DOA AWAL TAHUN HIJRIYAH : Arab, Latin, Terjemahan

By | April 6, 2019
doa awal tahun hijriyah

Doa awal tahun hijriyah, doa tahun baru hijriyah, doa tahun baru islam, doa awal tahun islam

Doagama.com – Doa awal tahun hijriyah. Membuka awal tahun Islam atau disebut hijriyah sebaiknya diiringi dengan doa. Berdoa pada awal tahun hijriyah memang tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW atau terdapat dalam hadits.

Namun meski demikian, tidak ada salahnya memohon yang baik-baik kepada Allah SWT. Berharap ampunan atas dosa di tahun sebelumnya dan memohon rezeki yang melimpah di tahun berikutnya.

Manfaat Doa Awal Tahun Hijriyah

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa doa ini memiliki manfaat agar kita dapat memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang kita perbuat di tahun sebelumnya.

Doa ini juga memiliki makna agar di tahun berikutnya, kehidupan kita semakin diberkahi dalam hal dunia maupun akhirat. Selain itu, berikut beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan berdoa kepada Allah SWT di awal tahun.

  • Memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang kita perbuat di tahun sebelumnya
  • Memohon kepada Allah SWT agar di tahun baru ini, rezeki kita semakin melimpah
  • Memohon kepada Allah SWT agar di tahun yang baru, kita bisa menjadi umat yang semakin beriman kepada Allah SWT dan Nabi-Nya
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Dan masih banyak lagi

Doa Akhir Tahun Hijriyah

Sebelumnya saya telah mempublikasikan doa akhir tahun hijriyah dalam kalender Islam pada artikel yang lain. Pada doa tersebut ditulis secara lengkap bacaan doa dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Silahkan menuju tautan berikut ini untuk membaca doa di akhir tahun yang dibacakan menjelang waktu Ashar atau sebelum Maghrib pada hari terakhir di tahun hijriyah.

Baca : Doa Akhir Tahun Hijriyah

Doa Awal Tahun Hijriyah

Berikut ini akan saya tulis doa awal tahun dalam tiga versi, yakni dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesia.

Tulisan Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Tulisan Latin

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam

Terjamahan Indonesia

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!

Waktu Pembacaan Doa

Doa ini biasanya dibaca pada detik-detik pergantian awal tahun hijriyah. setelah selesai menunaikan sholat Maghrib atau dibaca setelah sholat Isya juga boleh.

Biasanya doa ini dibaca sebanyak tiga kali. Namun dibaca satu kali atau lebih dari tiga kali juga boleh karena tidak ada aturan khusus mengenai pembacaan doa awal tahun hijriah ini.

Akhir Kata

Terima kasih telah mengunjungi blog ini untuk membaca Doa Awal Tahun Hijriyah. Semoga dapat menjadi berkah bagi kita semua dan apa yang kita harapkan di awal tahun dapat segera tercapai. Amin.

Artikel ini juga telah saya publikasikan di blog saya yang lain. Kamu dapat mengunjunginya melalui tautan berikut ini : Doa Awal Tahun Hijriyah Islam.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *