Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Arab dan Artinya

By | September 3, 2019
doa sebelum dan sesudah belajar

Doa sebelum dan sesudah setelah belajar di sekolah anak tk sesuai sunnah arab, latin dan artinya. Doa mau memulai pelajaran.

Doagama.com – Doa sebelum dan sesudah belajar arab dan artinya. Islam mengajarkan kita untuk menuntut ilmu. Baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat atau lingkungan sekitar.

Setiap materi yang diberikan oleh guru merupakan ilmu yang bermanfaat, sedangkan pengalaman paling berharga ada ketika kita sedang di luar sekolah. Keduanya menjadi kombinasi yang mampu membuat kita semakin cerdas dan bijak.

Tidak hanya untuk umat muslim, seluruh manusia di muka bumi juga memiliki kewajiban untuk belajar. Bahkan ada pepatah yang mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.

Yang artinya bahwa ilmu itu sangat luas, seluas samudra. Bahkan jika kita menghabiskan waktu di bumi hanya untuk belajar, masih belum cukup untuk mengetahui seluruh isi alam semesta.

Otak manusia terbatas, namun yang paling membatasi kita adalah rasa malas untuk belajar. Biasanya, hal ini dikarenakan ada syaitan yang berbisik ke telinga sehingga kita merasa enggan untuk membaca buku pelajaran.

Pun ketika ada pekerjaan rumah (PR). Banyak anak-anak remaja sekolah atau mahasiswa yang malas mengerjakannya dan lebih memilih menonton tv, ngobrol sama teman, main medsos dan sebagainya.

Membaca doa dapat menjadi kunci supaya kita memiliki niat untuk belajar. Sebagaimana doa merupakan kalimat yang perlu dibaca seorang yang beriman pada saat akan dan setelah mengerjakan sesuatu, termasuk belajar.

Hadits Membaca Doa Belajar

Pada zaman dahulu para pejuang bersusah payah membebaskan Indonesia dari penjajahan agar kehidupan masyarakat pribumi dapat sejajar dengan Belanda dan bangsa asing lainnya.

Hal tersebut karena pada masa penjajahan, banyak orang lokal yang tidak diperbolehkan belajar dan harus tunduk ketika diperintah untuk kerja rodi. Maka dari itu, kemerdekaan adalah jalan supaya rakyat Indonesia dapat menuntut ilmu.

Pada masa dulu pun, RA Kartini bersusah payah supaya wanita-wanita Indonesia memiliki kesetaraan dengan laki-laki, tidak hanya ditugaskan di dapur saja.

Melainkan juga agar para perempuan Indonesia dapat belajar dan menuntut ilmu sehingga cita-cita yang mereka inginkan dapat tercapai oleh karena belajar di sekolah atau universitas.

Sebagaimana yang pernah diriwayatkan oleh Imam Baihaki bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban setiap laki-laki dan perempuan yang berakal. Berikut hadist atau dalilnya.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya :
“Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi).

Maka dari itu, sungguh berdosa kita bila melupakan tugas sebagai siswa yang lalai dan tidak memiliki kemauan untuk belajar. Mari jauhkan pikiran buruk tersebut yang diakibatkan oleh bisikan syaitan atau iblis.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ وَمَنْ يَتَّبِعْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Artinya :
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar.”

Malas adalah salah satu perbuatan buruk syaitan. Berdoa dapat menjadi salah satu senjata supaya kita dijauhkan dari sifat tercela tersebut dan mau untuk belajar.

Bacaan Doa Belajar

Walaupun pada dasarnya tidak ada doa khusus yang sebaiknya dilafadzkan sebelum menuntut ilmu, namun ada beberapa macam doa yang menyerupainya.

Doa-doa berikut ini dibaca supaya dapat fokus saat belajar, tidak mengantuk dan bisa memahami materi dengan baik yang pada akhirnya membua ilmu yang kia peroleh dapat bermanfaat.

Baik sebelum maupun sesudah belajar, seorang muslim dianjurkan membaca doa pendek. Berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa sebelum dan sesudah belajar tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Sebelum Belajar

doa sebelum belajar
doa sebelum belajar

Doa akan memulai pelajaran dilafalkan untuk mengharap ridha Allah SWT. Supaya ilmu yang dipelajari di kelas dapat masuk ke otak, dapat dimengerti oleh nalar kita.

Berikut adalah doa yang dibaca sebelum memulai pelajaran, doa mau belajar baik untuk anak-anak, remaja maupun orang dewasa yang juga masih belajar di berbagai forum.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya :
“Kami ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya :
“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin.

Artinya :
“Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

2. Doa Sesudah Belajar

doa sesudah belajar
doa sesudah belajar

Doa setelah belajar diucapkan ketika mengakhiri pelajaran. Biasanya dalam satu hari terdapat beberapa macam mata pelajaran yang diajarkan, doa ini bisa dibaca setiap selesai satu mapel.

Berikut adalah bacaan doa mengakhiri pelajaran di sekolah, mengaji, pengajian, majelis taklim, les, kursus, tulisan bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia atau artinya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya :
“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya :
“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Adab Belajar Dalam Islam

Belajar dapat dilakukan di mana saja, baik di sekolah, kampus, tempat les atau kursus, di rumah dengan les privat, ataupun di masjid dan mushola yakni belajar mengaji atau membaca al-quran.

Jika menuntut ilmu di tempat publik, yakni tempat yang banyak dikunjungi orang, maka sudah sepantasnya kita menjaga adab dengna memathui tata tertib dan sopan santun.

Tata krama harus dijunjung tinggi karena tempat-tempat tersebut tdak kita gunakan sendiri, melainkan juga orang lain. Maka dari itu, ada banyak hal yang seharusnya dilakukan atau dihindari.

Berikut adalah beberapa adab ketika belajar, memulai pelajaran atau mengakhiri pelajaran di manapun dan kapanpun.

  • Memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk menuntut ilmu.
  • Memberi salam kepada guru dengan cara mengucap “assalamualaikum” ketika bertemu dan mencium tangannya.
  • Berikap sopan terhadap guru, tidak menjahili atau merusak nama baiknya.
  • Membaca doa pada saat akan dan setelah belajar sesuai yang dijelaskan sebelumnya.
  • Belajar di tempat yang seharusnya, yang telah disediakan.
  • Menyaipkan buku untuk materi pelajaran besok.
  • Jika belajar mengaji, maka harus berwudhu, menggunakan pakaian yang suci, menghadap kiblat dan membaca doa sebelum membaca al-quran.
  • Tidak mengganggu orang lain yang sedang belajar.
  • Bersikap jujur.
  • Tidak boleh bertengkar dengan sesama teman.
  • Dan lain-lain.

Akhir Kata

Itulah doa yang dibaca pada saat akan belajar dan telah menyelesaikan pelajaran baik pelajaran umum di sekolah maupun pelajaran keagamaan dengan mengaji atau majelis taklim.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi nilai ibadah tambahan bagi kita yang mengamalkannya dan membagikannya kepada sesama umat muslim di Indonesia.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *