Doa Sebelum dan Sesudah Makan Minum Lengkap

By | Agustus 21, 2019
doa sebelum dan sesudah makan

Bacaan doa ketika sebelum dan sesudah makan serta minum arab latin dan artinya lengkap.

Doagama.com – Doa sebelum dan sesudah makan minum lengkap. Setiap hari tubuh kita memerlukan energi dan nutrisi yang cukup agar dapat kuat menjalani aktifitas sehari-hari.

Energi diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi baik saat sarapan, makan siang maupun makan malam atau yang bahasa inggrisnya dinner. Makanan yang kita konsumsi merupakan karunia dari Allah SWT.

Bahkan bisa dibilang bahwa kita sangat-sangat beruntung apabila telah makan dengan cukup minimal tiga kali sehari karena di luar sana sangat banyak orang-orang yang bahkan sudah tidak makan selama tiga hari.

Untuk itu sebagai seorang manusia kita tidak boleh membuang-buang makanan. Usahakan makan sedikit namun habis dan bila kurang boleh nambah dari pada buang-buang makanan mubadzir.

Untuk itu sudah sepantasnya sebagai muslim kita berdoa mengucap syukur atas makanan yang dihidangkan di depan kita dan disantap masuk ke perut kita sehingga menjadi tenaga yang menguatkan tubuh.

Hadits Membaca Doa Makan

Sejak kecil kita dikenalkan dengan bacaan doa menyantap makanan yang berbunyi “Allahumma barik lana..” dan seterusnya. Sebenarnya dari mana sih doa tersebut berasal?

Ternyata doa ketika mau memakan sesuatu tersebut awalnya dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut sesuai dengan hadits At Thabrani dalam Ad Du’a nomor 888 yang berbuni sebagai berikut.

حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْحَاقَ التُّسْتَرِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ أَبِي زُرْعَةَ الدِّمَشْقِيُّ، قَالَا: ثنا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى بْنِ سُمَيْعٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي الزُّعَيْزِعَةِ، حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ فِي الطَّعَامِ إِذَا قُرِّبَ إِلَيْهِ: «اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللَّهِ»

“Al Husain bin Ishaq At Tustari dan Muhammad bin Abi Zur’ah Ad Dimasyqi, mereka berdua berkata, Hisyam bin ‘Ammar mengatakan kepadaku, Muhammad bin Isa bin Sumay’i mengatakan kepadaku, Muhammad bin Abi Az Zu’aizi’ah mengatakan, ‘Amr bin Syu’aib mengatakan kepadaku, dari ayahnya (Syu’aib bin Muhammad As Sahmi), dari Abdullah bin ‘Amr radhiallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam: Bahwa beliau ketika hendak makan dan hidangan didekatkan kepada beliau, beliau berdoa: Alloohumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa waqinaa ‘adzaabannaar (Ya Allah berkahilah makanan yang telah engkau karuniakan kepada kami, dan jauhkanlah kami dari api neraka). Bismillah.”

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa makanan dan minuman yang dapat memberi kekuatan bagi tubuh kita untuk bekerja.

Bacaan Doa Makan Arab Latin dan Artinya

Tidak hanya doa sebelum menyantap makanan, setelah selesai makan dan minum pun kita juga perlu berdoa untuk mengucap syukur atas makanan yang sudah masuk ke perut kita semoga menjadi berkah.

Disamping itu, karena membaca doa saat memakan makanan merupakan hal yang diutamakan, saat kita lupa membacanya di awal maka boleh mambaca doa ketika lupa membaca doa memakan sesuatu.

Jadi, di sini terdapat empat macam doa yang masing-masing dapat kita ucapkan ketika tengah sarapan, makan siang saat istirahat di kantor, makan bersama keluarga dan sebagainya.

1. Doa Sebelum Makan

doa sebelum makan
doa sebelum makan

Doa ini dibaca saat sebelum memakan sesatu. Berikut adalah lafadznya dalam tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar.

Artinya :
“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

2. Doa Sesudah Makan

doa sesudah makan
doa sesudah makan

Setelah selesai makan, ucapkanlah doa berikut ini yang dirangkum dari runimas.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alnaa muslimiin.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.”

3. Doa Ketika Lupa Membaca Doa Makan

Saat lupa membaca doa sebelum mengonsumsi makanan dan tiba-tiba ingat ketika sedang makan, maka bacalah doa berikut ini.

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”

4. Doa Setelah Minum

Saat selesai minum, meskipun tidak dibarengi dengan makan silahkan bacalah teks doa berikut ini.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzbam furaatam birahmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

Adab Saat Makan Dalam Islam

Sebagai seorang manusia dan muslim, saat makan kita perlu memerhatikan adab-adabnya, terutama saat makan bersama orang lain baik itu keluarga, saudara, pacar, kekasih atau sebagainya.

Agar mereka tidak terganggu dengan tingkah kita serta untuk membuat suasana makan menjadi menyenangkan. Berikut adalah adab atau tata cara makan dalam Islam.

  • Pertama membaca doa saat sebelum dan sesudah makan serta ketika lupa.
  • Makan makanan yang berada di posisi leih dekat dengan Anda.
  • Makan dengan menggunakan tangan kanan.
  • Makan secukupnya, tidak berlebihan dan kalau bisa berhenti makan sebelum kenyang.
  • Tidak makan sambil bersandar, makanlah sambil duduk dengan posisi badan tegak.
  • Makan dari bagian bawah piring terebih dahulu kemudian diakhiri dengan bagian pinggirnya.

Akhir Kata

Itulah penjelasan soal doa makan baik bacaan doa sebelum dan sesudah makan atau minum air, doa ketika lupa membacanya dalam islam, sesuai sunnah, lengkap, doa mau makan mp3, download, obat dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *