Doa Ketika Bercermin Arab Latin dan Artinya

By | September 4, 2019
doa ketika melihat cermin bercermin

Doa ketika saat bercermin, berhias, berkaca, melihat cermin, sesuai sunnah agar cantik arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika bercermin arab latin dan artinya. Seorang muslim dianjurkan untuk menjaga penampilan ketika bertemu orang lain di tempat umum.

Selain mandi, berhias juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, apalagi untuk seorang wanita karena memang kodratnya begitu. Terutama di depan suami, seorang istri haruslah tampil cantik.

Namun tidak hanya wanita, laki-laki pun harus menjaga penampilan, bukan untuk memikat lawan jenis lain, melainkan supaya orang-orang di sekitar kita merasa nyaman dengan penampilan kita.

Bercermin menjadi salah satu kegiatan supaya bisa melihat wajah atau muka sendiri. Bagi seorang wanita, berkaca adalah hal yang sangat penting terutama ketika memakai make up, lipstik, bedak, atau yang lain.

Seorang laki-laki pun harus berkaca untuk melihat penampilannya apakah sudah rapi atau belum, terutama ketika menyisir rambut, memakai pomade, merapikan dasi dan sebagainya.

Dalam hubungannya dengan agama Islam, bercermin atau berhias merupakan salah satu wujud rasa syukur kita terhadap Allah SWT. Karena raga merupakan pemberian dari-Nya maka sudah sepantasnya kita jaga baik-baik.

Ketika melihat cermin untuk berhias, setiap muslim sudah sepantasnya mengucap doa terlebih dahulu. Sebagaimana yang kita lakukan saat akan memulai dan mengakhiri sesuatu.

Membaca doa saat bercermin dilakukan supaya kita dilindungi oleh Allah SWT dari bisikan syaitan yang mengganggu. Seperti menghindari sifat sombong karena keelokan paras dan lain-lain.

Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang yang menyombongkan diri dan memuji atau melebih-lebihkan diri sendiri di depan kaca cermin. Orang yang melakukannya akan mendapat penilaian buruk di mata-Nya.

Hadits Berdoa Ketika Bercermin

Doa merupakan jembatan seseorang untuk berkomunikasi dengan Tuhannya. Meskipun pada dasarnya Tuhan dapat mendengar apapun yang kita katakan.

Termasuk ketika bercermin, karena merupakan aktifitas sehari-hari maka sudah selayaknya seorang muslim mengawalinya dengan berdoa. Doa ini bisa dibaca pada saat pertama melihat ke arah cermin.

Sebenarnya doa ketika bercermin ini merupakan doa yang kerap diamalkan oleh Rasulullah SAW saat berhias di depan cermin. Kemudian doa-doa tersebut dijadikan pelajaran kepada generasi berikutnya.

Yang pertama adalah doa saat melihat cermin yang diriwayatkan oleh Imam Nawawi Radhiallahu Anhu, seorang sahabat Nabi yang sangat dekat dengan beliau.

Imam Nawawi pada suatu saat pernah melihat Rasulullah SAW memandang kaca kemudian melafalkan doa. Nah, doa tersebutlah yang kemudian ditulis dalam kitab Al-Adzkar yang kemudian menjadi pelajaran bagi umat muslim.

Kemudian ada pula hadits yang diriwayatkan oleh At-Thabrani dalam kitabnya, Ausath. Selain itu yang berkontribusi pada penulisan kitab tersebut ialah Anas bin Malik RA.

Dalam keterangannya, Imam At-Thabrani menjelaskan bahwasannya ketika Baginda Rasul melihat kaca, beliau kemudian meneruskannya dengan membaca doa.

Adapun hadits riwayat oleh Imam Baihaqi dan Ibnu Hibban yang smaa-sama menyebut pernah melihat Sang Rasul berkaca sambil melafadzkan sebuah doa.

Bacaan Doa Ketika Bercermin

doa ketika bercermin
doa ketika bercermin

Tidak ada doa pasti yang dibaca saat melihat cermin. Maka dari itu, seiring perkembangannya muncullah beberapa versi doa berasal dari berbagai sumber mulai dari Imam hingga sahabat nabi.

Meski demikian untuk yang kita kenal hanya ada beberapa teks doa saja yang sering dilafalkan, khususnya yang diajarkan di sekolah-sekolah seperti SD atau TK, doa yang dipilih adalah doa yang singkat.

Doa bercermin ringkas diajarkan kepada anak-anak supaya mereka mudah menghafal, karena daya ingat mereka yang masih terbatas sehingga ketika anak-anak tersebut dewasa, mereka hanya mengenail satu doa ketika bercermin.

Namun di sini akan kami tulis beberapa teks, lafadz, tulisan, bacaan doa ketika bercermin, memandang cermin tulisan Arab, latin dan artinya sesuai sunnah dan hadits shahih.

1. Doa Saat Bercermin Imam Nawawi

اَلْحَمْدُ لِلهِ كَمَا حَشَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.”

2. Doa Saat Bercermin Bazzar

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

Artinya :
“Ya allah, sebagaiman Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlakku.”

4. Doa Saat Bercermin At-Thabrani

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلْهُ , وَصَوَّرَ صُوْرَةَوَجْهِى فَحَسَّنَهَا , وَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillahilladzii sawwaykholqii fa’addalhu. Washowwaro shuurota wajhiifahassanahaa. Waja’alnii minal muslimiina.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindahnya, memuliakan rupa ku lalu membaguskannya dan yang telah menjadikan aku termasuk orang islam.”

4. Doa Saat Bercermin Imam Baihaki

الَّلهُمَّ حَسَّنْتَ خَلّقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Allahumma hassinta khalqii fahassin khuluqii.

Artinya :
“Ya Allah, (sebagaimana) Engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku.”

Adab Ketika Bercermin

Berermin, berkaca atau berhias merupakan kegiatan yang dilakukan di kamar pribadi. Meskipun mungkin hanya kita satu-satunya orang yang terdapat di ruangan tersebut, tapi syaitan, jin dan blis tidak akan tinggal diam.

Mereka akan terus berupaya menjerumuskan manusia ke dalam keburukan, agar mereka melakuakn perbuatan tercela maka berbagai cara dilakukan bangsa tersebut.

Salah satunya ketika bercermin, syaitan pasti akan mengambil kesempatan itu untuk membisikkan hal-hal buruk sehingga manusia bekerja di bawah kendali syaitan.

Maka dari itu, kita perlu mengucapkan doa saat berhias. Selain itu, terdapat beberapa adab atau hal-hal yang perlu diperhatikan ketika seseorang tengah memandang kaca, diantaranya adalah:

  • Membaca doa sebelum bercermin terlebih dahulu sesuai dengan doa yang disebutkan di atas.
  • Selalu ingat bahwasannya apa yang kita lihat di depan cermin merupakan nikmat dan berkah dari-Nya, merupakan sebuah titipan yang suatu saat akan diambil kembali.
  • Menanamkan rasa syukur atas pemberian dari Allah SWT terhadap nikmat fisik, jasmani atau rohani.
  • Jangan pernah menyombongkan penampilan cantik atau tampan diri sendiri serta menjelek-jelekkan orang lain.
  • Jangan berbicara atau berbisik di depan cermin, sesungguhnya itu bukanlah hal yang baik.

Selain adab bercermin di atas, ada pula hal-hal yang harus diperhatikan ketika berhias atau memakai makeup. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Jangan membiasakan diri berlama-lama di depan cermin.
  • Tidak disarankan untuk menggunakan perhiasan secara berlebihan.
  • Namun, perempuan yang tengah berkabung sebaiknya jangan menggunakan perhiasan.
  • Untuk laki-laki dilarang menggunakan perhiasan berbahan dasar emas atau pakaian berbahan dasar sutera.
  • Perhatikan pula kebersihan bagian tubuh lain sepeti memotong kuku dan rambut.

Akhir Kata

Saat melakukan sesuatu, Nabi SAW menganjurkan umatnya untuk mendahulukan akhlak. Disebutkan dalam hadits di bawah ini..

اَكْسَرُ مَا يُدْخِلُ اَلْجَنَّةَ تَقْوى اَللهِ وَحُسْنُ اَلْخُلُقِ

Akstaru maa yudkhilu aljannata taqwa allahi wahusnu alkhuluqi.

Artinya :
“Yang paling banyak memasukkan ke surga adalah takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia.”

Termasuk ketika bercermin, maka sudah selayaknya seorang muslim membaca doa disertai dengan mematuhi adab-adab bercermin atau berhias.

Terima kasih sudah membaca doa saat melihat cermin, doa bercermin agar cantik, sesuai hadist, nabi yusuf, doa ketampanan allahumma ahsini, dan sebagainya. Semoga bermanafaat.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *