Doa Keluar Masjid atau Mushola Lengkap

By | Agustus 19, 2019
bacaan doa keluar masjid

Bacaan doa ketika keluar masjid atau mushola tulisan arab, latin dan artinya lengkap.

Doagama.com – Doa keluar masjid atau mushola lengkap. Umat Islam diajarkan untuk memulai dan mengakhiri sesuatu dengan membaca doa. Tujuan berdoa saat selesai mengerjakan sesuatu adalah untuk mengucap syukur.

Termasuk ketika keluar masjid kita juga disunnahkan untuk membaca doa yang pada intinya untuk berterimakasih kepada Allah SWT karena telah melindungi kita sehingga bisa beribadah dengan tenang.

Perlu digarisbawahi bahwa setiap hal yang terjadi di dunia ini adalah atas izin-Nya, termasuk kelancaran ibadah kita juga karena karunia-Nya, atas berkat dan pertolongannya.

Banyak di luar sana saudara-saudara kita yang tertimpa musibah saat mengerjakan ibadah di masjid seperti longsor, tsunami dan semacamnya. Jika kita keluar dari masjid dalam kondisi sehat wal-afiat, maka bersyukurlah kepada Allah Ta’ala.

Baca : Doa Masuk Masjid atau Mushola

Hadits Berdoa Saat Keluar Masjid

Pada pembahasan sebelumnya yakni artikel terkait doa ketika memasuki masjid telah disebutkan bahwa dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menjelaskan keutamaan doa masuk dan keluar masjid.

Hadits tersebut kemudian dijadikan dalil yang mendasari sunnah untuk melafaldzkan doa setiap memasuki dan meninggalkan masjid baik bagi jamaah laki-laki maupun perempuan.

Selain itu juga terdapat beberapa ayat Al-Quran yang terkait membahas persoalan berdoa saat berada di masjid, baik ketika masuk maupun saat keluar dan pergi.

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya :
“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” – (HR. Muslim 713).

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.”

– (QS 72:18, Al Jin)

“Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

– (QS 9:18, At Taubah)

Bacaan Doa Ketika Keluar Masjid

doa keluar masjid
doa keluar masjid

Doa adalah tiang agama, kita tahu itu semua. Maka dalam membaca doa tidak boleh asal-asalan dan jangan buat mainan karena sejatinya kita sedang berkomunikasi dengan Tuhan, Allah SWT.

Membaca doa masjid merupakan perintah yang hukumnya sunnah, boleh dikerjakan dan boleh ditinggalkan. Jika melakukannya maka Allah SWT akan memberi pahala sedangkan bila mengabaikannya tidak mendapat dosa.

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 713, berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa keluar masjid bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesia.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innii as-aluka min fadhlika.

Artinya :
“Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu.”

Adab Meninggalkan Masjid

Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk menjaga etika dan perbuatan ketika berada di masjid dan saat meninggalkannya. Hal tersebut karena masjid atau mushola selain sebagai rumah Allah juga merupakan fasilitas publik.

Oleh karena itu, pengguna masjid atau mushola bukan hanya kita seorang, melainkan banyak dari berbagai kalangan masyarakat yang kita kenal dan yang tidak.

Apalagi bila masjid yang berada di pinggir jalan raya, khususnya jalur mudik maka setiap musim mudik pasti dipenuhi dengan orang-orang asing yang mampir untuk numpang ibadah.

Maka dari itu kita harus senantiasa menjaga kesucian dan kenyamanan masjid agar orang juga kalau ibadah bisa khusyu’. Berikut adalah beberapa adab atau tata cara ketika keluar masjid.

1. Merapian Alat Ibadah

Jika kita memakai sajadah, mukenah atau sarung masjid maka sebaiknya kita merapikannya dan mengembalikannya ke tempat semula. Atau bila ingin lebih baik maka boleh mencucinya namun harus minta izin ke pengelola masjid telrebih dahulu.

2. Tidak Meninggalkan Barang

Masjid saat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, melainkan juga untuk berbagai pertemuan, tempat istirahat dan sebagainya. Jangan pernah sekali-kali meninggalkan barang, sampah, plastik atau semacamnya di dalam masjid atau mushola.

3. Mendahulukan Kaki Kiri

Terakhir adalah mendahulukan dengan kaki kiri saat keluar dari masjid karena kita berpindah dari tempat suci ke tempat yang sedikit lebih tidak suci (dunia luar).

4. Membaca Doa Keluar Masjid

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa jika mau keluar masjid maka sebaiknya membaca doa yang sesuai dengan dalil atua hadist Riwayat Muslim yang sudah dituliskan sebelumnya.

Akhir Kata

Itulah pembahasan doa keluar masjid sesuai sunnah, kaligrafi, menurut hadist shahih, yang panjang, oki setiana dewi, doa keluar masjid nabawi, masjidil haram, masjid istiqlal dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *