Doa Akan Mandi (Biasa) Arab Latin dan Artinya

By | September 12, 2019
doa saat ketika akan mau mandi

Bacaan doa ketika akan mandi biasa, bukan mandi wajib bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

Doagama.com – Doa akan mandi biasa arab latin dan artinya. Mandi adalah kegiatan membersihkan sekujur tubuh dari kotoran, kuman dan najis yang menempel.

Tujuan dari seseorang melaksanakan mandi adalah supaya badan bersih dari segala hadats besar dan kecil. Mandi juga memiliki manfaat lain yakni membuat tubuh menjadi segar bugar.

Selain itu, mandi yang bersih juga akan membuat seseorang merasa nyaman, tidak mudah gatal sehingga bisa fokus untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Maka dari itu, orang yang hendak bepergian pada pagi hari seperti untuk sekolah atau bekerja, sebaiknya mandi terlebih dahulu. Tidur membuat tubuh berkeringat dan bau.

Jika tidak mandi, teman-teman di sekolah atau kantor pasti tidak akan merasa nyaman apabila dekat-dekat dengan kita. Begitu pula dengan mandi pada sore hari.

Tubuh yang lelah habis pulang kerja atau sekolah pasti sangat bau. Salah satu cara membuat suasana di dalam rumah nyaman adalah dengan membersihkan diri.

Allah SWT dalam Al-Quran juga menyuruh kita untuk merawat tubuh. Menjaga kebersihan diri merupakan sebagian dari iman. Maka dari itu, mandi merupakan kegiatan yang mulia.

Oleh karena mandi adalah kegiatan yang baik, maka ada baiknya ktia mengawali dengan membaca doa. Doa dimaksudkan supaya kegiatan selama berada di dalam kamar mandi menjadi berkah dan penuh manfaat.

Hadits Keutamaan Mandi

Mensucikan diri dengan cara mandi adalah perintah yang memiliki keutamaan dan faedah bukan hanya soal urusan dengan sesama manusia, melainkan juga dengan manusia kepada Tuhannya.

Dalam agama Islam, ada beberapa mandi yang diutamakan dan harus dilakukan. Yang pertama adalah mandi para hari raya idul fitri dan idul adha, berikut dalilnya.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَكَانَ الْفَاكِهُ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالْغُسْلِ فِى هَذِهِ الأَيَّامِ.

Artinya :
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mandi di hari Idul Fithri, Idul Adha dan hari Arafah, Dan Al Faakih sendiri selalu memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari itu.” (HR. Ibnu Majah no. 1316).

Mandi yang diutamakan lain adalah mandi pada saat ihram untuk umroh ataupun haji bagi seorang jamaah yang berada di Tanah Suci, Arab Saudi.

أَنَّهُ رَأَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- تَجَرَّدَ لإِهْلاَلِهِ وَاغْتَسَلَ

Artinya :
“Ia melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melepas pakaian beliau yang dijahit, lalu beliau mandi.” Abu Isa At Tirmidzi berkata, “Ini merupakan hadits hasan gharib. Sebagian ulama menyunahkan mandi pada waktu ihram. Ini juga pendapat Asy Syafi’i.” (HR. Tirmidzi no. 830).

Bahkan saat baru menginjakkan kaki di kota Mekkah, seseorang juga disunnahkan untuk melaksanakan mandi terlebih dahulu. Berdasar hadits dari Imam Muslim berikut ini.

أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ لاَ يَقْدَمُ مَكَّةَ إِلاَّ بَاتَ بِذِى طَوًى حَتَّى يُصْبِحَ وَيَغْتَسِلَ ثُمَّ يَدْخُلُ مَكَّةَ نَهَارًا وَيَذْكُرُ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ فَعَلَهُ.

Artinya :
“Ibnu Umar tidak pernah memasuki kota Makkah kecuali ia bermalam terlebih dahulu di Dzi Thuwa sampai waktu pagi datang. Setelah itu, ia mandi dan baru memasuki kota Makkah pada siang harinya. Ia menyebutkan bahwa hal tersebut dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau melakukannya.” (HR. Muslim no. 1259).

Setiap mandi adalah perbuatan yang mulia, baik mandi untuk peringatan tertentu maupun mandi yang dilakukan sehari-hari karena pada dasarnya sama-sama untuk membersihkan badan.

Bacaan Doa Ketika Akan Mandi

doa ketika akan mandi
doa ketika akan mandi

Seseorang mandi minimal 2 kali sehari. Meski ada juga yang mandi lebih dari 3 kali dalam satu hari, namun ada pula yang jarang mandi sehingga tubuhnya sangat bau.

Hal tersebut tidak boleh kita tiru, karena sebagai orang yang bertaqwa dan memiliki kehidupan sosial di sekitar orang lain, merawat diri dengan cara mandi adalah hal yang harus dilakukan.

Membaca doa saat hendak mandi bisa dilakukan sebelum masuk kamar mandi ataupun ketika sudah berada di dalam kamar mandi dan siap untuk membasuh tubuh.

Bacaan doanya tentu berbeda dengan doa mandi wajib karena pada kegiatan mandi biasa ini, kita hanya membersihkan tubuh dari hadats kecil saja, bukan hadats besarnya.

Mandi yang dimaksud di sini adalah mandi pada umumnya yang dilakukan bayi, remaja, anak-anak, orang dewasa atau orang tua. Bukan mandi yang dilakukan orang yang habis keluar air mani, nifas atau haid.

Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa sebelum mau mandi bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan sesuai sunnah serta hadits shahih dari sahabat Nabi Muhammas SAW.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَوَسِّعْ لِىْ فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Allaahummaghfirlii dzambii wa wassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya :
“Ya Allah, Ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasan di rumahku serta berkahilah pada rizkiku.”

Adab Ketika Mandi Dalam Islam

Seorang muslim yang baik haruslah menjaga adab dan sopan santun serta tata krama ketika berada di dalam kamar mandi, jamban atau toilet baik di rumah pribadi maupun di tempat pemandian umum.

Apalagi jika melakukannya di tempat publik, yang tempatnya tidak hanya ktia gunakan sendiri melainkan oleh banyak orang lainnya, sudah sewajibnya kita menjaga tempat tersebut.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin mandi adalah ketika sebelum mandi, saat berada di dalam kamar mandi dan ketika keluar dari kamar mandi, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Berikut adalah beberapa hal yang musti diperhatikan jika ingin mandi di kamar mandi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, sebelum menginjakkan kaki di kamar mandi ada baiknya membaca doa masuk kamar mandi yang diajarkan Rasulullah SAW.
  • Masuk kamar mandi hendaknya mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu karena beranjak dari tempat yang lebih suci.
  • Saat berada di kamar mandi, dianjurkan menggunakan alas kaki karena kita tidak tahu benda berbahaya apa yang ada di lantai sebab tidak terlihat.
  • Menutup kepala dengan kain atau plastik bila tidak memakai shampo supaya rambut terhindar dari kotoran atau najis.
  • Ketika hendak mandi, maka membaca doa mau mandi yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Jangan berbicara, bernyanyi atau berteriak dari dalam kamar mandi.
  • Tidak mneyapa atau menjawawab salam dari orang yang berada di luar kamar mandi.
  • Saat mandi, hendaknya membersihkan sekujur tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki.
  • Menggunakan air secukupnya, tidakuntuk dihambur-hamburkan.
  • Menjaga kamar mandi tetap bersih, menempatkan sabun dan sikat gigi kembali pada tempatnya.
  • Mengosongkan bak mandi sampai bersih jika sebelumnya digunakan untuk berendam dengan air hangat atau dingin.
  • Setelah selesai mandi, keluar dari kamar mandi dahulukan kaki kanan.
  • Membaca doa keluar kamar mandi yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW.

Itulah beberapa adab atau tata krama ketika berada di dalam kamar mandi untuk membersihkan tubuh. Sebenarnya masih banyak, namun tidak bisa disebutkan satu persatu.

Intinya adalah kita tidak boleh bersikap semena-mena, mengacak-acak kamar mandi, meninggalkan air kotor di bak mandi, terus menyalakan kran dan sebagainya.

Akhir Kata

Itulah doa mandi biasa atau umum, doa jima, siwak, menyikat gigi, sabunan, shampoan, doa mandi untuk anak tk, sd, perempuan, pria baligh, dewasa, hukum dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *