Doa Keluar Rumah Untuk Bepergian Lengkap

By | Agustus 20, 2019
bacaan doa keluar rumah

Bacaan doa ketika keluar rumah untuk bepergian arab latin dan artinya lengkap.

Doagama.com – Doa keluar rumah untuk bepergian lengkap. Orang biasa keluar dari rumah atau tempat tinggal ketika akan bekerja, bersekolah, bepergian maupun jalan-jalan atau hanya sekedar berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Rumah adalah tempat paling aman untuk kita berlindung dari cuaca serta lingkungan yang negatif. Ketika berada di luar rumah, akan banyak hal tak terduga yang mungkin bisa terjadi.

Hal-hal tersebut dapat berupa kejadian baik maupun buruk, baik saat keluar rumah dan bepergian dengan berjalan kaki, menaiki kendaraan seperti sepeda, motor, mobil maupun kendaraan umum.

Untuk itulah umat Islam sangat dianjurkan berdoa ketika keluar rumah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari marabahaya, cobaan serta ancaman yang mungkin terjadi.

Karena Allah Ta’ala adalah Tuhan yang Maha Melindungi. Insyaallah apabila kita meminta pertolongan dari-Nya maka Dia akan mengabulkan doa kita dan menjaga kita selama berada di luar rumah.

Baca : Doa Masuk Rumah

Hadits Berdoa Saat Keluar Rumah

Rasulullah SAW sangat mengajurkan umatnya untuk senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT di segala sesuatu, termasuk ketika akan keluar rumah pun demikian.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas R.A, Nabi Muhammad bersabda sebagai berikut.

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: (sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)?”

– (H.R. Anas bin Malik)

Mengapa membaca doa atau dziki keluar rumah sangatlah perlu? Karena dalam Al-Quran dijelaskan sebagai berikut.

“Sesungguhnya syaitan itu tidak memiliki kekuasaan (untuk mencelakakan) orang-orang yang beriman dan bertawakkal (berserah diri) kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan syaitan hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.”

– (Q.S An-Nahl ayat 99-100)

Hadits tersebut menjelaskan keutamaan dari membaca doa ketika keluar rumah untuk bepergian, dan doa tersebut menjadi sebab seseorang diberi petujuk dan ditolong oleh Allah SWT.

Bacaan Doa Ketika Keluar Rumah

doa keluar rumah
doa keluar rumah

Selain membaca doa, kita juga dapat mengerjakan sholat safar, sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan setiap orang akan bepergian jauh untuk mohon perlindungan kepada-Nya.

Bagi yang akan naik kendaraan dapat pula membaca doa naik kendaraan agar ketika dalam perjalanan selalu dilindungi oleh Allah SWT supaya terhindar dari kecelakaan dan bahaya.

Nabi Muhammad SAW sangat menganjutkan umatnya untuk berdoa dan berdzikir, termasuk saat keluar rumah. Dan berikut adalah lafadz doa bacaan keluar rumah tulisan Arab, latin dan artinya.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya :
“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Adab Meninggalkan Rumah

Seseorang yang pergi dari rumah haruslah meninggalkan rumah dalam kondisi yang baik, terutama bagi mereka yang meninggalkan rumah orang lain atau habis bertamu.

Jangan membuat kesan buruk yang menyebabkan seseorang tidak mau menerima kita lagi sebagai tamunya. Hal tersebut sama saja dengan memutus tali silaturahmi yang jelas-jelas dibenci oleh Allah SWT.

Sebagai seorang muslim dan manusia, ada beberapa adab atau tata cara keluar rumah yang perlu diperhatikan, berikut adalah diantaranya.

1. Meninggalkan Rumah Dalam Kondisi Bersih

Ketika meninggalkan rumah sendiri maupun orang lain, sebaiknya jangan membuat tempat tinggal kotor dan menjadi sarang bagi kuman karena jika kita kembali, maka rumah akan membuat kita lebih mudah terserang penyakit.

2. Membaca Doa Ketika Keluar Rumah

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ketika keluar rumah disunnahkan untuk membaca doa yang sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik.

3. Mengunci Pintu Rumah dan Pagar

Jika pergi dari rumah sendiri, dan memastikan tidak ada orang di dalamnya, maka sebaiknya kita mengunci pintu rumah dan pagar serapat-rapatnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Mendahulukan Kaki Kiri

Keluar rumah artinya berpindah dari tempat yang lebih suci ke yang tidak. Maka dari itu alangkah baiknya mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu berbeda dengan saat masuk rumah yang mendahulukan kaki kanan.

Akhir Kata

Itulah dia doa keluar rumah, sesuai sunnah, latin dan artinya, naik kendaraan, untuk mencari rezeki, untuk berbelanja, untuk bekerja, anak tk, sd, keutamaan, bahasa indonesia.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *