Doa Keluar Kamar Mandi, WC atau Toilet Pendek

By | Agustus 16, 2019
membaca doa keluar kamar mandi

Teks lafadz bacaan doa ketika saat keluar kamar mandi sesuai sunnah pendek arab, latin dan artinya atau terjemahan indonesia.

Doagama.com – Doa keluar kamar mandi, wc atau toilet pendek. Setelah selesai membersihkan diri di kamar mandi, baik itu mandi, membuang air kecil atau air besar maka sebaiknya mengakhirinya dengan ucapan doa kepada Allah SWT.

Tujuannya adalah mengucap syukur karena telah dilindungi dari marabahaya serta dijauhkan dari godaan syaitan yang terkutuk selama berada di dalam kamar mandi, wc, toilet, jamban atau kakus.

Karena kamar kecil merupakan tempat yang jorok dan najis maka dari itu banyak ditinggali syaitan karena syaitan menyukai tempat-tempat yang seperti itu, alias tidak suci.

Selain itu, ada banyak hal yang mungkin terjadi selama kita berada di dalam kamar mandi seperti kecelakaan, terpleset dan sebagainya. Jika selesai dari kamar mandi kita masih dalam keadaan baik-baik saja, maka itu merupakan bantuan pertolongan dari Allah SWT.

Hadits Berdoa Saat Keluar Kamar Mandi

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Aisyah (Istri Nabi Muhammad) pernah berkata Rasulullah selalu rutin membaca doa dengan kalimat “ghufronaka” setelah keluar dari kamar mandi.

Perkataan dari istri Rasul tersebut kemudian dijadikan hadits atau dalil yang mendasari bahwa umat Islam dianjurkan membaca doa saat mau keluar dari WC. Berikut adalah hadistnya.

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya :
“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, ‘Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan ‘ghufronaka’ (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Baca : Doa Masuk Kamar Mandi

Bacaan Doa Ketika Keluar Kamar Mandi

doa keluar kamar mandi
doa keluar kamar mandi

Selain dosa yang diperbuat karena godaan syaitan di kamar mandi, mungkin juga kita melakukan dosa yang dilakukan atas kesadaran diri atau dengan kata lain, kita berbuat dosa sesuai keinginan kita sendiri.

Baik sengaja maupun tidak, mungkin juga kita tidak menyadari bahwa telah melakukan dosa di toilet atau kamar kecil sehingga sudah sepantasnya kita mengucapkan doa untuk memohon maaf kepada-Nya.

Selain itu sebagai umat-Nya kita juga perlu bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk membersihkan najis, hadats besar dan kecil yang sebelumnya menempel di tubuh.

Berikut adalah lafadz, teks, bacaan doa saat ketika keluar kamar mandi bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah dan pendek yang pernah diajarkan pada saat TK atau SD.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya :
“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Manfaat Membaca Doa Keluar Kamar Mandi

Mandi bertujuan untuk membersihkan seluruh anggota badan dari kepala hingga kaki. Kemudian buang air besar dan kecil adalah kegiatan mengeluarkan hadats kecil dan besar yang menempel dalam tubuh.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di WC atau toilet tersebut membuat tubuh kita menjadi suci dan bersih sehingga siap untuk beribadah kepada Allah SWT karena jika ingin menghadap-Nya, maka kita harus dalam keadaan suci.

Selain itu, manfaat lain dari mandi adalah untuk kesehatan, supaya terhindar dari segala macam penyakit, kuman dan kotoran. Untuk itu membaca doa bersyukur saat selesai mandi merupakan hal yang sangat dianjutkan.

Adab Keluar Kamar Mandi

Selain berdoa yang merupakan kegiatan agama Islam, sebagai manusia yang hidup bermasyarakat dengan umat agama lain kita juga perlu memahami adab-adab ketika keluar kamar mandi.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat seseorang mandi atau buang hajat di WC, toilet dan kamar kecil.

  • Tidak meninggalkan benda apapun di dalam kamar mandi, contohnya termasuk pembalut bekas.
  • Keluar kamar mandi dengan kaki kanan terlebih dahulu karena beranjak dari tempat penuh najis ke tempat yang lebih suci.
  • Jika menggunakan kamar mandi umum, usahakan memakai pakaian kembali saat berada dalam kamar mandi.
  • Jangan keluar dari kamar mandi hanya berbalut handuk saja karena aurat harus tetap ditutupi, kecuali memperlihatkannya kepada suami/istri sendiri.
  • Menutup pintu kamar mandi rapat-rapat supaya bau semerbak yang dikeluarkan dari toilet atau WC tidak berhembus keluar.
  • Bersihkan toilet atau kloset dengan air sampai benar-benar bersih jika Anda masuk kamar mandi untuk buang hajat.
  • Membaca doa mau keluar kamar mandi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Akhir Kata

Itulah bacaan doa keluar kamar mandi pendek, sesuai sunnah, tulisan arab, bahasa indonesia, latin, di rumah, teks lafadz doa keluar wc, toilet, kamar kecil, kamar mandi, jamban, kakus.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *