Doa Berpakaian Arab Latin dan Artinya

By | Agustus 21, 2019
doa berpakaian memakai baju

Bacaan doa ketika berpakaian, mengenakan baju dan celana tulisan arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika berpakaian arab latin dan artinya. Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa seorang muslim dilarang mengumbar auratnya kecuali kepada suami atau istrinya sendiri.

Oleh karena aktifitas manusia kebanyakan berada di luar rumah dan lebih sering bertemu yang bukan muhrimnya, maka dari itu kita wajib menutupi tubuh yang termasuk aurat itu.

Pakaian dapat kita kenakan untuk menutupinya dari ujung kepala hingga ujung kaki. Yang termasuk pakaian adalah baju, celana, peci, serta alas kaki berupa sandal dan sepatu.

Berpakaian merupakan langkah untuk mengunakan baju, jilbab, kerudung dan semacamnya ke tubuh yang tujuannya adalah untuk menutupi aurat supaya terhindar dari dosa.

Bagian Bagian Aurat Yang Perlu Ditutupi Pakaian

Laki-laki dan perempuan memiliki batas berbeda yang disebut sebagai aurat untuk ditutupi. Aurat laki-laki lebih sedikit dibanding perempuan karena perempuan adalah makhluk yang istimewa maka perlu perlindungan lebih.

Berikut adalah masing-masing bagian yang disebut sebagai aurat tubuh manusia baik laki-laki maupun perempuan.

1. Aurat Laki-laki

Bagian badan yang perlu ditutupi oleh laki-laki dimulai dari atas pusar hingga bawah lutut. Untuk dada bagian atas, paha, lengan dan leher bukan termasuk aurat.

Meskipun demikian sebaiknya dalam sholat, laki-laki dianjutkan menutupi sebagian besar anggota tubuh mulai dari leher hingga bawah siku, kemudian diteruskan sampai menutupi kedua mata kaki.

2. Aurat perempuan

Aurat perempuan lebih banyak, bagian-bagian tubuh wanita yang boleh ditampilkan kepada lawan jenis (mahram) adalah bagian yang terkena air wudhu mulai dari muka, tangan, kaki dan juga betis.

Saat menjalankan sholat bagian yang ditampilkan hanya muka saja karena untuk menghadap Allah SWT seorang wanita harus tampil lebih sopan dan tertutup maka dari itu, kedua tangan, kaki dan juga betis ditutupi dengan mukena yang panjang.

Hadits Membaca Doa Berpakaian

Selain untuk menutupi aurat, pakaian juga berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari kotoran atau najis secara langsung. Karena apabila ada kotoran yang menuju tubuh kita, terlebih dulu akan terhalang oleh baju.

Oleh karena itu membaca doa ketika berpakain merupakan anjuran yang mulia. Bahkan hal ini telah dicantumkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.

Menurut Al Albani dalam Shahih Jami’ush Shagir, berdoa saat berpakaian tidak hanya membuat pakaian yang kita kenakan dianugerahi oleh Allah SWT, melainkan ada keutamaan lainnya. Berikut bunyi hadits tersebut.

وَمَنْ لَبِسَ ثَوْبًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

“Barangsiapa ketika memakai pakaian ia berdoa (yang artinya): ‘Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan pakaian ini kepadaku, tanpa ada daya serta kekuatan dariku’ maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.”

– (H.R. Abu Dawud)

Bacaan Doa Ketika Memakai Baju

doa berpakaian
doa berpakaian

Pakaian juga termasuk ke dalam nikmat Allah SWT, selain itu juga merupakan titipan Allah sebagaimana yang lainnya juga demikian maka dari itu mengucapkan doa saat memakai baju sangat diutamakan.

Pakaian atau baju yang kita kenal ada dua jenis, yakni pakaian lama dan baru. Dalam membaca doa kedua macam pakaian tersebut pun berbeda serta intisarinya juga berbeda.

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

– (Q.S. Al-Araf ayat 31)

Lalu bagaimana bacaan doa untuk orang yang ingin memakai pakaian? Berikut adalah teksnya dalam tulisan Arab, latin dan artinya lengkap.

1. Doa Memakai Pakaian Lama

Doa berikut ini dipakai saat mengenakan baju atau pakaian yang sudah lama agar meskipun sudah sedikit rusak namun tetap diberkahi oleh Allah SWT.

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.

Artinya :
“Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

2. Doa Memakai Pakaian Baru

Bacaan doa berikut dilafadzkan saat mengenakan pakaian baru, seperti pada hari daya idul fitri atau lebaran. Berikut adalah teksnya dalam bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesia.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku.”

Adab Berpakaian

Sebagai seorang manusia dan muslim kita harus memahami beberapa adab, cara atau aturan saat mengenakan pakaian. Dalam hal ini yang lebih ditekankan adalah soal bagaimana pakaian yang kita kenakan seharusnya.

Berikut adalah beberapa adab berpakaian sebagai seorang muslim laki-laki atau muslimah perempuan.

  • Pertama adalah membaca doa saat berpakaian seperti yang dijelaskan sebelumnya, pilih apakah pakaian lama atau baru yang Anda kenakan.
  • Kedua usahakan mendahulukan bagian tubuh yang kanan terlebih dahulu sebagai suatu kebiasaan yang baik.
  • Ketiga, laki-laki tidak boleh menggunakan pakaian wanita dan wanita tidak boleh mgnenakan pakaian pria.
  • Jangan terlalu berlebihan dalam memakai aksesoris, parfum atau perhiasan kecuali pada muhrimnya.
  • Mengenakan pakaian yang sesuai syariat Islam, yakni menutupi seluruh bagian aurat supaya tidak terlihat.

Akhir Kata

Itulah sedikit ringkasan soal doa berpakaian. Baik pakaian baru atau lama, untuk anak, memakai pakaian biasa, doa memakai bedak, gambar, manfaat, keutamaan, download doa berpakaian, adab, arab, latin dan artinya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *