Doa Ketika Melewati Kuburan Arab Latin dan Artinya

By | Oktober 2, 2019
doa ketika melewati kuburan sesuai sunnah

Doa atau salam ketika masuk melewati kuburan nabi muhammad saw sesuai sunnah arab latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika melewati kuburan arab latin dan artinya. Saat melewati kuburan atau pemakaman, seseorang harus mengucap salam atau berdoa. Karena tempat tersebut tentu banyak yang menghuni.

Penghuni kuburan tidak lain adalah para makhluk ghaib, mereka yang bersemayam di tempat-tempat sepi, gelap dan jarang dikunjungi orang juga tidak ingin dihormati, minimal mengucap salam.

Nabi Muhammad SAW bahkan sangat menganjurkan umatnya untuk berdoa setiap hendak masuk ke kuburan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para penghuni kubur yang lebih dulu mendahului kita.

Manfaat dan faedah lain dari doa masuk kuburan ialah supaya selalu ingat bahwa suatu saat pasti akan ada waktunya giliran bagi kita untuk menyusul mereka, yakni berpindah dari dunia nyata ke dunia ghaib.

Rasul mengajarkan kita untuk mengucap salam ketika memasuki area pemakaman, baik pada siang hari maupun di malam hari. Karena makam merupakan tempat yang harus dijaga baik-baik.

Bagi yang tidak terbiasa mengucap salam saat masuk kuburan, mulai saat ini, cobalah biasakan diri untuk mengucapkannya. Karena banyak sekali keutamaan dan fadhilahnya.

Bagi yang belum hafal, silahkan baca doa yang ditulis di bawah ini dan amalkan setiap saat ingin melewati atau memasuki kuburan dan pemakaman umum.

Bacaan Doa Ketika Melewati Kuburan

doa ketika melewati kuburan
doa ketika melewati kuburan

Ada dua jenis doa yang bisa dibaca bagi orang yang hendak melewati pemakaman. Kedua doa tersebut bersumber dari hadits shahih yang ditulis oleh Ibnu Majjah.

Inti dari doanya sama, yakni mendoakan sang ahli kubur supaya diberi keselamatan, mengingatkan kita bahwa suatu saat pasti kita akan menyusul mereka.

Selain itu, hikmah dari doa memasuki pemakaman ini adalah memohon kepada Allah SWT supaya para penghuni alam kubur dapat diberi kesejahteraan, diampuni dosanya, dijauhkan dari siksa kubur.

Mendoakan sesama muslim termasuk dalam ibadah yang sangat dianjurkan, terutama mendoakan orang-orang yang telah meninggal, wafat, tewas atau mati dalam keadaan khusnul khotimah.

Karena orang yang sudah meninggal tidak bisa melakukan apa-apa, maka jika mereka memiliki tanggungan dosa, kitalah yang harus memintakan ampun kepada Allah SWT.

Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa yang dibaca saat memasuki makam atau kuburan sesuai sunnah rasul berdasar hadits shahih singkat bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

1. Doa Masuk Kuburan Sesuai Sunnah

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ نَسْأَلُ اَللهُ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ

Assalaamu ‘alaikum ahladdiyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa-innaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nas’alullaaha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya :
“Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam barzah, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan.”

2. Doa Melewati Kuburan Sesuai Sunnah

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ أَنْتُمْ لَنَا فَرَطٌ وَإِنَّا بِكُمْ لَاحِقُونَ اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُمْ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُمْ

Assalaamu ‘alaikum daara qaumin muk’miniina antum lanaa farathun wainnaa bikum laa hiquunallaahumma laa tahrimnaa ijrohum walaa taftinnaa ba’dahum.

Artinya :
“Semoga kesejahteraan untuk kalian semua, kampung kaum mukminin. Kalian telah mendahului kami. Dan kami akan menyusul kalian insya Allah. Ya Allah, janganlah engkau haramkan kami dari pahala mereka dan jangan timpakan fitnah kepada kami setelah mereka.”

Bacaan Doa Ziarah Kubur

doa ziarah kubur
doa ziarah kubur

Ziarah kubur berbeda dengan melewati makam. Jika lewat, kita hanya sekedar numpang berjalan, sedangkn bila ziarah, kita singgah sebentar, duduk di sebelah makam yang ingin kita doakan kemudian berdoa sesuai sunnah.

Doa ziarah kubur diucapkan untuk mendoakan mayit khusus seperti keluarga, kerabat, saudara, teman dan sebagainya agar dia terhindar dari siksa api neraka, dilapangkan kuburannya, diberkahi dia dalam kebaikan kubur dan sebagainya.

Untuk bacaannya sendiri terserah, namun beberapa sumber menyebut ada doa ziarah kubur khusus yang dapat dibaca, bersumber dari hadits shahih yang diriwayatkan oleh salah satu sahabat Nabi.

Berikut adalah bacaan doa ketika berziarah di makam atau kuburan dalam bahasa Arab, latin dan artinya yang benar, sesuai sunnah rasul, pdf, hadits ziarah kubur, bacaan doa ziarah kubur singkat dan sebagainya.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi’ Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa’i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A’idhu Min ‘Adzaabil Qabri.

Artinya :
“Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Adab Ketika Melewati Kuburan

Seorang muslim yang melewati kuburan hendaklah menjaga sopan santun dan tata krama, karena kuburan adalah tempat tinggal kita di masa depan, penghuni-penghuninya akan menjadi kawan kita pada masa itu.

Maka dari itu, mulai sekarang cobalah akrab dengan kuburan, tidak perlu takut karena makhluk ghaib tidak akan mengganggu apabila kita tidak mulai duluan.

Berikut adalah beberapa adab seorang muslim ketika melewati kuburan, pemakaman, pengkuburan dan sebagainya.

  • Pertama, berdoa saat melewati kuburan seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Tidak berteriak dengan suara keras saat sedang di kuburan.
  • Tidak lari-larian, melompati makam, bermain dan sebagainya.
  • Tidak bernyanyi, usahakan diam dan bicara seperlunya saja.
  • Memperbanyak dzikir dan doa.
  • Mengingat bahwa suatu saat tempat tersebut akan menjadi tempat peristirahatan kita yang terakhir.
  • Membersihkan kuburan, minimal makam kerabat yang kita kenal.
  • Membersihkan jalan setapak di kuburan, sebagai salah satu amalan agar orang yang lewat terhindar dari bahaya.

Dan masih banyak lagi tata krama yang harus dijaga ketik berada di kuburan. Intinya, hormati kuburan seperti kita menghormati orangtua, kakek dan nenek. Jagalah sopan santun seperti ketika berada di keramaian.

Akhir Kata

Itulah sedikit penjelasan mengenai doa memasuki kuburan, doa untuk orang meninggal, bacaan doa ziarah, doa untuk mayit, doa masuk kuburan, membaca yasin di kuburan, doa masuk kuburan latin dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *