Doa Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan Dunia Akhirat

By | Oktober 2, 2019
doa agar dimudahkan dalam segala urusan

Doa dzikir agar supaya dimudahkan dalam segala urusan dunia akhirat, disempurnakan hajat, rezeki, pekerjaan, ujian.

Doagama.com – Doa agar dimudahkan dalam segala urusan dunia akhirat. Setiap orang yang hidup bermasyarakat pasti memiliki urusan, baik itu urusan pribadi maupun kepentingan bersama.

Urusan dibedakan menjadi dua lagi, yakni urusan dunia yang berkaitan dengan hubungan antar manusia dan urusan akhirat yang berkaitan dengan hubungan seorang manusia kepada Tuhan.

Dalam setiap menjalani urusan, pasti tidak selalu berjalan lancar, ada kalanya kita menghadapi masalah yang urgent, tidak kunjung selesai, hampir lewat batas waktu atau terancam gagal.

Urusan yang tidak kunjung tercapai akan menjadi masalah. Masalah akan bertambah besar apabila kita tidak menyelesaikannya di awal. Kadang, karena ada banyak masalah kita menjadi frustasi.

Dan di saat-saat seperti itulah seharusnya kita selalu mengingat Allah SWT, Tuhan yang mampu menolong kita menyelesaikan urusan yang ada, sehingga tidak menimbulkan masalah yang berlebih.

Jika kita memiliki urusan yang sulit, ingin dimudahkan dalam segala urusan dan disempurnakan hajat, sebaiknya kita berdoa memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Doa Agar Dimudahkan Dalam Segala Urusan

doa dimudahkan segala urusan
doa dimudahkan segala urusan

Berdoalah kepada Allah SWT saat kita menemui jalan buntu dalam menyelesaikan urusan. Karena segala urusan atau masalah pasti ada jalan keluarnya, cara penyelesaiannya.

Baik itu urusan tentang jodoh, pernikahan, ujian, kesulitan keuangan, pekerjaan, ucapan, rezeki, urusan kepada teman, keluarga, sahabat, saudara, kekasih, suami, istri atau anak, berdoalah kepada Allah SWT.

Berikut ada beberapa kumpulan bacaan lafadz doa yang bisa dibaca setiap hendak berpikir bahwa urusan atau masalah ini tidak ada cara penyelesaiannya dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan atau artinya.

1. Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan

Doa ini dibaca bagi yang ingin dimudahkan dalam segala urusan, karena jika Allah SWT menghendaki, segala urusan yang rumit dapat menjadi mudah.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Artinya :
“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

2. Doa Dimudahkan Segala Urusan Dunia Akhirat

Doa ini dibaca bagi yang ingin meminta kemudahan dalam segala urusan dunia dan akhirat, seperti sholat, ibadah, puasa dan sebagainya. Berikut adalah bacaan doanya.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qouli.

Artinya :
“Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.”

3. Doa Dimudahkan Rezeki dan Pekerjaan

Doa ini dimaksudkan untuk meminta rahmat kepada Allah SWT berupa pekerjaan yang halal, dilancarkan rezeki dan usahanya, dilimpahkan banyak berkah kepadanya.

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya :
“Wahai Tuhan kamu berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.”

4. Doa Diberi Kemudahan Dalam Menghadapi Masalah

Doa ini dibaca saat kita sedang kesulitan dalam menghadapi masalah, memohon agaar masalah yang hadir dalam hidup kita mnejadi lebih mudah untuk ditangani.

اللهم يسر ولا تعسر

Alloohumma yassir wa laa tu’assir.

Artinya :
“Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit.”

5. Doa Agar Diberi Kemudahan Ujian

Bagi yang sedang menghadapi ujian, cobaan, rintangan, halangan dan hambatan, dapat membaca doa ini agar Allah SWT meringankan beban yang kita hadapi.

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

Artinya :
“Sesungguhnya Kami telah jadikan apa yang ada di muka bumi sebagai perhiasan baginya, kerana kami hendak menguji mereka, siapakah di antaranya yang lebih baik amalnya.”

6. Doa Memohon Kemudahan

Bagi yang mengalami kesulitan, kesusahan, masalah yang tak kunjung selesai, urusan yang bertele-tele, bisa membaca doa mohon kemudahan yang panjang berikut ini.

ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.

Artinya :
“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

7. Doa Minta Pertolongan Urusan

Ini adalah doa yang dibaca bagi yang benar-benar merasa tidak sanggup dlm menghadapi urusan, merasa menyerah, putus asa, berhenti berusaha dan semacamnya.

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ

Yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagist.

Artinya :
“Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan.”

Akhir Kata

Itulah beberapa doa yang bisa dibaca untuk meminta kemudahan dalam segala urusan, doa dimudahkan ujian, jodoh, doa agar hari ini lebih baik, doa diberi kemudahan dalam menghadapi masalah, doa meminta kelancaran hajat dan sebagainya.

Selalu ingatlah akan Allah SWT karena hanya kepada-Nya kita wajib berdoa jika mengalami kesulitan atau kendala dalam kehidupan. Karena Allah SWT adalah Tuhan yang maha menolong.

Mari biasakan diri membaca doa agar dipermudah urusan ketika menghadapi persolaan hidup yang rumit. Mulailah darihal-hal sederhana terlebih dahulu.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *