allah SWT. Membaca doa supaya mudah menghafal, agar dapat mengingat sesuatu dengan gampang. Karena Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa.

Selain doa, ada juga amalan serta cara-cara atau trik khusus supaya kita lebih mudah menghafal baik seperti doa-doa sehari-hari maupun hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kehidupan.

Di sini akan dibahas secara lengkap mengenai seputar doa supaya gampang menghafal, dapat mengingat sesuatu dengan mudah, tidak mudah lupa, selalu ingat dan sebagainya.

Bacaan Doa Agar Mudah Menghafal

doa agar mudah menghafal
doa agar mudah menghafal

Ada beberapa macam doa untuk memohon supaya diberi ingatan yang panjang sehingga tidak gampang lupa. Doa-doa ini bersumber dari hadits shahih dan dalil.

Bagi Anda yang merasa tidak mudah menghafal, sulit faham atau memahami materi pelajaran di sekolah, sering lupa, sulit mengingat, susah konsentrasi dan sebagainya, dapat membaca bacaan doa berikut ini.

Doa ini bisa dibaca pada saat akan menghafal. Sebelum berdoa, alangkah baiknya fokus kepada doa yang dibaca terlebih dahulu, jangan memikirkan hal-hal lain yang mengganggu konsentrasi.

Berikut adalah kumpulan lafadz bacaan teks doa agar mudah menghafal, mengingat dan memahami sesuatu dalam bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah berdasar hadits shahih.

1. Doa Supaya Mudah Menghafal

Yang pertama adalah doa memohon agar diberi kemudahan untuk menghafal sebagaimana mukjizat yang dikarunakan kepada Nabi-nabi terdahulu.

اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi’afiatin ya arhamarrohimin.

Artinya :
“Ya Allah, karuniailah kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang.”

2. Doa Dimudahkan Menghafal

Yang kedua adalah doa minta karunia supaya diberi otak yang encer, pintar, fokus, dimudahkan ketika mau menghafal kalimat yang panjang atau materi pelajaran sebelum ujian.

اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a’thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu’tsir ‘lainaa waardhinaa wardho ‘annaa.

Artinya:
“Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami.”

3. Doa Supaya Mudah Mengingat Pelajaran

Ini adalah doa khusus yang dibaca pada saat akan memulai pelajaran di kelas supaya materi yang disampaikan Ibu/Bapak guru mudah masuk ke otak kita atau mudah dihafal.

رب زدنى علما وارزقنى فهما

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahman.

Artinya :
“Ya Allah, tambahkanlah kepada saya ilmu dan berilah saya pengertian yang baik.”

4. Doa Supaya Mudah Mengingat

Bagi yang kesulitan mengingat, meski sudah berusaha keras namun tetap tidak kunjung ingat sesuatu, alangkah baiknya membaca dzikir atau wirid berikut ini.

اللهم أخرجنا من ظلمات الوهم، وأكرمنا بنور الفهم، وافتح علينا بمعرفة العلم، وحسن أخلاقنا بالحلم، وسهل لنا أبواب فضلك، وانشرعلينا من خزائن رحمتك، برحمتك يا أرحم الراحمين

Allaahumma akhrijnaa min zhulumaatil wahmi, wa akrimnaa bi nuuril fahmi, waftah ‘alainaa bi ma’rifatil ‘ilmi, wa hassin akhlaaqonaa bil hilmi, wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika, wan syur ‘alainaa min khozaaini rohmatika, ya arhamar rohimiina.

Artinya :
“Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan keraguan/prasangka, mulyakanlah kami dengan cahaya kefahaman, bukakanlah kepada kami dengan ilmu pengetahuan, hiasilah/baguskanlah diri kami dengan akhlak yang baik, mudahkanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, bentangkanlah kepada kami dari perbendaharaan rahmat-Mu, ya Tuhan Maha Pengasih sekalian yang berkasih sayang.”

5. Doa Agar Tidak Mudah Lupa

Jika Anda orang yang pelupa, sering lupa ingatan, tidak mudah ingat, gampang melupakan sesuatu dan semacamnya, bisa baca doa panjang berikut ini.

اللهم صل و سلم على سيدنا محمد صلاة تخرجنى بها من ظلمات الوهم و تكرمنى بنور الفهم و توضح لى ما اشكل حتى يفهم انك تعلم و لا اعلم و انت علام الغيوب

Allaahumma sholli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin sholaatan tukhrijunii bihaa min zhulumaatil-wahmi watukrimunii binuuril-fahmi watuwadhihu lii maa usykila hatta yufhama innaka ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul-ghuyuubi.

Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad saww. yang dengan shalawat tersebut Engkau keluarkan saya denganya dari kegelapan dan kebimbangan, Engkau muliakan saya dengan cahaya kefahaman dan Engkau jelaskan bagi saya apa-apa yang sulit, sehingga dapat saya mengerti, sesungguhnya Engkau Yang Maha Mengetahui dan saya tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui Yang Ghaib.”

Cara Supaya Mudah Menghafal

Proses mengingat memang berkaitan dengan kinerja otak dan kemampuan berpikir, namun ingatlah bahwa otak dan pikiran adalah bagian dari tubuh manusia.

Dan seluruh tubuh manusia merupakan ciptaan-Nya. Maka dari itu, apabila ada bagian tubuh yang menghambat, seperti otak lola, lemot, sulit menghafal, maka mungkin ada kaitannya dengan hubungan kepada Allah SWT.

Dalam ajaran Islam, lakukanlah hal-hal berikut apabila selama ini tidak mendapat kemajuan apapun dalam proses mengingat barang, benda, nama orang, tempat, nama jalan dan sebagainya.

  • Pertama, jauhilah dosa karena dosa dapat menghambat usaha manusia, termasuk untuk mengingat. Jika merasa memiliki dosa, lakukanlah taubat atau tunaikan sholat taubat sebanyak 2 rakaat.
  • Kedua, perbanyak mengingat Allah SWT mulai dari membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil atau kalimat thayyibah dan bacaan dzikir lainnya.
  • Ketiga, tidak banyak makan karena menurut medis, banyak makan menyebabkan kekenyangan sehingga sulit berpikir.
  • Keempat, Sebagian ulama berpendapat bahsa bebewapa makanan berikut dapat menguatkan ingatan seperti madu, kismis dan lubban.

Akhir Kata

Itulah penjelasan singkat mengenai doa supaya dimudahkan mengingat atau menghafal. Doa penenang hati dan mudah menghafal, al quran, dengan sekali baca, doa agar cepat hafal semua yang didengar.

Doa agar cepat paham dalam belajar, doa mudah ingat, surat untuk menghafal, zikir mudah hafal, doa agar diberi pemahaman terhadap ilmu, doa mustajab menghafal alquran.

Amalan agar otak cerdas dan kuat hafalan, dzikir agar otak cerdas, cara mengingat dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *