Doa Agar Pikiran Terang Bercahaya Lengkap Pendek

By | Oktober 21, 2019
doa agar pikiran terang dan bercahaya

Doa amalan agar pikiran terang dan bercahaya lengkap arab latin dan terjemahan.

Doagama.com – Doa agar pikiran terang bercahaya lengkap pendek. Setiap orang mendambakan memiliki pikiran yang selalu terang dan bercahaya.

Pikiran yang terang, cerah atau bercahaya maksudnya adalah selalu dapat menemukan solusi dari setiap permasalahan, selalu berpikir positif, tidak pernah khawatir, was was ataupun takut.

Namun demikian, yang namanya manusia pasti pernah mengalami masalah. Dan tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan baik begitu saja.

Ada kalanya sebuah masalah yang tidak kunjung terselesaikan justru membuat seseorang menjadi depresi, berpikiran negatif, menyerah atau bahkan beranggapan bahwa cobaan yang diterima terlalu berat.

Padahal Allah SWT tidak pernah memberikan cobaan yang jauh lebih berat dibanding kemampuan hambanya. Tuhan, Allah Ta’ala mengetahui batas kemampuan kita masing-masing.

Semakin kuat seseorang maka semakin besar cobaannya, begitu pula dengan yang lemah maka diberi cobaan yang tidak begitu sukar. Karena Allah SWT menyayangi kita semua.

Tapi tetap saja, kadang sangat sulit untuk membuka pikiran akan hal tersebut. Kadang kita beranggapan bahwa masalah yang dihadapi tidak dapat diselesaikan.

Padahal sebenarnya kita hanya perlu berusaha dan berdoa. Ingat, usaha tidak akan mengkhianati hasil dan doa yang tulus akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa Agar Pikiran Terang dan Bercahaya

doa agar pikiran terang
doa agar pikiran terang

Selalulah berdoa kepada Allah SWT mohon agar diterangkan pikiran. Tidak hanya itu, mohon pula lah terang pada wajah, bola mata, telinga, dahi, mulut, cahaya hati maupun bagian tubuh lainnya.

Semakin banyak tubuh kita yang bersinar (berada dalam kondisi terbaik) maka semakin baik pula kita menjalani aktifitas, termasuk berusaha untuk menyelesaikan problematika.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita sebuah doa lengkap yang cukup panjang khusus untuk memohon pikiran yang terang, otak encer, dan minta diterangkan pada seluruh anggota tubuh.

Berikut adalah doa agar pikiran terang dan bercahaya sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin serta terjemahannya atau arti bahasa Indonesia.

1. Bacaan Doa Agar Pikiran Terang Bercahaya

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًافِيْ قَلْبِيْ وَنُوْرًافِيْ قَبْرِيْ وَنُوْرًافِيْ سَمْعِيْ وَنُوْرًافِيْ بَصَرِيْ وَنُوْرًافِيْ شَعْرِيْ وَنُوْرًافِيْ بَشَرِيْ وَنُوْرًافِيْ لَحْمِيْ وَنُوْرًافِيْ دَمِيْ وَنُوْرًافِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًامِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَنُوْرًامِنْ خَلْفِيْ وَنُوْرًاعَنْ يَمِيْنِيْ وَنُوْرًاعَنْ شِمَالِيْ وَنُوْرًامِنْ فَوْقِيْ وَنُوْرًامِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًاوَاَعْطِنِيْ نُوْرًاوَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًاوَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allaahummaj’al lii nuuran fii qalbii, wa nuuran fii qabrii, wa nuuran fii sam’ii wa nuuran fii basharii wa nuuran fii sya’rii wa nuuran fii basyarii wa nuuran fii lahmii wa nuuran fii damii wa nuuran fii ‘idhaamii. Wa nuuran mim baini yadayya wa nuuram min khalfii wa nuuran ‘an yamiinii wa nuuran ‘an syimaalii wa nuuran min fauqii wa nuuram min tahtii. Allahumma zidnii nuuraw wa a’thinii nuuraw waj’al lii nuuraw waj’alnii nuuraan.

Artinya :
“Ya Allah jadikanlah cahaya dalam hatiku, cahaya dalam kuburku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya dalam rambutku, cahaya dalam kulitku, cahaya dalam dagingku, cahaya dalam darahku dan cahaya dalam tulang-tulangku.

Dan cahaya di hadapanku, cahaya di belakangku, cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku, cahaya di atasku dan cahaya di bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya kepadaku, berikanlah cahaya kepadaku dan jadikanlah cahaya bagiku dan jadikanlah diriku cahaya.

Dan cahaya di hadapanku, cahaya di belakangku, cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku, cahaya di atasku dan cahaya di bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya kepadaku, berikanlah cahaya kepadaku dan jadikanlah cahaya bagiku dan jadikanlah diriku cahaya.”

2. Makna Amalan Doa Pikiran Terang Bercahaya

Doa panjang yang tidak singkat, ringkas ataupun pendek tersebut memiliki keutamaan, khasiat, faedah atau fadhilah memohon agar diterangkan dalam hati, penglihatan, pendengaran, serta semua bagian tubuh lain.

Selain itu, dalam doa pikiran bersinar tersebut kita juga memohon agar diberikan cahaya pada bagian tubuh yang tidak nampak (tubuh bagian dalam) serta diberikan cahaya yang terang benderang di dalam kubur.

Akhir Kata

Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang senantiasa berdoa kepada-Nya, Allah SWT pasti akan mengabulkan doa yang diucapkan dengan bersungguh-sungguh.

Maka dari itu, bacalah doa tersebut dengan khusyu’, seperti saat setelah sholat istikharah, sholat tahajud maupun sholat dhuha dua rakaat.

Itulah sedikit penjelasan mengenai doa agar pikiran terang, amalan supaya diberi pikiran yang terang serta bercahaya maupun bersinar menurut Islam.

Terima kasih telah mengunjungi blog ini dan jangan lupa baca doa-doa lain yang tersedia di sini. Seperti beberapa artikel menarik di bawah.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *