Doa Ketika Sakit Agar Cepat Sembuh Arab dan Artinya

By | September 13, 2019
doa ketika sakit agar cepat sembuh

Bacaan doa saat ketika sedang sakit supaya agar cepat sembuh arab, latin, artinya, terjemahan.

Doagama.com – Doa ketika sakit agar cepat sembuh arab dan artinya. Orang yang tengah dilanda penyakit biasanya tidak bisa banyak berbuat apa-apa maupun pergi ke mana-mana.

Bahkan banyak dokter atau orangtua yang menyarankan untuk banyak beristirahat demi menjaga kesehatan. Dan jangan lupa memperbanyak doa meminta kesembuhan kepada Allah SWT.

Karena, setiap apa yang terjadi di muka bumi adalah atas kehendak-Nya. Kita diserang penyakit merupakan keputusan Allah Ta’ala dan penyakit diangkat dari tubuh kita juga menjadi hal yang bisa dilakukan oleh-Nya.

Namun jangan salah persepsi bahwa Tuhan menurunkan penyakit kepada kita, maupun keluarga dan lingkungan sekitar karena Dia benci atau memberikan azab.

Kita harus selalu berpikir positif dan tetap percaya bahwa apa yang diberikan Allah SWT bila bukan merupakan cobaan, maka adalah hal yang terbaik bagi kita.

Tentu bila sakit parah dalam jangka waktu yang lama akan merepotkan orang lain, serta kita tidak bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti hari-hari biasa.

Maka dari itu, perbanyaklah membaca doa supaya penyakit yang ada di dalam tubuh kita segera pulih dan kita bisa cepat sembuh serta kembali bekerja atau belajar di sekolah secara normal.

Baca : Doa Minum Obat Arab Latin dan Artinya

Di sini kita akan menuliskan doa-doa yang dapat dilafalkan saat sedang sakit, ketika kesakitan, menderita, tidak kuat menahan penyakit dan berusaha pasrah akan keputusan-Nya.

Hadits Tentang Penyakit

Tidak selamanya penyakti buruk, ada beberapa berkah atau hikmah dibalik sakit yang kita derita. Beberapa diantaranya telah diriwayatkan oleh Imam Muslim.

مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ شَوْكَةٍ فَمَا فَوْقَهَا إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً أَوْ حَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً

Artinya :
“Tidak ada satupun musibah (cobaan) yang menimpa seorang muslim berupa duri atau yang semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya.”

Dalam hadits di atas dijelaskan bahwa penyakit merupakan sebuah cobaan yang menimpa manusia. Namun setelah sakit, Allah Ta’ala akan meninggikan orang-orang yang merenung dan berusaha memperbaiki diri.

Dalam riwayat lain dijelaskan bahwa penyakit bisa menjadi salah satu hal yang membuat dosa seorang manusia dihapus. Berikut adalah hadits penyakit merupakan penghapus dosa ooleh Imam Bukhari dan Muslim.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللَّهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

Artinya :
“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.”

Benar bahwa penyakit adalah musibah yang dapat menggugurkan dosa, namun itu tidak serta merta apabila dalam hati seseorang tidak ikhlas dan sabar menerima penyakit.

Sifat sabar tidak hanya diuji keitka orang sakit, namun juga saat telah sembuh. Apakah dia memperbanyak membaca doa saat sakit atau justru makin menjauh dan membenci Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

Intinya kita harus sabar dan ikhlas menerima setiap keputusan dari Allah SWT. Yakinlah dan terus berpikir positif karena setiap penyakit pasti ada obatnya, sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini.

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ فإذا أُصِيبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللَّهِ عز وجل

Artinya :
“Setiap penyakit ada obatnya, jika obat itu sesuai dengan penyakitnya, akan sembuh dengan izin Allah Azza wajalla.”

Bacaan Doa Ketika Sakit Agar Cepat Sembuh

doa ketika sakit
doa ketika sakit

Ada beberapa doa yang biasa diucapkan Rasulullah SAW ketika sedang sakit, saat menderita penyakit, jika berhadapan dengan orang sakit, menjenguk orang sakit, doa minta kesembuhan, dan lain-lain.

Selain itu ada juga doa supaya penyakit segera diangkat, doa lekas sembuh, doa mohon kesembuhan, doa agar tidak sakit, doa supaya tubuh kembali sehat dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa teks, lafadz kalimat bacaan doa ketika sakit supaya cepat sembuh dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Rasulullah SAW Untuk Kesembuhan

Ini adalah doa yang biasa dibaca Baginda Rasul saat sakit, untuk keluarga, diri sendiri, orang tua, anak, istri, suami ataupun saudara dan teman.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa isyfi antas syaafi laa syaafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman.

Artinya :
“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

2. Doa Untuk Ruqyah

Nabi Muhammad SAW membaca doa berikut ini ketika meruqyah seseorang. Dalil doa ketika sakit ini berasal dari Al-Adzkar An-Nawawi.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban naasi bi yadikas syifaa’u laa kaasyifa lahuu illaa anta.

Artinya :
“Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”

3. Doa Di Hadapan Orang Sakit

Ini adalah doa yang dibaca saat bertemu atau berjumpa dengan orang yang tengah sakit. Dibaca 7 kali, bersumber dari Al-Adzkar milik Imam An-Nawawi.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullaahal azhiima rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya :
“Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

4. Doa Minta Kesembuhan Saad

Jika ingin menyebut nam orang yang sakit dalam doa, kita bisa mencontoh doa ini. Doa yang dibaca saat Nabi menjenguk Saad bin Abi Waqqash berdasar riwayat Imam Muslim berikut ini.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allaahummasyfi Sa’dan. Allaahummasyfi Sa’dan. Allaahummasyfi Sa’dan.

Artinya :
“Tuhanku, sembuhkan Sa’ad. Tuhanku, sembuhkan Sa’ad. Tuhanku, sembuhkan Sa’ad.”

5. Doa Agar Diangkat Penyakitnya

Doa berikut ini diriwayatkan oleh Rasul ketika menjenguk orang Badui yang demam. Lafadz doa supaya penyakit segera diangkat ini berasal dari hadits shahih Imam Bukhari dan Ibnu Abbas.

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Laa ba’sa thahuurun insyaa’allaahu.

Artinya :
“(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah.”

6. Doa Supaya Cepat Sembuh

Doa ini dibaca agar orang yang sakit cepat disembuhkan serta doa pengampunan atas dosa yang pernah dilakukan. Bersuber dari Al Adzkar karya Imam An-Nawawi.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii dīnika wa jismika ilaa muddati ajalika.

Artinya :
“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Adab Ketika Sakit Dalam Islam

orang yang sakit masilhah manusia. Hanya saja kondisi tubuh mereka yang tidak sebugar orang lain. Namun tetap saja, mereka tidak hidup sendiri melainkan tumbuh dan dikelilingi banyak orang yang lainnya.

Maka dari itu, baik saat tengah sakit pun, seorang muslim yang baikharus tetap menjaga adab, tata krama dan sopan santun. Dalam Islam pun diajarkan demikian.

Berikut adalah hal-hal sikap dan sifat yang perlu dijaga ketika sedang sakit menurut agama Islam, sebagai seorang muslim laki-laki atau muslimah perempuan.

  • Pertama, selalu berprasangka baik bahwa Allah SWT menurunkan penyakit untuk cobaan, bukan azab atau bencana.
  • Yakin bahwa tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan, selalu ada obat dan peluang bagi mereka yang terus berdoa menyebut nama Allah SWT.
  • Ikhlas dan siap menerima apa saja keputusan dari Allah SWT, termasuk kemungkinan terburuknya.
  • Merenung ketika sakit, mungkin ada perbuatan dosayang pernah diperbuat atau janji yang belum ditebus.
  • Selalu memposisikan diri diantara takut (khauf) dan harao (raja’).
  • Sekalipun sakit bertambah parah, tetap tidak boleh mengharapkan kematian.
  • Jika memiliki tanggungan, maka segeralah tunaikan dan lunasi.
  • Orang-orang yang sakit sudah seharusnya cepat-cepat membuat wasiat.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan mengenai doa sakit memohon kesembuhan kepada Allah SWT, semoga yang memperbanyak doa dapat segera diangkat penyakitnya dan dijauhkan dari kambuh atau penyakit menular lainnya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *