DOA AKHIR TAHUN HIJRIYAH : Arab, Latin, Terjemahan

By | Juni 13, 2019
doa akhir tahun hijriyah

Doa akhir tahun hijriyah, doa tahun baru hijriyah, doa akhir tahun islam

Doagama.com – Doa akhir tahun hijriyah. Tahun baru hijriyah merupakan tahun baru dalam ajaran Islam. Kita patut berdoa memohon kepada Allah SWT segala hal yang baik agar pada tahun berikutnya, kehidupan kita menjadi semakin baik.

Sebenarnya tidak banyak yang tahu mengenai doa tahun baru Islam ini. Termasuk saya yang ilmu agama Islamnya masih sangat rendah. Maka dari itu, saya ingin berbagi tata cara doa menyambut akhir tahun pada kalender hijriyah dalam ajaran Islam karena doa ini memiliki banyak sekali manfaat.

Dalil

Menurut sumber yang saya dapat, doa akhir tahun ini tidak terdapat pada hadist manapun dan tidak dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi mohon jangan diperdebatkan keabsahannya.

Doa ini hanya bertujuan untuk memohon kebaikan-kebaikan kepada Allah SWT. Bukan bermaksud apa-apa atau memiliki maksud terselubung dari adanya doa ini. Terima kasih atas pengertiannya.

Doa ini juga telah saya publikasikan pada blog saya yang satunya yaitu YuKampus. Silahkan baca pada tautan Doa Akhir Tahun Islam.

Manfaat Doa Akhir Tahun Hijriyah

Sebenarnya, secara umum doa itu baik untuk kita semua selagi kita melantunkan kalimat-kalimat yang baik pula. Namun secara spesifik, doa tahun baru hijriyah memiliki manfaat yang sangat baik.

Baca : Doa Awal Tahun Hijriyah

Manfaat doa akhir tahun pada penanggalan hijriyah secara spesifik meliputi harapan terhadap kebaikan di tahun berikutnya, permohonan ampun atas doa yang dilakukan di tahun sebelumnya dan inilah beberapa manfaat doa akhir tahun yang saya rangkum

  • Memohon kepada Allah SWT agar tahun berikutnya dapat menjadi lebih baik
  • Memohon kepada Allah SWT supaya ditambahkan limpahan berkahnya kepada kita di tahun mendatang
  • Memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya
  • Memohon agar Allah SWT senantiasa membimbing kita menjadi pribadi yang lebih baik pada tahun berikutnya
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya

Yang perlu kita garis bawahi adalah setiap doa baik, pasti akan diberkahi oleh Allah SWT. Setiap permohonan yang tulus dari dalam hati, pasti akan dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa.

Bacaan

Ada tiga versi yang akan saya tulis, yakni doa dalam tulisan dan bahasa Arab, doa dalam tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Silahkan menyimak.

Tulisan Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Tulisan Latin

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam.

Terjemahan Indonesia

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada MU, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Waktu Pembacaan Doa

Doa akhir tahun islam ini dibaca menjelang detik-detik pergantian tahun Islam. Atau biasanya, ketika menjelang waktu Ashar pada hari terakhir di tahun hijriyah.

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca Doa Akhir Tahun Hijriyah di blog ini dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesia. Jangan lupa berdoa dengan khusyuk agar setiap permohonan kita dikabulkan Allah SWT. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *