Doa Ketika Marah Arab Latin dan Artinya

By | Agustus 28, 2019
doa saat ketika marah

Bacaan doa ketika saat menghilangkan menghindari sifat amarah, marah, benci, geram, kesal, jengkel tulisan arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika marah arab latin dan artinya. Setiap orang pasti pernah marah dan kesal, entah itu kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.

Orang yang gampang marah disebut dengan pemarah. Biasanya, seseorang yang memiliki sifat ini sangat gampang terbawa emosi sehingga amarahnya pun mencuat kepada orang lain.

Bila marah kepada diri sendiri, maka yang akan rugi adalah kita pribadi. Saat amarah menguasai pikiran kita, paling kita akan berpikir negatif, berprasangka buruk dan menyalahkan diri sendiri.

Berbeda jika marah kepada orang lain, maka yang rugi bukan hanya satu pihak saja. Melainkan juga orang yang menjadi target sasaran si pemarah juga akan kena imbasnya.

Hal tersebut jelas akan berdampak buruk tidak hanya adu mulut, pertikaian diantara dua orang juga bisa menimbulkan benci dan dendam yang jelas tidak disukai Allah SWT.

Tuhan menyuruh kita untuk berperilaku sabar, selalu menahan diri jika ada kesalahpahaman dengan orang lain, jangan menyulut api ditengah kayu bakar yang kering.

Hadits Membaca Doa Saat Marah

Meredam amarah memang hal yang sangat sulit, apalagi bagi manusia yang tinggal di lingkungan dengan situasi beranekaragam. Selain itu, amarah juga merupakan 7 dosa manusia dalam ajaran agama lain, Kristen.

Dalam ajaran tersebut mengatakan bahwa manusia pasti pernah melakukannya setidaknya sekali seumur hidup. Ya, memang tidak bisa dikatakan salah jika melihat diri kita yang sekarang.

Rasulullah SAW pun menyadari kecenderungan tersebut akan terjadi kepada setiap manusia di generasi setelahnya. Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW mengajarkan satu doa khusus untuk menghilangkan sifat marah.

Ketika dikuasai kemarahan, dikatakan oleh Ibnu Sunni dalam kitabnya yang berjudul ‘Amalul Yaum wal Lailah yang terdiri dari dua redaksi atau cetakan berbeda.

Pada redaksi pertama dijelaskan bahwa suatu ketika ada dua orang laki-laki datang ke kediaman Baginda Rasul untuk bertaubat, namun salah satu diantaranya marah.

Pada saat itu, Rasulullah SAW menyuruh pria yang sedang marah tersebut untuk membaca ta’awuz atau doa agar marahnya hilang. Doa tersebutlah yang kemudian diteladani hingga saat ini.

Lalu pada redaksi kedua, disebutkan bahwa istri Nabi SAW, Aisyah tiba-tiba marah, kemudian Kanjeng Nabi memegang hidungnya dan melafadzkan bacaan doa yang sama dengan yang diucapkan laki-laki sebelumnya.

Bacaan Doa Ketika Marah

doa ketika marah
doa ketika marah

Doa yang ditulis dari diwayat Ibnu Sunni tersebut kemudian menyebar ke seluruh umat Islam di penjuru dunia. Diajarkan secara turun temurun mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Mulai dari TK, SD kemudian masuk SMP atau juga di pesantren, para guru pasti pernah mengajari kita untuk membaca doa berikut saat sedang dilanda kemarahan. Mungkin kita tidak ingat, namun pasti pernah.

1. Bacaan Doa Untuk Menghilangkan Amarah

Saat sedagn benar-benar marah, meski tidak bisa mengusai uacpan. Cobalah baca doa ini baik-baik, doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk menghindari sifat amarah.

Bagaimana lafadznya? Berikut adalah teks bacaan doa ketika sedang marah sesuai sunnah menurut hadits shahih tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ اَللّٰهُمَّ رَبَّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَاذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِىْ وَاَجِرْنِىْ مِنْ مُضِلاَّتِ اْلفِتَنِ

Allahumma rabba muhammadin ighfirli dzambi wadzhib ghoidzho qolbi wa ajirni min mudhillatil fitan.

Artinya :
“Ya Allah, Tuhan Muhammad, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kesesatan fitnah.”

Dalam doa tersebut kita mengucap kalimat permohonan maaf karena tidak bisa mengendalikan emosi. Kita juga memohon kepada-Nya agar amarah yang melanda diri dapat segera dihilangkan.

2. Bacaan Doa Setelah Selesai Marah

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa, maka dari itu jika pikiran sudah tenang dan amarah sudah tidak menguasai diri kita, maka segeralah mohon ampun kepada Allah SWT.

Bisa mengucapkan kalimat istighar secara singkat yakni “Astaghfirullah” saja, atau juga dapat mengucapkan kalimat istighfar untuk bertaubat dengan lebih panjang seperti berikut ini.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal ‘azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih.

Artinya :
“Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Dalam doa tersebut kita bertaubat kepada Allah SWT karena marah termasuk sebagian dari dosa maka dari itu jika melakukannya, perlu betaubat kepada Allah SWT.

Yang Dilakukan Ketika Sedang Marah

Ada banyak yang bertanya, apa sih yang harus dilakukan ketika kita sedang sangar marah, benar-benar tidak bisa mengendalikan perbuatan dan memicu kerusakan?

Meski sangat sulit, setidaknya cobalah beberapa hal berikut ketika benar-benar dilanda amarah. Agar rasa kesal atau geram yang ada dalam hati kita tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.

  • Pertama, pisahkan antara pikiran dan perbuatan. Usahakan tahan diri dan jangan melakukan apapun.
  • Cari tahu alasan kenapa marah. Biasanya ini ampuh untuk menghilangkannya.
  • Lakukan atau pikirkan hal-hal yang kamu suka atau cita-citakan.
  • Sebisa mungkin, menjauhlah dari orang lain atau benda-benda yang mudah rusak.
  • Jangan menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi.
  • Membaca doa untuk menghindari kemarahan atau kegeraman.
  • Memohon ampun kepada Allah SWT jika kondisi pikiran dan hati sudah baik-baik saja.

Dalam konteks lain, marah juga bisa menyebabkan hal yang buruk bagi kesehatan. Bila mengalami kemarahan berlebih, bukan tidak mungkin akan terjadi disfungsi otak.

Sehingga mneyebabkan pikiran tidak sejalan dengan tindakan, akan menyebabkan kerusakan di mana-mana. Jika terus berlanjut, bukan tidak mungkin seseorang akan terkena gangguan jiwa.

Naudzubillah min dzalik. Semoga Allah SWT selalu melindungi mereka yang tengah dilanda kemarahan. Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari godaan syaitan untuk berbuat buruk.

Hanya kepada Allah SWT lah kita pantas memohon dan hanya kepada-Nya lah kita bisa meminta perlindungan dari segala macam marabahaya yang mengintai.

Akhir Kata

Itulah tulisan bacaan doa saat tengah marah untuk menghilangkan sifat geram, kesal, sebal, gondok atau jengkel yang sama sekali tidak baik dan termasuk perbuatan tercela.

Doa yang juga dapat dibaca untuk meminta maaf kepada Allah SWT, Sang Penguasa langit dan bumi apabila otak telah kembali kita kendalikan dengan baik.

Dicari juga dengan kata kunci doa ketika marah pada anak, sedih, kecewa, dengan suami, doa biar gak gampang marah, doa menghilangkan rasa marah dan dendam.

Doa membungkam orang marah, cara menghadapi orang yang marah pada kita, pertanyaan tentang marah dalam islam, doa jangan marah, cara meredam amarah, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *