Doa Ketika Melihat Mayit (Jenazah) Laki-laki Perempuan

By | November 9, 2019
doa ketika melihat mayit jenazah

Doa ketika melihat mayit atau jenazah laki-laki dan perempuan, orang yang baru saja meninggal dunia.

Doagama.com – Doa ketika melihat mayit jenazah laki-laki perempuan. Semua orang akan kembali kepada Rabbnya suatu saat, tidak mungkin tidak. Tugas kita sebagai orang yang masih hidup adalah mendoakannya.

Mendoakan orang yang sudah meninggal dunia sangat dianjurkan, khususnya untuk kerabat, saudara, atau orangtua kita yang telah lebih dulu meninggalkan kita.

Mendoakan seseorang yang telah meninggal tidak hanya dilakukan pada saat ziarah kubur atau melayat, melainkan juga ketika kita melihat mayit atau jenazah di depan mata kita sendiri.

Doa ini diucapkan ketika kita melihat jenazah di dalam keranda yang hendak diantar menuju liang lahat lewat di depan mata kita. Biasanya ini sering terjadi di pinggir jalan.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, apabila ada seorang muslim yang meninggal dunia, maka jenazahnya akan diangkat menggunakan keranda atau peti mati.

Keranda akan ditopang oleh minimal 4 orang dan diiringi seluruh kerabat, keluarga, teman, saudara, rekan kerja dan orang yang mengenal si jenazah di belakang.

Kadang, mayit atau jenazah yang sedang diantar menuju kuburan juga diiringi oleh motor atau mobil untuk membawa pihak keluarga yang ditinggalkan.

Baik kenal ataupun tidak, kita tetap dianjurkan membaca doa saat melihat jenazah. Doa ini dibaca secara umum karena tentu kita tidak tahu apakah yang ada di dalam keranda itu jenazah laki-laki atau perempuan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang doa yang dianjurkan oleh Rasul untuk dilafalkan saat melihat mayit atau jenazah yang lewat di hadapan kita.

Doa Ketika Melihat Mayit (Jenazah)

doa melihat mayit jenazah
doa melihat mayit jenazah

Doa saat melihat jenazah dibaca bertujuan untuk mendoakan sang ahli kubur agar juga menjadi sang ahli surga serta diampuni segala dosa yang pernah diperbuat di dunia.

Selain itu, doa saat melihat orang yang meninggal dunia juga memiliki keutamaan lain diantaranya adalah untuk mendoakan supaya sang jenazah diberi kesenangan dalam kubur.

Maksud dari kesenangan yang diberikan di dalam kubur adalah jenazah atau mayit dihindarkan dari siksa kubur karena dosanya telah dimaafkan oleh Allah SWT.

Bacalah doa ini dengan hati yang ikhlas serta tulus. Insyaallah, suatu saat ketika kita meninggal dunia akan banyak orang yang turut mendoakan kita. Amin.

Berikut adalah bacaan doa lafadz ketika melihat mayit atau jenazah sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya singkat.

سُبْحَانَ الْحَيِّ الَّذِىْ لاَيَمُوْتُ. اَللهُمَّ اغْفِرْلِهَذَاالْمَيِّتِ وَارْحَمْهُ. اَللهُمَّ اَنِسْ فِى الْقَبْرِ وَحْدَتَهُ وَغُرْبَتَهُ وَنَوِّرْ قَبْرَهُ

Subhaanal hayyil ladzii la yamuutu alloohummaghfir lihaadzal mayyiti warhamhu alloohumma aanis fil qobri wahdatahuu wa ghurbatahuu wa nawwir qobrohuu.

Artinya :
“Maha Suci Allah Dzat yang maha Hidup yang tidak mati. Ya Allah, berilah ampunan kepada mayyit ini dan belas kasihanilah dia, ya Allah berikanlah kesenangan kepadanya dalam kubur sendirian dan dalam rantauan sersta sinarilah kuburnya.”

Doa Saat Mayit (Jenazah) Dimasukkan ke Dalam Kubur

Bagi orang yang ikut mengantarkan jenazah ke liang lahat, ketika melihat mayit yang telah dibungkus kain kafan dikeluarkan dari keranda dan hendak dimasukkan ke tanah, seorang muslim juga disunnahkan membaca doa.

Doa yang dibaca merupakan doa untuk mayit terakhir yang dilafadzkan saat mayit atau jenazah berada di alam dunia sebelum dimasukkan ke tanah kubur dan berpindah ke alam kubur.

Doa ini sangat utama dibaca dan memiliki beragam keistimewaan diantaranya adalah untuk memohon kepada Allah Ta’ala agar jenazah diberi keselamatan di alam kubur.

Selain itu, dalam doa ini kita juga meminta kepada-Nya agar segala hal buruk yang pernah diperbuat oleh sang mayit agar diampuni oleh Allah Ta’ala, Tuhan yang maha mengampuni.

Berikut adalah bacaan doa yang dilafalkan saat menyaksikan mayit atau jenazah dimasukkan ke dalam kubur dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahannya atau arti bahasa Indonesia.

اَللهُمَّ افْتَحْ اَبْوَابَ السَّمَآءِ لِرُوْحِ هذَاالْمَيِّتِ وَاَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ قَبْرَهُ

Alloohummaftah abwaabas samaa-I liruuhi haadzal mayyiti wa akrim nuzulahuu wa wassi’ qobrohu.

Artinya :
“Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu langit untuk roh mayit ini dan muliakanlah tempatnya serta lapangkanlah kuburannya.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai doa melihat mayit atau jenazah, saat mendengar kabar kematian, dan doa saat melihat jenazah masuk ke liang kubur.

Mari sama-sama kita mendoakan kerabat atau keluarga yang telah meninggal dunia supaya tenang di alam sana serta dijauhkan dari siksa kubur. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *