DOA MALAM LAILATUL QADAR : Arab, Latin, Terjemahan

By | Juni 10, 2019
doa malam lailatul qadar

Amalan dan doa malam lailatul qadar lengkap, dzikir dan doa datangnya lailatul qadar

Doagama.com – Doa malam lailatul qadar. Pada bulan Ramadhan, terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, yakni malam lailatul qadar. Pada malam tersebut seluruh malaikat turun ke bumi untuk melihat hamba Allah SWT yang sedang beribadah.

Maka pada malam tersebut, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk melakukan amalan dan membaca doa khusus pada malam seribu bulan karena jika kita meraihnya, maka akan sangat banyak keutamaan atau berkah yang kita dapat.

Pada artikel ini saya ingin menulis doa yang dibaca pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan untuk menggapai lailatul qadar lengkap dengan keutamaan dan amalan yang dikerjakan saat lailatul qadar.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Berikut adalah keutamaan atau hikmah beribadah dan membaca doa saat lailatul qadar.

  • Lailatul qadar merupakan malam diturunkannya al-Quran.
  • Malam yang lebih baik dari 1000 bulan.
  • Lailatul qadar adalah malam yang penuh berkah.
  • Seluruh malaikat, termasuk Jibril turun ke bumi.
  • Lailatul qadar disifati salam, yaitu kesejahteraan sampai terbit fajar.
  • Merupakan malam dicatatnya takdir tahunan.
  • Dosa setiap orang yang menghidupkan lailatul qadar akan diampuni.

Doa Malam Lailatul Qadar

Berikut adalah bacaan doa yang diucapkan ketika lailatul qadar tiba pada 10 hari terakhir bulan puasa Ramadhan ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia dirangkum dari Yukampus.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku.”

Karena kita tidak tahu kapan malam lailatul qadar datang, maka sebaiknya ucapkan doa tersebut dan lakukan amalan berikut pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Wallahualam.

Amalan Malam Lailatul Qadar

Selain berdoa, berikut adalah amalan yang sangat dianjurkan dikerjakan pada malam lailatul qadar agar ketika malaikat datang ke bumi, banyak amalan baik kita yang tercatat.

1. Memperbanyak Taubat

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Tidak sedikit perbuatan buruk yang kita lakukan baik disengaja maupun tidak. Memperbanyak taubat dan memohon ampun kepada Allah SWT pada malam ini, berkahnya sangat luar biasa.

2. Melakukan Iktikaf

Iktikaf adalah kegiatan berdiam diri di masjid semata-mata untuk beribadah hanya kepada Allah SWT. Syarat untuk melakukan iktikaf adalah Islam, baligh, suci dari hadats besar dan kecil.

3. Membaca al-Quran

Allah SWT sangat cinta kepada siapa saja yang rajin membaca Al-Quran. Apalagi jika dilakukan pada malam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, insyaallah pahalanya akan berlipat ganda.

4. Memperbanyak Doa

Bacalah doa malam lailatul qadar sebanyak mungkin, secara khusyu di tengah rangkaian ibadah malam lailatul qadar. Tidak ada batasan dan waktu khusus untuk mengucapkan doa tersebut.

5. Melaksanakan Sholat Malam

Laksanakan sholat malam pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan untuk menggapai lailatul qadar. Sholat malam yang dimaksud adalah sholat tahajud. Untuk tata cara dan ketentuan, silahkan baca artikel berikut.

Baca : Sholat Tahajud

Kesimpulan

Itulah Doa Malam Lailatul Qadar. Banyak dicari dengan kata kunci amalam malam lailatul qadar, surat lailatul qadar, doa ketika lailatul qadar, doa menyambut lailatul qadar dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *