DOA MELAYAT/TAKZIYAH : Arab, Latin, Terjemahan

By | Juni 13, 2019
doa melayat takziyah

Doa ketika melayat, doa saat takziyah, doa ketika melihat orang meninggal

Doagama.com – Doa melayat atau takziyah. Melayat atau bertakziyah merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara berdoa memohon kepada Allah SWT terhadap kebaikan-kebaikan di akhirat bagi orang yang baru meninggal.

Takziyah atau melayat bisa dilakukan sebelum jenazah atau mayit dikebumikan maupun setelah dikubur di dalam tanah selama tiga hari berturut turut. Meninggalnya seseorang tentu merupakan sebuah kesedihan bagi orang lain.

Mendoakan agar dia yang meninggal mendapat tempat terbaik dan diampuni dosanya kepada Allah SWT adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan untuk membantunya di akhirat.

Baca : Doa Sholat Mayit Jenazah

Pada artikel ini saya akan menuliskan doa melayat atau takziyah yang ditulis dengan tulisan Arab, tulisan latin dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu saya juga akan menuliskan keutamaan dan jangka waktu untuk takziyah. Silahkan disimak.

Keutamaan Melayat/Takziyah

Keutamaan atau manfaat dari takziyah tentu banyak sekali. Bagi orang yang meninggal, bagi keluarga atau saudara yang ditinggalkan, bagi diri kita, dan bagi umat muslim pada umumnya. Berikut adalah keutamaan dari melayat atau takziyah.

  • Mengingatkan diri sendiri akan kematian
  • Memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan
  • Mempererat tali silaturahmi
  • Menunaikan kewajiban sebagai umat muslim
  • Sebagai sarana belajar bagaimana seharusnya mengurus jenazah

Dan masih banyak lagi keutamaannya. Saking banyaknya saya tidak bisa menulis satu per satu. Namun itulah beberapa keutamaan paling bermanfaat ketika melayat atau takziyah.

Bacaan Doa Melayat/Takziyah

Berikut adalah bacaan doa untuk melayat ketika melihat orang meninggal dunia di rumah duka maupun di pemakaman atau kuburan. Silahkan disimak pada masing-masing penulisan berikut.

Doa Melayat/Takziyah Singkat

أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ وَغَفَرَ لمَيِّتِكَ

A‘dlamaLlâhu ajraka wa ahsana ‘azâ’aka wa ghafaraka li mayyitika.

Artinya:
“Semoga Allah memperbesar pahalamu, dan menjadikan baik musibahmu, dan mengampuni jenazahmu.”

Doa Melayat/Takziyah di Rumah Duka

إِنَّ لِلهِ تَعَالى مَا أَخَذَ وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى فمُرْهَا فَلْتَصْبرْ وَلْتَحْتَسِبْ

Inna liLlâhi taâlâ mâ akhadza wa lahu mâ a’thâ wa kullu syai-in ‘indahu bi ajalin musammâ famurhâ faltashbir wal tahtasib.

Artinya:
“Sesungguhnya Allah maha memiliki atas apa yang Dia ambil dan Dia berikan. Segala sesuatu mempunyai masa-masa yang telah ditetapkan di sisi-Nya. Hendaklah kamu bersabar dan mohon pahala (dari Allah).” (HR Bukhari dan Muslim)

Doa Ketika Bertemu/Melihat Mayit

سُبْحَانَ الْحَيِّ الَّذِىْ لاَيَمُوْتُ. اَللهُمَّ اغْفِرْلِهَذَاالْمَيِّتِ وَارْحَمْهُ. اَللهُمَّ اَنِسْ فِى الْقَبْرِ وَحْدَتَهُ وَغُرْبَتَهُ وَنَوِّرْ قَبْرَهُ

Subhaanal Hayyil Ladzii La Yamuutu Allohummaghfir Lihadzal Mayyit Warhamhu, Allohumma Aanis Fil Qobri Wahdatahuu Wa Ghurbatahuu Wa Nawwir Qobrohu.

Artinya:
“Maha Suci Allah Dzat yang maha Hidup yang tidak mati. Ya Allah, berilah ampunan kepada mayyit ini dan belas kasihanilah dia, ya Allah berikanlah kesenangan kepadanya dalam kubur sendirian dan dalam rantauan sersta sinarilah kuburnya”.

Jangka Waktu Takziyah

Menurut jamhur ulama, hukum melaksanakan takziyah lebih dari tiga hari adalah makruh. Berikut adalah haditsnya sesuai sabda dari Rasulullah SAW.

لَا يَحِلُّ لِامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ تُحِدَّ عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلَاثِ أَيَّامٍ إِلَّا عَلَى زَوْجٍ فَإِنَّهَا تُحِدُّ عَلَيْهِ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا

Artinya :
Tidaklah dihalalkan bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari Kiamat, untuk berkabung lebih dari tiga hari, terkecuali berkabung karena (ditinggal mati) suaminya, yaitu selama empat bulan sepuluh hari. [HR Bukhari, 2/78; Muslim, 4/202].

Namun ada juga sebagian ulama yang membolehkan bertakziyah kapan saja atau lebih dari tiga hari. Ini tidak perlu diperdebatkan, jalani sesuai keyakinan saja karena tujuannya sangat baik.

Akhir Kata

Itu dia Doa Melayar/Takziyah yang bisa saya tulis. Semoga bisa membantu untuk yang sedang mencari doa takziah ke rumah duka, doa takziah lengkap, doa takziyah kubur, doa melayat kerumah duka, dalil tentang takziah.Dirangkum dari situs NU.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *