Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah dan Maknanya

By | Agustus 14, 2019
bacaan doa bangun tidur

Teks bacaan lafadz doa bangun tidur sesuai sunnah arab, latin, artinya, terjemahan, makna, islam.

Doagama.com- Doa bangun tidur sesuai sunnah dan maknanya. Salah satu berkah yang diberikan Allah SWT kepada kita adalah jika bisa kembali membuka mata untuk bangun di pagi hari.

Karena di dunia ini banyak terdapat kasus di mana seseorang tidak bangun lagi setelah tidur alias meninggal dunia. Bagi yang bisa membuka mata kembali pada esok hari, maka itu merupakan karunia dari Allah SWT.

Karunia dan berkah tersebut haruslah kita syukuri dengan segenap hati yang tulus serta ikhlas, yaitu dengan cara berdoa ketika bangun tidur.

Banyak sekali bacaan bangun tidur membuka mata sesuai sunnah untuk agama Islam. Sejak kecil pun, di TK dan SD kita sering diajari oleh guru mengenai lafadz doa bangun tidur yang singkat.

Bacaan Doa Bangun Tidur

doa bangun tidur
doa bangun tidur

Rasulullah SAW mengajarkan macam macam doa yang dapat dibaca ketika bangun tidur. Bacaan-bacaan tersebut kemudian diketahui oleh para sahabat Nabi yang kemudian dituliskan menjadi sebuah hadits.

Inti dari berdoa pada pagi hari umat Islam adalah untuk mengucap syukur kepada Allah SWT atas waktu tidur dan istirahat yang cukup sehingga memulihkan energi untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Selain itu, doa pada pagi hari muslim juga dimaksudkan untuk mendoakan agar kegiatan pada siang hari seperti sekolah, belajar, bekerja dan sebagainya bisa berjalan dengan lancar.

Baca : Doa Sebelum Tidur

1. Bacaan Doa Ketika Bangun Tidur Untuk Anak

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya :
“Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.” – (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

2. Bacaan Doa Ketika Bandung Tidur Umat Islam

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdullillahilladzi afaaniy fii jasadiy, wa rodda alayya ruhiy, wa adzina lii bi dzikrih.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.” – (HR. Tirmidzi no. 3401. Hasan menurut Syaikh Al Albani)

Adab Ketika Bangun Tidur

Sebagai umat muslim yang baik tentu pada saat pertama kali membuka mata, maka hal yang dilakukan adalah membaca doa kepada Allah Ta’ala untuk mengucap syukur seperti teks doa yang telah disebutkan sebelummnya.

Setelah itu, kita perlu mengambil air wudhu atau jika tidak ada maka boleh tayamum kemudian laksanakanlah sholat subuh dua rakaat disertai bacaan qunut.

Jika sanggup maka laksanakan ibadah sholat wajib tersebut di masjid atau mushola secara berjamaah dengan orang-orang lain karena pahalanya akan ditingkatkan sebanyak 27 derajat.

Jika tinggal bersama orang lain baik teman satu kos, ayah dan ibu, adik, istri atau anak maka bangungkan mereka dan ajak untuk melaksanakan sholat berjamaah.

Makna Lafadz Doa Bangun Tidur

Setiap kata dan kalimat yang terdapat pada bacaan doa bangun tidur memiliki makna tersirat yang istimewa. Sungguh tidak ada doa yang lebih baik selain berdoa kepada-Nya.

Berikut adalah masing-masing makna yang terkandung pada lafal doa bangun tidur.

1. Pada Kalimat Alhamdulillah al-ladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa

Kalimat yang memiliki arti ” Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku.” ini memberi tahu bahwa kita selalu dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah SWT.

Mengapa kita harus bersyukur? Sebab nikmat hidup dan memiliki nyawa merupakan nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT. Asal kit masih hidup, kita bisa melakukan apa saja.

Termasuk untuk terus beribadah kepada Allah SWT dan juga terus memohon ampun kepada-Nya atas dosa yang pernah diperbuat.

Bersyukur pada doa bagun tidur juga bermakna bahwa kita harus menyukuri keadaan sehat yang kita miliki karena tidak semua orang akan bangun dengan kesehatan serta kebahagiaan.

Ada orang-orang yang bangun tidur di bawah kolong jembatan, ada yang di pinggir jalan bahkan ada pula yang bangun di bawah terik matahari alias tidak memiliki atap. Maka perbanyaklah bersyukur kepada-Nya.

2. Pada Kalimat Wailaihin nusyuur

Kalimat yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Dan, hanya kepada-Nya kami semua akan dihidupkan kembali” ini punya makna tersendiri.

Kata an-nusyuur artinya kebangkitan dari kubur yaitu peristiwa bangkitnya manusia menuju alam barzakh. Sementara, tidur adalah saudaranya mati.

Kata tersebut menjelaskan bahwa kita harus selalu ingat akan kematian yang bisa datang kapan saja menjemput kita, termasuk ketika kita sedang tidur dan tidak sadarkan diri.

Dengan mengingat an-nusyuur, diharapkan manusia akan selalu ingat tentang kebangkitan kedua, yakni kehidupan setelah kematian yang kekal dan abadi. Sedangkan kehidupan dunia hanyalah sementara.

Akhir Kata

Sekian artikel dan penjelasan tentang doa bangun tidur. Semoga menjelaskan pertanyaan Anda tentang doa bangun tidur sesuai sunnah, mp3, tulisan arab dan artinya, agama Islam dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *