Doa Ketika Mendengar Petir dan Guntur Singkat

By | Agustus 26, 2019
doa ketika mendengar petir dan guntur

Bacaan doa ketika mendengar suara petir, guntur, menggelegar, tulisan arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika mendengar petir dan guntur singkat. Petir merupakan cahaya kilat yang muncul dari langit menuju ke arah bawah disertai dengan suara yang menggelegar.

Petir biasa muncul pada saat sebelum hujan maupun ketika hujan lebat atau ringan. Petir disebut juga dengan halilintar, guruh, guntur, atau kilat. Petir merupakan gejala alam yang sering terjadi, khususnya di Indonesia.

Tidak jarang petir membuat orang kaget karena suaranya yang sangat kencang dan kemunculannya yang tiba-tiba. Apalagi bila jarak petir dengan tempat kita berdiri tidak berbeda jauh.

Namun apabila terjadi perbedaan yang cukup signifikan, maka akan terjadi perbedaan waktu kemunculan petir dan suara yang sampai di telinga kita. Hal ini disebabkan karena terdapat perbedaan kecepatan cahaya dan suara.

Kecepatan cahaya jauh lebih cepat dibanding kecepatan suara sehingga petir akan terlihat lebih dulu kemudian baru suaranya bisa kita dengar apabila jarak petir memang sangatlah jauh.

Dalam agama Islam, petir juga dapat dijadikan sebagai pertanda murkanya alam semesta, murkanya Allah SWT terhadap suatu wilayah apakah karena dosa yang diperbuat, orang-orang dari wilayah tersebut akan terkena azab atau tidak.

Petir juga merupakan sebuah peringatan kepada suatu kaum yang tinggal di sebuah cakupan area untuk segera kembali kepada-Nya dengan cara mematuhi perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Hadits Membaca Doa Mendengar Petir

Ketika mendengar suara petir, hendaknya setiap muslim mengucap kalimat doa. Sebagai bentuk kesadaran bahwa dirinya masih jauh dari kata sempurna, juga sebagai permohonan maaf karena lalai dari tugasnya.

Tidak hanya kepada manusia di bumi, petir juga menjadi pertanda bahwa malaikat sedang bertasbih memuji nama Allah SWT karena takut kepada-Nya. Hal tersebut telah diriwayatkan dalam sebuah hadits.

قال إن الرعد ملك ينعق بالغيث كما ينعق الراعي بغنمه

Artinya :
“Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.”

Untuk dalil atau hadits saat mendengar petir sendiri tidak ada, namun ada doa yang bisa dibaca untuk mengagumi ciptaan Allah SWT yakni pada hadits berikut.

لم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم في ذلك شيء . لكن لو ذكر الله على عظمة الله وبديع خلقه (إن شاء الله ليس فيها بأس.

Artinya :
“Tidak ada hadits shahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai hal tersebut (doa melihat kilat) akan tetapi jika ia berdzikir mengingat Allah karena keagungan dan bagusnya ciptaannya -InsyaAllah- tidak mengapa.”

Malaikat adalah dzat yang menggetarkan awan, kemudian memindahkannya dari satu tempat ke tempat yang lain. Dan setiap gerakan yang ada di langit dan di bumi merupakan gerakan dari malaikat.

Manusia bertasbih kepada Rabb-nya melalui suara dari lidah, bibir, lisan, dan tenggorokan. Kemudian guruh adalah suara petir dan kilatan cahaya yang membentak awan.

Hadits tersebut bisa dipelajari lebih lanjut pada Majmu Al-Fatawa 24:263-264. Perlu diketahui bahwa tidak ada doa yang marfu atau bersumber dari sanadnya, yang ada ialah atsar dari para sahabat.

“Barangsiapa yang mengamalkan dengan mencontoh para Sahabat, maka tidak mengapa. Kami tidak mengetahui sedikitpun hadits yang marfu’ (sampai sanadnya) kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

– (Al-lajnah Ad-Daimah / MUI Arab Saudi)

Bacaan Doa Ketika Mendengar Petir dan Guntur

doa ketika mendengar petir
doa ketika mendengar petir

Pada saat telinga kita menerima suara dari petir, yang membuat awan menyala dengan terang, kaca bergetar hebat dan beberapa manusia di bumi terkaget-kaget, bacalah sebagian doa.

Dalam agama Islam ada beberapa doa yang bisa dibaca ketika ada suara petir atau guntur yang menyambar. Doa-doa berikut diriwayatkan oleh tiga tokoh muslim utama.

Yang pertama adalah doa mendengar suara petir oleh Abdullah bin Zubair dan yang kedua adalah doa saat mendengar guntur yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Yang terakhir adalah dari Nabi kita, Baginda Rasul SAW.

Berikut adalah doa doa yang dapat dibaca saat mengengar suara petir, guntur, kilat, halilintar yang menggelegar, shahih tulisan arab, latin dan artinya.

1. Doa Ketika Mendengar Petir Abdullah bin Zubair

Ketika Abdullah bin Az-Zubair mendengar suara petir yang menggelegar, maka ia menghentikan sejenak pembicaraannya, kemudian mengucapkan doa berikut ini.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya :
“Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya.”

2. Doa Ketika Mendengar Petir Ibnu Abbas

Dalam ‘Ikrimah, mengatakan bahwa ketika Ibnu Abbas RA, sahabat Rasulullah SAW mendengar petir, beliau mengucapkan doa berikut.

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

‘Subhanalladzi sabbahat lahu’.

Artinya :
“Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya.”

3. Doa Mendengar Petir Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW ketika mendengar suara guntur, beliau mengucapkan doa berikut.

اّللَّهُمَّ لَا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahumma la taqtulna bi ghadhobika wala tuhlikna bi a’zabika wa a’fina qobla zalika.

Artinya :
“Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murkaMu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu.”

Sebagaimana perintah bahwa umat Islam diharuskan membaca doa ketika akan memulai atau mengakhiri sesuatu, serta ketika terjadi hal yang tidak terduga, maka doa ketika ada petir tersebut sebaiknya dilafadzkan.

Adab Saat Mendengar Suara Petir Dalam Islam

Petir atau halilintar biasanya turun disertai hujan dan angin kencang. Ketika terjadi, maka seseorang perlu membaca doa seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain itu, ketika ada suara petir yang terdengar, maka seorang muslim disunnahkan untuk melakukan beberapa hal berikut sebagai adab menyambut petir dari langit.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan ketika ada petir, guntur, halilintar, dan kilat yang menyambar dengan suara kencang dan cahaya yang sangat terang.

  • Pertama adalah segera berdoa memohon perlindungan dan moho ampun atas segala dosa dari Allah SWT.
  • Untuk keamanan, segeralah masuk rumah dan jangan keluar walaupun dengan payung karena petir bisa menyambar.
  • Tutup kedua telinga ketika melihat cahaya petir agar ketika suara petir sampai, maka tidak akan mengagetkan.
  • Hindari berlindung di bawah pohon karena pohon atau benda-benda tinggi mudah tumbang akibat tersambar petir.
  • Jika sedang berada di ketinggian, seperti menaiki pohon maka segeralah turun dan berlindung di tempat teduh.

Dari Nabi Muhammad SAW sendiri tidak ada amalan khusus yang perlu dikerjakan ketika ada petir karena ptir sifatnya tiba-tiba sehingga manusia tidak dapat menyiapkan waktu untuk apa-apa.

فأما البرق فهذا فلا أذكر شيئاً في هذا لا أذكر شيئاً يقال عند رؤية البرق لا أعلم شيئاً من السنة في هذا.

Artinya :
“Adapun melihat kilat maka saya tidak mengetahui sama sekali (amalan) dalam hal ini. Saya tidak mengetahui sapa yang harus diucap ketika melihat kilat. Saya tidak mengetahui sama sekali dalam sunnah mengenai hal ini.”

Akhir Kata

Itulah bacaan doa ketika mendengar petir, guntur, gemuruh, halilintar, kilat yang menyambar. Lafadz teks doa saat ada petir allauma almanhaj, guntur yang menggelegar, kencang, membuat kaget dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *