DOA BERANGKAT KERJA : Arab, Latin, Terjemahan

By | Juli 18, 2019
doa berangkat dan pulang kerja

Doa sebelum berangkat kerja dan setelah pulang kerja untuk mencari nafkah dan rezeki.

Doagama.com – Doa berangkat kerja dan pulang kerja. Sebelum melaksanakan aktifitas sehari-hari, termasuk bekerja kita harus mengawalinya dengan berdoa. Agar yang kita kerjakan dapat menjadi berkah dan nilai pahala di mata Allah SWT.

Khususnya bagi yang sudah berkeluarga. Tanggungan mencari nafkah tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk istri, suami dan orang tua yang sudah tidak mampu lagi bekerja baik orangtua kandung maupun orangtua dari istri atau mertua.

Bekerjalah pada pekerjaan yang halal, jangan pernah menerima pekerjaan yang haram atau curang karena selain diri sendiri dan orang lain, uang yang didapat dari pekerjaan yang haram tidak akan bernilai berkah dan dosa kita menjadi semakin menumpuk.

Bagi yang belum bekerja, berusahalah disertai doa meminta pekerjaan kepada Allah sebagai Tuhan yang maha mengasihi. Bagi yang sudah bekerja, berdoalah setiap sebelum berangkat agar hasil jerih payah kita dapat menjadi berkah dan bernilai pahala.

Doa Berangkat dan Pulang Kerja

doa berangkat kerja
doa berangkat kerja

Berikut adalah doa yang dapat dibaca ketik berangkat dan atau ketika pulang kerja.

1. Doa Berangkat Kerja

Bacalah doa berikut setiap sebelum berangkat kerja. Dapat juga dibaca setelah atau sebelum membaca Doa Naik Kendaraan.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi’ khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni’nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu ‘annii.

Artinya :
“Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku.” (HR. Ibnu An-Najjar).

2. Doa Pulang Kerja

Berikut adalah doa yang dibaca setelah bekerja atau pulang dari tempat kerja.

اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

Alloohuma innii a’uudzubika an’adhilla, au’udholla, au’azilla, au’adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.

Artinya:
“Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi” (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Doa Agar Mendapat Pekerjaan

Bagi yang masih menganggur atau sedang menunggu pengumuman dari lamaran pekerjaan, silahkan baca doa berikut untuk memohon kepada Allah SWT agar diterima kerja.

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika’alayya’inda kibari sinnii wanqithoo’i’umrii. Alloohummakfinii bihalaalika’an haraamika. Wa aghninii bifadhlika’amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya:
“Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

Akhir Kata

Itulah macam-macam Doa Bekerja. Baik ketika berangkat kerja bagi yang sudah mendapat pekerjaan maupun bagi yang sedang menganggur atau melamar pekerjaan agar dapat secepatnya diterima kerja. Insya Allah Allah SWT menjabahkan doa kita. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *