Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih Arab dan Artinya

By | Agustus 27, 2019
bacaan lafadz doa kamilin

Teks bacaan doa kalimin sesudah sholat tarawih arab lain dan artinya lengkap dengan gambar, download.

Doagama.com – Doa kamilin setelah sholat tarawih arab dan artinya. Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah bagi umat muslim. Pada bulan tersebut banyak amalan yang bisa dikerjakan umat Islam.

Jika pada siang hari laki-laki dan wanita yang tidak berhalangan diwajibkan menjalankan ibadah puasa wajib, maka pada malam hari merupakan kesepatan bagi semua orang untuk berdoa dan memperbanyak dzikir.

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah sholat tarawih yang kesempatannya hanya datang pada bulan itu saja. Sholat tarawih dibarengi dengan sholat witir yang dikerjakan sesudah sholat isya.

Sholat tarawih merupakan ajang bermunajat kepada Sang Khalik, menumpahkan segala keluh kesah, ucapan syukur dan juga permohonan bagi kelancaran kehidupan di waktu yang akan datang.

Pahala daripada mengerjakan shalat tarawih amatlah tinggi, apalagi bila menunaikannya pada malam lailatul qadar di mana seluruh malaikat langit turun ke bumi untuk mencatat amal perbuatan manusia.

Tentang Sholat Tarawih Bulan Ramadhan

Sholat tarawih sendiri merupakan ibadah sholat sunnah yang boleh dilakukan sendiri maupun berjamaah di masjid. Jumlah rakaatnya ada 8 (menjadi patokan kaum Muhammadiyah) dan 20 (menjadi acuan kaum Nahdliyin).

Sholat tarawih dikerjakan dengan cara membaca salam setiap dua rakaat dan pada setiap selesai dua kali sholat atau 4 rakaat, akan ada bacaan doa bilal tarawih yang dibaca satu orang dan diikuti oleh jemaah lainnya.

Tarawih mulai dikerjakan pada waktu selepas isya hingga sebelum imsyak. Namun lazimnya di Indonesia, umat muslim mengerjakan tarawih langsung tanpa jeda setelah sholat isya.

Untuk yang ingin tahu lebih lanjut soal sholat tarawih, Anda bisa membaca artikel pada tautan berikut ini, membahas soal niat, waktu, tata cara hingga keutamaannya.

Baca : Sholat Tarawih

Hadist dan Dalil Doa Kamilin

Di luar sana banyak yang bilang bahwa doa kamilin bertentangan dengan Islam, bid’ah, tidak boleh dibaca, haram, tidak ada dalilnya, atau semacamnya.

Di sini kita tidaka kan mendebatkan hal tersebut karena itu kembali pada kepercayaan masing-masing yang penting tetap hidup rukun dan tidak mencampuri urusan agama orang lain.

Seperti pada surat Al-Kafirun, ada ayat yang menyebutkan “agamaku, agamaku.. agamamu, agamamu.” Tidak boleh ada pertentangan karena ibadah adalah urusan manusia dengan Rabbnya.

Seperti yang tertulis pada hadits berikut yang diriwayatkan oleh Maj’muah Al-Fatawa 29: 17.

إنَّ الْأَصْلَ فِي الْعِبَادَاتِ التَّوْقِيفُ فَلَا يُشْرَعُ مِنْهَا إلَّا مَا شَرَعَهُ اللَّهُ تَعَالَى . وَإِلَّا دَخَلْنَا فِي مَعْنَى قَوْلِهِ : { أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ } . وَالْعَادَاتُ الْأَصْلُ فِيهَا الْعَفْوُ فَلَا يَحْظُرُ مِنْهَا إلَّا مَا حَرَّمَهُ وَإِلَّا دَخَلْنَا فِي مَعْنَى قَوْلِهِ : { قُلْ أَرَأَيْتُمْ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ لَكُمْ مِنْ رِزْقٍ فَجَعَلْتُمْ مِنْهُ حَرَامًا وَحَلَالًا } وَلِهَذَا ذَمَّ اللَّهُ الْمُشْرِكِينَ الَّذِينَ شَرَعُوا مِنْ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ وَحَرَّمُوا مَا لَمْ يُحَرِّمْهُ

Artinya :
“Hukum asal ibadah adalah tawqifiyah (dilaksanakan apabila ada dalil). Ibadah tidak diperintahkan sampai ada perintah dari Allah SWT. Jika tidak, maka termasuk dalam firman Allah (yang artinya): Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah? (Q.S. Asy-Syura: 21). Sedangkan perkara adat (non-ibadah), hukum asalnya adalah dimaafkan, maka tidak ada larangan untuk dilakukan sampai datang dalil larangan. Jika tidak, maka termasuk dalam firman Allah (yang artinya): Katakanlah Terangkanlah kepadaku tentang rezki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan (sebagiannya) halal (Q.S. Yunus: 59). Oleh karena itu, Allah mencela orang-orang musyrik yang membuat syari’at yang tidak diizinkan oleh Allah dan mengharamkan yang tidak diharamkan. (Majmu’ah Al-Fatawa, 29: 17).

Allah SWT tidak menyukai orang yang membuat syariat sendiri, menetapkan bahwa ini halal itu haram, membuat fatwa bahwasannya gagasannyalah yang paling benar.

Maka dari itu, kita perlu menambah intensitas permohonan maaf dengan mengucap kalimat istighfar lebih banyak. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita, aamiin.

Bacaan Doa Kamilin Sesudah Sholat Tarawih

Doa merupakan tiang agama, yakni sarana seorang hamba untuk berkomunikasi dengan Tuhannya. Termasuk ketika selesai menunaikan shalat tarawih.

Membaca doa yang familiar dengan nama doa kamilin berikut memiliki faedah atau keutamaan untuk memohon kepada Allah SWT agar iman dan taqwa kita ditingkatkan.

Banyak sekali fadhilah atau manfaat dari membaca doa setelah sholat tarawih atau kamilin. Untuk itu, berikut lafadz, teks, tulisan, bacaan doa kamilin bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

1. Doa Kamilin Tulisan Arab

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

2. Doa Kamilin Latin

Allaahummaj’alnaa bil iimaani kaamiliin. Wa lil faraaidli muaddiin. Wa lish-shlaati haafidhiin. Wa liz-zakaati faa’ilin. Wa lima ‘indaka thaalibiin. Wa li ‘afwika raajiin. Wa bil-hudaa mutamassikiin. Wa ‘anil laghwi mu’ridliin. Wa fid-dunyaa zaahdiin. Wa fil ‘aakhirati raaghibiin. Wa bil-qadlaa’i raadliin. Wa lin na’maa’i syaakiriin. Wa ‘alal balaa’i shaabiriin.

Wa tahta liwaa’i muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyaamati saa’iriina wa alal haudli waaridiin. Wa ilal jannati daakhiliin. Wa minan naari naajiin. Wa ‘alaa sariirl karaamati qaa’idiin. Wa bi huurun ‘in mutazawwijiin. Wa min sundusin wa istabraqiin wadiibaajin mutalabbisiin. Wa min tha’aamil jannati aakiliin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaaribiin. Bi akwaabin wa abaariiqa wa ka’sin min ma’iin.

Ma’al ladziina an’amta ‘alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa’i wash shaalihiina wa hasuna ulaa’ika rafiiqan. Daalikal fadl-lu minallaahi wa kafaa billaahi ‘aliiman. Allaahummaj’alnaa fii haadzihil lailatisy syahrisy syariifail mubaarakah minas su’adaa’il maqbuuliin. Wa laa taj’alnaa minal asyqiyaa’il marduudiin.

Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa shahbihi ajma’iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

3. Doa Kamilin Artinya

Artinya :
“Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat,.

Yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan.

Yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

4. Download Gambar Doa Kamilin

doa kamilin sesudah sholat tarawih
doa kamilin sesudah sholat tarawih

Akhir Kata

Itulah bacaan doa kamilin lengkap dengan artinya, lafadz kamilin pdf, download, bahasa latin, gambar, doa kamilin mp3, merdu, audio, musik, youtube, allahummaj’alna bil imani kamilin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *