Doa Masuk Kamar Mandi, WC atau Toilet Lengkap

By | Agustus 16, 2019
membaca doa masuk kamar mandi

Lafadz Teks Membaca doa ketika masuk kamar mandi, wc atau toilet sesuai sunnah arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa masuk kamar mandi, wc atau toilet lengkap. Sebagai umat muslim kita dianjurkan membaca doa pada saat akan mengerjakan dan mengakhiri sesuatu, termasuk ketika akan masuk ke kamar mandi, wc atau toilet.

Manusia menuju kamar mandi dengan tujuan untuk membersihkan diri, berwudhu, membuang air besar dan kecil, mencuci muka, menggosok gigi bahkan ada juga yang mencuci di kamar mandi.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya harus kita waspadai karena bisa saja terjadi kecelakaan di kamar mandi seperti terpeleset, sabun tidak sengaja masuk ke mata, tenggorokan tidak sengaja tertusuk saat menggosok gigi dan semacamnya.

Untuk itulah kita harus senantiasa meminta perlindungan Allah SWT agar dapat selamat ketika melakukan aktifitas di kamar kecil, wc maupun toilet karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Hadits Anjuran Berdoa Saat Masuk Kamar Mandi

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW selalu berdoa saat akan memasuki kamar mandi. Doa tersebut diucapkan untuk meminta perlindungan dari setan laki-laki ataupun perempuan.

Karena syaitan menyukai tempat-tempat yang tidak suci, penuh najis seperti kamar mandi, toilet atau WC. Maka dari itu membersihkan kamar mandi secara rutin juga merupakan sebuah ibadah.

Berikut adalah hadits atau dalil tentang anjuran membaca doa saat akan masuk kamar mandi yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya :
“Anas bin Malik Ra. Menuturkan jika Rosulullah SAW hendak masuk WC, beliau berdoa, ‘Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits’ ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan.” – (H.R. Muslim)

Baca : Doa Keluar Kamar Mandi

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi

doa masuk kamar mandi
doa masuk kamar mandi

Seperti membaca doa sehari-hari maka doa memasuki kamar mandi ini juga diucapkan dengan sungguh-sungguh untuk mengharap ridha dari Allah SWT.

Sumber doa ini datang dari hadits riwayat Bukhari Muslim yang sebelumnya telah disebutkan di atas. Kemudian teks doa ini diajarkan kepada anak-anak TK dan SD.

Sehingga pada saat sudah dewasa kita terbiasa dengan membaca doa berikut ketika ingin memasuki kamar mandi. Berikut adalah lafadz, teks dan bacaan doanya dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi.

Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran.”

Manfaat Berdoa Ketika Masuk Kamar Mandi

Jika masuk kamar mandi dengan tujuan mandi, maka Anda akan melepas seluruh pakaian sehingga aurat terlihat. Dengan membaca doa tersebut maka insyaallah syaitan dan jin tidak akan dapat melihat kita telanjang.

Selain itu saat melakukan aktifitas di dalam kamar mandi, mungkin ada saja kecelakaan yang mungkin terjadi. Hal-hal yang membuat tubuh kita sakit atau bahkan meninggal dunia bisa saja terjadi.

Untuk itu, membaca doa sebelum masuk kamar mandi juga bertujuan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka setidaknya kita telah mengucapkan doa terakhir dan semoga meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Adab Memasuki Kamar Mandi

Selain berdoa menurut ajaran Islam, sebagai manusia kita juga perlu menjaga sopan santun. Apalagi jika kita menggunakan kamar mandi, WC atau toilet umum yang digunakan banyak orang.

Ada beberapa adab ketika akan masuk ke kamar mandi, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Membaca doa untuk masuk kamar mandi yang diawali dengan bacaan basmallah agar terhindar dari godaan syaitan dan jin yang terkutuk.
  • Memasuki kamar mandi dengan kaki kiri terlebih dahulu karena kamar mandi adalah tempat najis dan syaitan bersemayam.
  • Pakailah alas kaki seperti sandal jepit untuk menghindari benar-benda tajam yang mungkin tidak terlihat.
  • Usahakan mandi dengan suara senyap, jangan bernyanyi atau mengeluarkan suara keras.
  • Jangan membawa Al-Quran, kitab maupun kertas yang terdapat bacaan Arabnya karena tempat tersebut tidak suci.
  • Usahakan jangan menjawab salam atau pertanyaan dari orang yang ada di luar kamar mandi.
  • Tutup pintu kamar mandi dengan rapat agar tidak ada orang yang mengintip.
  • Setelah BAB, PUP atau kencing, bersihkan toilet dengan air sehingga tidak meninggalkan bekas sampah dan semacamnya.

Akhir Kata

Itulah doa masuk kamar mandi, wc toilet atau kamar kecil bahasa arab, latin dan terjemahannya sesuai sunnah, pendek, doa masuk wc, untuk anak sd, tk, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *