Doa Melepas Pakaian Arab Latin dan Artinya

By | Agustus 22, 2019
doa melepas pakaian baju

Bacaan doa ketika melepas pakaian atau baju tulisan arab latin dan artinya.

Doagama.com – Doa melepas pakaian arab latin dan artinya. Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi. Jika aurat terlihat oleh yang bukan mukhrimnya maka hukumnya dosa dan masuk neraka menjadi ancaman yang serius.

Penutup tubuh atau aurat yang kita kenal adalah pakaian. Pakaian sendiri memiliki banyak arti lain. Contohnya dalam bahasa sansekerta artinya bhusana atau busana.

Busana merujuk pada jenis pakaian yang memiliki keindahan, istimewa semacam gaun pengantin, pernikahan, busana pesta, jas atau busana pada peragaan oleh model-model profesional.

Dalam pengertian lainnya dalam kehidupan sehari-hari, maka baju, kaos, celana, topi, dasi, sepatu, kaos kaki dan sandal juga merupakan bagian dari pakaian karena berfungsi menutupi bagian aurat dalam badan kita.

Ada pula pengertian lainnya yakni fashion yang merujuk pada jenis model pakaian yang kekinian atau modern. Biasanya ini sangat digandrungi oleh kawula muda khususnya perempuan yang baru beranjak dewasa.

Berpakaian merupakan kewajiban ketika keluar rumah, tidak mungkin kita bertemu orang dalam keadaan badan tidak tertutup satu helai benang pun. Selain merendahkan martabat diri sendiri, Allah SWT juga membencinya karena orang tersebut telah mengundang syaitan masuk ke pikiran orang lain.

Pakaian atau baju yang kita kenakan pun harus suci dari hadats dan najis. Selain itu kita juga wajib menjaga penampilannya maka jika pakaian, baju atau kaos sudah berkeringat, sebaiknya segera dilepas dan diganti dengan yang baru.

Hadits Berdoa Melepas Pakaian

Membuka baju berarti kita mengganti pakaian yang lusuh dengan yang baru namun sebelum itu boleh diselingi dengan mandi terlebih dahulu agar badan segar dan bersih sehingga pakaian baru yang akan kita kenakan tidak ikut tercampur bau keringat.

Melepas pakaian juga berarti menghilangkan najis yang menempel dalam baju atau kaos yang tujuannya adalah agar kita dapat kembali suci dalam fitrah untuk beribadah kepada Allah SWT seperti sholat, dzikir atau membaca Al-Quran.

Melepas pakaian juga bermakna bahwa kita akan menggunakan baju baru maka dari itu perlu didoakan agar pakaian baru yang kita ambil dari lemari dan kenakan kelak, dapat lebih berkah dari sebelumnya.

Pakaian merubah penampilan, membuat kesan kita di hadapan orang lain berubah dan tentu Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang menjaga penampilan.

Doa melepas pakaian ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkaar dan juga HR. At-Tirmidzi dan lainnya, Irwaa’ul Ghalil: 50, Shahihul Jaami’: 3/203 al-Albani.

سِتْرُ مَا بَيْنَ أعْيُنِ الجِْنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إِذَا وَضَعَ أَحَدُهُمْ ثَوْبَهُ أَنْ يَقُوْلَ: “بِسْمِ اللهِ الَّذِى َلااِلهَ اِلاَّ هُوَ

Artinya :
“Tabir yang menghalangi mata jin dan aurat Bani Adam tatkala salah seorang di antara mereka melepas pakaian adalah ucapan, “Bismillah…”

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa melafadzkan kalimat basmallah merupakan hal yang sangat penting dan perlu dilakukan ketika akan melepas pakaian.

Sebab mata jin dan aurata Bai Adam tidak akan terhalangi apapun bila seseorang di antara mereka melepas pakaian dan membuka baju kecuali dengan ucapan bismillah.

Bacaan Doa Melepas Pakaian

doa melepas pakaian
doa melepas pakaian

Doa ini bukanlah merupakan doa yang wajib dibaca oleh setiap muslim namun apabila melafadzkannya dan mengamalkannya dalam kegiatan melepas pakaian sehari-hari, maka derajat kita akan ditinggikan.

Bacalah doa berikut ketika hendak melepas pakaian, tepatnya sebelum membuka kancing baju pertama kemudian mulai turun ke bawah hingga melepas celana.

Untuk lafadz, tulisan atau bacaan doa melepas pakaian bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia. Bacalah doa berikut ketika membuka baju hendak tidur, mandi atau lainnya.

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ

Bismillaahil ladzii laailaaha illaa huwa.

Artinya :
“Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia.”

Doa merupakan tiang agama, semua umat muslim di dunia disunnahkan membaca bacaan atau teks doa setiap kali akan melakukan sesuatu dan ingin mengakhiri sesuatu.

Termasuk ketika melepas pakaian, maka bacalah doa singkaat di atas yang merupakan anjuran dari Rasulullah SAW secara langsung sesuai dengan hadits yang dijelaskan sebelumnya.

Adab Ketika Melepas Pakaian

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk membaca doa saat hendak melepas pakaian baik baju baru maupun lama. Namun selain itu kita juga perlu memerhatikan adab atau cara membuka baju.

Karena meskipun dalam kamar dan sedang sendiri, kita juga perlu menjaga sikap meskipun tidak ada orang yang melihat, namun Allah SWT beserta malaikat-malaikatnya selalu mengawasi kita.

Selain itu juga untuk mencegah kemungkinan terburuk yaitu ada orang iseng yang dengan sengaja mengintip saat kita melepas pakaian, berwaspadalah khususnya bagi perempuan-perempuan yang dirahmati Allah SWT.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melepas pakaian, bisa disebut juga dengan cara membuka baju dan celana.

  • Pertama adalah anjuran membaca doa sebelum melepas pakaian seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Kedua, menempatkan pakaian kotor ke mesin cuci atau tempat khusus lainnya, jangan diletakkan di atas kasur.
  • Bersegeralah ganti pakaian, jangan berlama-lama apalagi saat berhias karena Allah SWT tidak suka orang yang berlebih-lebihan.
  • Gunakan pakaian baru yang lebih bersih dari sebelumnya, pastikan juga suci dari hadats dan najis.
  • Usahakan menggosok pakaian terlebih dahulu agar tidak tampak kusut sehingga enak dipandang orang lain.
  • Memakai pakaian dalam sehingga keringat yang nantinya terserap tidak akan langsung menempel di pakaian utama.
  • Jangan lupa membaca doa berpakaian saat mengenaan baju, kaos, kemeja, jas, jaket atau semacamnya.

Itulah beberapa adab melepas dan memakai pakaian yang perlu muslim dan muslimah perhatikan, termasuk ketika melepas kerudung, jilbab, sarung, rok, kolor dan semacamnya.

Akhir Kata

Itulah bacaan doa melepas pakaian, baju, celana, kaos, kemeja, jaket, rok, kerudung, jilbab, hijab tulisan arab latin dan artinya beserta adab melepas pakaian serta hadits dan dalilnya.

Sebagai seorang muslim pun kita wajib menjaga saudara kita yang hendak melepas pakaian. Biasanya ini dilakukan siswa-siswa SD, SMP dan SMA setelah pelajaran olahraga dan hendak ganti baju ke OSIS atau pramuka.

Khususnya bagi para perempuan, sebaiknya jika pergi ke toilet untu ganti pakaian, ajaklah salah satu diantara mereka untuk berjaga di depan pintu toilet, kemudian bergantian setelah salah satunya selesai memakai baju.

Hal ini diupayakan untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin terjadi meski sebenarnya kita tidak berhak berprasangka buruk kepada orang lain, namun tidak salah juga apabila ingin antisipasi.

Sekian pembahasan bacaan doa pada hari ini, semoga lafadz doa yang disebutkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *