Doa Ketika Kehilangan Barang Agar Cepat Ketemu

By | November 2, 2019
doa ketika kehilangan barang agar cepat ketemu

Doa ketika kehilangan barang berharga uang, dompet, kucing, anak, agar cepat ketemu.

Doagama.com – Doa ketika kehilangan barang agar cepat ketemu. Manusa adalah tempatnya salah dan lupa, termasuk lupa menaruh sebuah barang.

Kadang manusia lupa di mana terakhir kali menaruh barang. Barang yang dicari sebenarnya tidak hilang, melainkan hanya terselip atau tersembunyi di suatu tempat.

Saat ada barang hilang, manusia pasti ingin cepat menemukannya. Mencari ke sana dan kemari namun tidak menemukan apapun. Manusia terlalu sibuk hingga melupakan hal yang penting.

Ingatlah bahwa Allah SWT maha membantu dan menolong. Allah SWT akan membantu setiap hamba-Nya yang sedang kesulitan, termasuk ketika kehilangan barang berharga.

Berdoalah kepada Allah SWT ketika kehilangan barang agar segera ditemukan, agar barang yang hilang bisa cepat ketemu. Allah SWT akan membantu dengan berbagai cara.

Cara Allah SWT menjawab doa hamba-Nya ada tiga, yang pertama adalah menolong secara langsung, menolong tapi tidak langsung, dan tidak menolong.

Allah SWT akan membantu kita untuk menemukan barang yang hilang jika Dia menilai bahwa kita masih memerlukan barang tersebut, namun Allah Ta’ala tidak akan membantu apabila barang yang kita cari sudah tidak bermanfaat.

Namun Allah SWT akan mengganti barang yang tidak ditemukan dengan barang baru, yang jelas lebih baik di mata Allah SWT untuk kita miliki dan jaga.

Baca : Sholat Istikharah

Di sini kita akan membahas mengenai doa yang dibaca ketika tidak ingat barang ditaruh di sini dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

Doa Ketika Kehilangan Barang

doa kehilangan barang
doa kehilangan barang

Saat sadar bahwa ada barang yang hilang, ingatlah untuk berdoa terlebih dahulu kepada-Nya, mohon agar hati tenang sehingga bisa mengingat di mana kemungkinan barang tersebut hilang.

Setelah itu, barulah cari barang yang hilang tersebut sesuai dengan rute jalan yang sebelumya dilalui. Karena kemungkinan besar barang hilang atau jatuh di jalan yang pernah kita lalui.

Ada dua macam doa yang bisa diamalkan di sini, yaitu doa ketika kehilangan barang berharga seperti dompet, tas, uang, sepatu, sandal, gunting kuku, dan sebagainya.

1. Doa Ketika Kehilangan Barang Berharga

Doa berikut merupakan anjuran agar kita berwudhu terlebih dahulu sebelum menari barang, lalu mengucapkan kalimat syahadat, dan membaca sebuah doa pendek untuk mohon petunjuk.

أن من ضاع له شيء فليتوضأ وليصل ركعتين وليتشهد وليقل:بسم الله يا هادي الضلال وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك

Artinya :
“Barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudu lalu salatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat kemudian katakan ‘bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’ (Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu).”

2. Doa Ketika Kehilangan Barang Supaya Kembali

Selanjutnya doa ini adalah doa yang dilafadzkan ketika kehilangan barang supaya cepat kembali, segera ditemukan, lekas ketemu, cepat dikembalikan kepada kita.

اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma ya jami‘an nasi li yaumin la raiba fihi, ijma’ baiia wa baina dlallati fi khairin wa ‘afiyah.

Artinya :
“Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang doa kehilangan barang, sesuai sunnah, menurut islam, doa menghikhlaskan barang yang hilang, doa agar maling mengembalikan barang curian.

Doa mencari barang yang lupa menaruhnya, doa ketika kehilangan barang berharga, amalan ringan, doa supaya barang yang hilang lekas ditemukan, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *