Doa Masuk Rumah Sendiri atau Orang Lain Lengkap

By | Agustus 20, 2019
bacaan doa masuk rumah

Bacaan doa ketika masuk rumah sendiri atau orang lain untuk bertamu arab latin dan artinya lengkap.

Doagama.com – Doa masuk rumah sendiri atau orang lain lengkap. Kita ketahui bersama bahwa rumah adalah tempat tinggal di mana kita dapat berlindung dari hujan, dinginnya malam serta tempat berkumpul berasama keluarga tercinta.

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia di mana menjadi tempat beristirahat dan tidur setelah lelah bekerja, sekolah dan menjadi tempat bermain bersama saudara, adik dan orangtua.

Rumah juga menjadi tempat pertama kita menyiapkan segala sesuatu seperti mandi, sarapan, belajar hingga beribadah kepada Allah SWT. Memiliki rumah yang nyaman adalah dambaan semua orang.

Rumah menjadi tempat yang kita jaga kesuciannya, baik yang berada di komplek, perumahan, kampung halaman atau desa, berbentuk apartemen, hotel sama-sama disebut sebagai tempat tinggal.

Karena rumah adalah tempat yang suci maka sudah sepantasnya kita berdoa sebelum memasukinya. Bahkan ketika di rumah tidak ada orang pun kita harus mengucapkan doa dan salam.

Baca : Doa Keluar Rumah

Hadits Berdoa Ketika Masuk Rumah

Membaca doa sebelum masuk rumah telah diriwayatkan dalam sebuah hadist oleh Imam Bukhari nomor 2018. Dalam haditsnya, Imam Bukhari menyebut bahwa Nabi Muhammad SAW mengajurkan umatnya berdoa ketika dia masuk rumah.

Berikut adalah hadits yang dijadikan dalil untuk membaca doa masuk rumah sesuai sunnah menurut Islam.

“Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), ‘Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.’ Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), ‘Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, ‘Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam’.”

– (H.R. Bukhari 2018)

Selain itu di dalam salah satu ayat Al-Quran juga dijelaskan bahwa umat muslim disunnahkan mengucapkan salam ketika mau masuk rumah. Yakni terdapat pada surat An-Nur ayat 61 berikut ini.

“Maka apabila kamu memasuki salah satu rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.”

– (Q.S. An-Nur ayat 61)

Bacaan Doa Ketika Masuk Rumah

doa masuk rumah
doa masuk rumah

Dari hadits diatas kita ketahui bahwa terdapat anjuran untuk membaca doa ketika masuk rumah. Tidak hanya itu, umat Islam juga disunnahkan melafadzkan doa setiap akan memulai dan mengakiri sesuatu.

Doa memasuki yang diucapkan kepada Allah SWT bertujuan untuk memohon perlindungan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi kepada kita saat memasuki rumah.

Selain itu, doa akan masuk rumah juga dibacakan agar tempat yang kita tinggali diberkahi oleh Allah SWT begitu pula dengan penghuninya serta dijauhkan dari syaitan.

Berikut adalah teks lafadz bacaan doa untuk masuk rumah dalam tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Memasuki Rumah Panjang

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Alloohumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa ‘alallohi robbinaa tawakkalnaa.

Artinya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

2. Doa Memasuki Rumah Pendek

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina.

Artinya :
“Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh.”

Adab Memasuki Rumah

Ketika memasuki rumah sendiri maupun masuk rumah orang lain atau bertamu, sebagai seorang manusia tentu kita harus mematuhi adab-adab ketika bertamu.

Hal ini dilakukan untuk menjaga sopan santun jika emngunjungi rumah orang lain atau kesucian rumah sendiri karena syaitan sangat suka menghuni rumah-rumah yang penguni di dalamnya tidak menjaga sopan santun.

Baik untuk memasuki rumah pribadi maupun bertamu, berikut adalah hal-hal atau adab yang perlu diperhatikan.

1. Mengetuk Pintu Tidak Terlalu Keras

Pertama adalah mengetuk pintu terlebih dahulu agar orang yang di dalam rumah tahu akan ada tamu atau orang yang masuk karena ada beberapa orang yang tidak ingin rumahnya dimasuki secara langsung tanpa ketuk pintu.

2. Mengucapkan Salam

Jika pintu sudah dibuka oleh pemilik rumah atau orang yang sedang berada di dalam, maka ucapan pertama yang dibac adalah salam yakni “Assalamualaikum wr.wb.

3. Berdoa Ketika Memasuki Rumah

Kemudian membaca doa untuk masuk rumah seperti yang dijelaskan sebelumnya agar baik rumah maupun penghuninya diberkahi oleh Allah SWT dan dijauhkan dari syaitan yang terkutuk.

4. Mendahulukan Kaki Kanan

Terakhir adalah mendahulukan kaki kanan sebelum masuk rumah karena tempat tinggal adalah wilayah yang lebih suci dari hadats dan najis dibanding dunia luar.

Akhir Kata

Itulah doa masuk rumah menurut islam, baru, oki setiana dewi, download doa masuk rumah sesuai sunnah, arab latin dan artinya, vektor, bacaan, imam syafi’i, adan, kembali ke rumah.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *