Doa Masuk Masjid dan Mushola Lengkap

By | Agustus 19, 2019
bacaan doa masuk masjid

Bacaan doa masuk masjid dan mushola arab latin dan artinya lengkap.

Doagama.com – Doa masuk masjid dan mushola lengkap. Kita mengenal masjid sebagai rumah Allah, tempat di mana umat muslim menjalankan ibadah untuk mengharap pahala dan ridha-Nya.

Begitu pula dengan mushola, meskipun tempatnya lebih kecil, namun itu sama-sama tempat yang suci yang sudah seharusnya kita jaga kebersihannya agar orang-orang merasa nyaman beribadah di sana.

Ketika masuk masjid, sudah sepantasnya kita membuang segala pikiran buruk, jorok dan negatif karena Allah SWT tidak suka. Sebenarnya di mana pun kita tidak boleh melakukannya.

Namun yang namanya manusia, ya pasti tidak akan luput dari kesalahan. Untuk itu, sebisa mungkin minimal apabila berada di masjid atau mushola saja, usahakan jangan memikirkan hal-hal yang kotor.

Hadits Membaca Doa Masuk Masjid

Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk mengawali dan mengakhiri sesuatu dengan berdoa karena melalui doa, kita dapat memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Kenapa kita harus minta tolong padahal di rumah Allah Ta’ala? Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Bisa saja terjagi hal-hal yang baik dan juga sebaliknya.

Bisa saja kita keluar dari masjid untuk pulang ke rumah atau bahkan masjid dan mushola yang kita masuki menjadi tempat terakhir kita membuka mata.

Untuk itu, biasakanlah membaca doa sebelum masuk ke masjid atau mushola. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berbunyi sebagai berikut.

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya :
“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” – (HR. Muslim 713).

Selain itu, melafalkan doa ketika saat masuk masjid juga dibahas dalam ayat Al-Quran berikut ini.

“Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.”

– (QS 72:18, Al Jin)

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

– (QS 9:18, At Taubah)

Doa Masuk Masjid

doa masuk masjid
doa masuk masjid

Dalam hadist di atas telah jelas bagaimana bacaan doa ketika melangkahkan kaki ke dalam masjid. Bacalah doa tersebut setiap kali memasuki masjid dan mushola untuk beribadah seperti sholat, berdzikir atau mengaji.

Selain itu, sebagai seorang Islam kita sangat dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum memasuki masjid karena masjid adalah tempat yang suci, jangan sampai tubuh kita yang penuh najis mengotorinya.

Baca : Bacaan Doa Wudhu Membasuh Anggota Tubuh

Berikut adalah teks, lafadz, tulisan atau bacaan doa sebelum masuk masjid lengkap tulisan arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia. Doa yang dibaca saat memasuki masjid atau mushola.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya :
“Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu”

Adab Sebelum Masuk Masjid

Sebagai tambahan, ketika sebelum atau saat sudah masuk ke dalam masjid, kita harus menjaga sikap dan sopan santun. Karena bagaimanapun juga masjid atau mushola adalah fasilitas umum.

Tidak hanya ktia yang menggunakan, melainkan juga banyak yang lainnya sehingga sudah sepantasnya kita tidak membuat onar atau keributan di dalam masjid atau musholla.

Berikut adalah beberapa adab atau cara masuk masjid yang utama.

1. Mendahulukan Kaki Kanan

Karena masjid adalah tempat yang mulia, maka sebaiknya kita masuk dengan mendahulukan kaki kanan. Sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang selalu memasuki masjid untuk sholat.

2. Membaca Doa Masuk Masjid

Sepeti yang dijelaskan di atas bahwa membaca doa masuk masjid merupakan sebuah amal yang bernilai ibadah selain itu juga untuk memohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT atas kemungkinan hal yang tak terduga.

3. Sholat Sunnah Dua Rakaat

Yang ketiga adalah sholat sunnah dua rakaat. Yang dimasud di sini bukan sholat rawatib, melainkan sholat tahiyatul masjid sebelum adzan sholat wajib berkumandang.

Sholat sunnah tahiyatul masjid dikerjakan sebanyak dua rakaat dan memiliki manfaat atau keistimewaan yang luar biasa. Selain itu kita juga dapat menunaikan sholat wudhu sebagai amalan tambahan.

Akhir Kata

Itulah dia doa masuk masjid sesuai sunnah, yang panjang, pendek, nabawi, anak tk, doa memasuki masjid sesuai hadist shahih, stiker, desain, doa masuk masjidil haram, beserta maknanya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *