Doa Memulai Pekerjaan Arab Latin dan Artinya

By | Oktober 3, 2019
doa memulai pekerjaan sebelum bekerja

Bacaan doa memulai pekerjaan, sebelum bekerja dalam Islam bahasa Arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa memulai pekerjaan arab latin dan artinya. Bekerja merupakan kewajiban seorang manusia, terutama bagi laki-laki yang memiliki keluarga.

Seorang laki-laki yang berstatus sebagai kepala keluarga haruslah menafkahi anak dan istrinya, jika tidak maka ia akan mendapatkan dosa karena dianggap menelantarkan anak dan istrinya.

Pekerjaan yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan, kerja yang dilakoni harus merupakan pekerjaan yang halal, pekerjaan yang baik di mata syariat Islam.

Jangan sampai memberi makan anak dan istri kita dengan uang haram, itu sama sekali tidak berkah, justu akan menimbulkan penyakit bagi keluarga kita baik penyakit jasmani dan rohani.

Tidak hanya laki-laki, wanita pun perlu bekerja. Sebagiaman emansipasi wanita yang diperjuangkan R.A. Kartini, saat ini wanita boleh merintis karir dalam dunia kerja.

Bahkan telah banyak wanita-wanita yang berprestasi dalam dunia kerja, ada yang sampai menjadi pemimpin negara pula. Wanita yang masih single perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Dan setiap pekerjaan yang dilakukan haruslah diawali dengan doa. Doa dibaca ketka akan memulai pekerjaan, sebelum bekerja atau ketika hendak berangkat kerja.

Tujuannya agar Allah SWT melindungi kita selama perjalanan ke tempat kerja atau kantor agar selamat sampai tujuan, dilindugi dari godaan syaitan atau marabahaya selama bekerja dan dilancarkan urusan pekerjaannya.

Hanya kepada Allah SWT kita pantas berdoa, tidak da yang lain selain diri-Nya. Mintalah pertolongan kepada Allah SWT agar pekerjaan kita menjadi lancar, memiliki banyak berkah dan dapat memberi nafkah keluarga dengan cukup.

Bacaan Doa Ketika Memulai Pekerjaan

doa memulai pekerjaan
doa memulai pekerjaan

Di sini ada beberapa doa yang bisa dibaca sebelum bekerja, pada saat akan memulai pekerjaan, ketika hendak siap-siap berangkat kerja, dan sebagainya.

Seluruh doa yang ada di sini bersumber dari berbagai hadits shahih. Dan setiap doa memulai pekerjaan ini memiliki bayak keutamaan dan faedah luar biasa.

Baca : Doa Berangkat Kerja dan Pulang Kerja

Amalkan doa-doa berikut secara rutin setiap hari, insyaAllah pekerjaan kita akan dirahmati oleh Allah SWT, diberkahi dengan banyak rezeki, ditingkatkan jabatannya dan sebagainya.

Berikut adalah kumpulan teks lafadz bacaan doa ketika memulai pekerjaan, doa sebelum bekerja sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Memulai Pekerjaan Agar Lancar

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلىَ اللهِ وَاعْتَصَمْتُ بِااللهِ وَفَوَّضْتُ أَمْرِى إِلَى اللهِ حَسْبِىَ اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَةَإِلَّابِاللهِ اْلعَلِىِّ اْلعَظِيْمِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi wa tashamtu billaahi wa faw-wazhtu amri ilallaahi hasbiyallaahu wani’mal wakiilu walaa haula wallaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim.

Artinya :
“Dengan nama Allah, Aku mulai dan aku bertawakal kepada Allah, Aku berpegang teguh kepada Allah, dan aku menyerahkan kepada Allah, cukup Allah tempatku berpegang dan bertawakal, tidak ada yang lebih kuat dan kuasa, hanya Allah yang Maha Tinggi dan Maha Esa.”

2. Doa Memulai Pekerjaan Sesuai Sunnah

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika‘alayya‘inda kibari sinnii wanqithoo’i‘umrii. Alloohummakfinii bihalaalika‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika‘amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya :
“Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

3. Doa Pendek Sebelum Berangkat Kerja

اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

‘Alloohuma innii a’uudzubika an adhilla, au udholla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.’

Artinya :
“Ya Allah, sungguh aku berlindung kepadaMu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi.”

4. Doa Sebelum Memulai Aktivitas di Kantor

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمَلَك لله، وَالْحَمْدُ لله، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ، رَبِّ أَسْأَلُك خير ما في هذا اليوم وخير ما بعده وأعوذ بك من شر ما في هذه الليلة وشر ما بعدها ربِّ أعوذ بك من الكسل وسوء الكبر، ربَّ أعوذ بك من عذابٍ في النار وعذاب في القبر.

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as’aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya :
“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

Adab Bekerja Dalam Islam

Islam mengajarkan kita untuk bekerja dengan giat, sungguh-sungguh dan ikhlas. Selain itu, Islam juga mengajarkan agar kita tetap menjaga tata krama dan sopan santun ketika bekerja.

Saat seseorang sedang bekerja, ada adab yang perlu dipatuhi dan diperhatikan, kalau bisa dijalankan lebih baik sehingga pekerjaan tidak hanya menghasilkan uang saja, melainkan juga berkah dari Allah SWT.

Setidaknya ada 7 adab bekerja dalam Islam yang membuat kita menjadi pekerja yang bertanggung jawab. Berikut adalah adab-adab melakukan pekerjaan dalam Islam.

  • Bekerjalah secara ikhlas semata-mata karena mengharap ridha dari Allah SWT, artinya pekerjaan tidak dilakukan melulu soal melakukan kegiatan untuk menghasilkan uang, melainkan juga untuk shodaqoh, infaq, amal, dsb.
  • Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, karena dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa siapa saja yang bekerja dengan sungguh-sungguh pasti akan dicintai oleh Allah SWT.
  • Utamakan kejujuran dan amanah dalam bekerja, jangan sampai berlaku curang karena sama saja itu memberi uang haram kepada keluarga.
  • Memahami etika dan berperilaku sebagai seorang muslim mulai dari menjaga penampilan, pakaian, tutur kata bahasa dan lain-lain.
  • Tetap memegang teguh prinsip-prinsip syariah Islam, artinya jauhi pekerjaan yang melanggar syariat Islam.
  • Hindari kegiatan atau pekerjaan yang syuhbat, yaitu hal yang kehalalannya atau keharamannya masih diragukan.
  • Menjaga ukhuwah islamiyah selama dalam pekerjaan dan di luar pekerjaan bersama rekan-rekan kerja.

Akhir Kata

Itulah kumpulan doa bekerja memulai pekerjaan, doa sebelum melakukan kegiatan, doa memulai aktivitas pagi, doa sebelum bekerja secara umum, doa bersama sebelum bekerja, doa membuka pintu rezeki dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *