Doa Masuk Pasar, Mall, Pusat Perbelanjaan Arab dan Artinya

By | September 6, 2019
doa ketika masuk pasar

Teks bacaan doa ketika masuk pasar, mall, supermarket, minimarket, atau pusat perbelanjaan bahasa arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa masuk pasar, mall, pusat perbelanjaan arab dan artinya. Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli guna melaksanakan transaksi finansial.

Transaksi yang dilakukan di pasar dapat menggunakan uang tunai, kartu debit maupun secara elektronik yang akhir-akhir ini berkembang di Indonesia dengan begitu pesat.

Yang disebut pasar bukan hanya pasar tradisional yang kerap kita kunjungi ketika berbelanja kebutuhan pokok seperti sayur-sayuran, ikan, lauk-pauk, beras, bumbu masakan dan sebagainya.

Melainkan yang dinamakan pasar ialah termasuk pasar modern seperti supermarket, mall, departemen store, ataupun minimarket yang paling terkenal adalah alfamart dan indomaret.

Ada juga pasar yang hanya ada di hari-hari tertentu, minggu-minggu tertentu maupun satu tahun sekali, contohnya adalah Pekan Raya Jakarta. Semuanya disebut dengan pasar atau tempat jual beli.

Pasar merupakan tempat yang ramai. Oleh karena itu lokasi tersebut menjadi rawan tindak kejahatan. Seperti pencopetan, penjambretan maupun pencurian.

Oleh karena itu, kita haruslah selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT seperti yang kita lakukan pada saat hendak akan melakukan atau ingin mengakhiri sesuatu.

Berdoa saat akan masuk pasar adalah hal yang perlu dilakukan supaya Allah Ta’ala melindungi kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, menjauhkan dari segala marabahaya dan kejahatan.

Bahkan, doa saat ingin masuk pasar ada haditsnya sendiri. Dalil doa ketika masuk pasar, mall, atau tempat keramaian telah diriwayatkan oleh salah satu sahabat terdekat Nabi, Umar bin Khatab RA.

Hadits Berdoa Ketika Masuk Pasar

Nabi Muhammad SAW merupakan pedangang, oleh karena itu beliau kerap mengunjungi pasar untuk berjualan. Kadang ia bepergian sendiri namun kadang juga ditemani istrinya, Siti Khadijah.

Setiap hendak berangkat ke pasar, menurut Umar bin Khatab, Baginda Rasul sering mengucapkan doa singkat untuk memohon berjuta kebaikan dan menghapus sejuta keburukan.

Berikut adalah hadits atau dalil yang menjadi dasar ditetapkannya doa memasuki pasar.

مَنْ دَخَلَ سُوقاً مِنَ الأَسْوَاقِ، فَقَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ، وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ

Artinya :
“Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca: Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir. Siapa yang membaca doa di atas ketika masuk pasar, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.”

Penjelasan dari hadits masuk pasar tersebut adalah bahwa jika ada seorang muslim atau musimah yang membaca doa tersebut ketika masuk pasar, maka Allah SWT akan memberikannya satu juta kebaikan.

Selain itu, Sang Pencipta juga akan menghapuskan satu juta keburukan dan dosa yang pernah kita buat selama hidup di bumi. Mengapa doa tersebut sangat istimewa?

Karena doa tersebut dibaca saat berada di dalam pasar, yang mana merupakan tempat berkumpulnya banyak orang di kerumunan. Di mana orang-orang di sana banyak yang melupakan Tuhan dan sibuk dengan urusan duniawinya.

Ketika banyak yang lupa agama, lupa akan Allah SWT, namun ada segelintir orang yang masih mengingatnya, kemudian ia membaca doa dan dzikir masuk pasar, sungguh perbuatan yang sangat mulia.

Saat ada hamba Allah SWT yang melakukan hal demikian, maka ketaqwaan dan keimanannya kepada Allah akan meningkat dan semakin tinggi.

Bacaan Doa Ketika Masuk Pasar

doa masuk pasar
doa masuk pasar

Doa masuk pasar, mall, dan pusat-pusat keramaian ini ada banyak macam. Selain doa yang berdasar hadits sebelumnya, ada juga doa-doa pendek yang dapat dibaca saat sedang ada di tengah pasar.

Doa-doa masuk pasar yang ringkas yang dimaksud adalah doa yang diriwayatkan oleh At-Thabrani melalui hadits shahihnya. Sehingga dapat menjadi amalan tambahan saat berbelanja di pasar.

Membaca doa saat menginjakkan kaki di pasar haruslah dilakukan dengan fokus. Tidak boleh dibaca sambil main-main apalagi dengan mengubah satu dua kata di dalamnya.

Ya, meskipun doa ini bukanlah doa wajib yang harus dibaca, namun karena esistensinya untuk meminta sesuatu kepada Allah, sudah selayaknya dibaca dengan tulus.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa masuk pasar, mall, supermarket, pusat keramaian, perbelanjaan, atau minimarke tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya :
“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa Masuk Pasar Hadits Shahih

لَا إِلَـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah lahulmulku walahulhamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoiir wa huwa ‘alaa kulli syai’in qodiir.

Artinya:
“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Adab Ketika Masuk Pasar

Pasar adalah tempat publik atau fasilitas umum, yang artinya bukan hanya kita yang melakukan aktifitas di dalamnya, melainkan banyak puluhan bahkan ratusan hingga ribuan orang lainnya.

Maka dari itu, ketika ada di dalam pasar sudah sepantasnya kita menaati peraturan-peraturan yang belaku. Untuk menghindari masalah dan tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.

Selain itu, sebagai manusia dan seorang muslim yang baeagama Islam, saat sedang belanja di pasar kita harus mematuhi adab-adab atau tata cara berbelanja di pasar yang baik.

Berikut adalah beberapa adab ketika masuk, sedang berada di pasar, berbelanja maupun saat hendak meninggalkan pasar dan pulan ke rumah menurut Islam.

  • Pertama adalah berdzikir, yakni membaca doa masuk pasar seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Tidak berlama-lama di pasar, sebab di dalamnya terdapat banyak sekali maksiat, pecurangan, penipuan, perbuatan yang sia-sia dan amal kebaikan yang sedikit.
  • Menjaga akad, yakni tidak mengungkit soal pembayaran barang yang telah disepakati antara pihak penjual dan pembeli.
  • Masuk karena kebutuhan, yakni untuk belanja kebutuhan sehari-hari, bukan untuk foya-foya atau berbuat kedzaliman.
  • Selalu ramah dan bersikap baiklah kepada setiap pengunjung atau penjual dan pembeli yang ada di dalam pasar, karena sejatinya kita sama-sama cucu Nabi Adam AS.
  • Menjaga pandangan, khususnya bagi laki-laki dan perempuan baligh yang sudah mengetahui mana zina dan mana bukan.
  • Menggunakan pakaian yang sopan, untuk wanita diharuskan mengenakan hijab atau jilbab untuk menjaga aurat.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang harus kita patuhi ketika berbelanja di pasar tradisional maupun modern.

Akhir Kata

Sekian doa masuk pasar yufid, market, ketika membeli belah, doa saat belanja di pasar, mall, supermarket, dan lain-lain. Semgoa membantu kita semua. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *