Doa Agar Mendapat Kedudukan yang Mulia (Nabi Nuh AS)

By | Agustus 9, 2019
doa agar mendapat kedudukan yang mulia

Bacaan doa agar diberi dan mendapat kedudukan yang mulia, tinggi, jabatan, pangkat baik, doa nabi nuh as.

Doagama.com – Doa agar mendapat kedudukan yang mulia nabi nuh as. Semua orang muslim tentu ingin mendapatkan kedudukan yang mulia di mata Allah SWT. Bahkan tak jarang yang beribadah terus menerus sepanjang hari demi memilikinya.

Mempunyai kedudukan yang tinggi dan mulia tentu merupakan dambaan semua orang, baik kedudukan di mata orang lain maupun dari pandangan Tuhan kita, Allah SWT. Itu juga merupakan bentuk ketaqwaan kita terhadap-Nya.

Namun sebelum masuk ke bacaan doanya, terlebih dahulu kita akan membahas sejarah dan asal usul doa memohon kedudukan ini. Kenapa bacaan doa ini disebut dengan doa Nabi Nuh.

Lalu, apa peristiwa yang melatarbelakanginya, bagaimana kemudian doa ini masuk menjadi ayat Al-Quran dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Doa Nabi Nuh AS

Dalam Al-Quran dikisahkan bahwa Nabi Nuh AS, Nabi ketiga umat Islam melafalkan doa agar beliau mendapat kedudukan yang lebih mulia dibanding sebelumnya.

Nabi Nuh AS membaca doa tersebut ketika berada di dalam perahu yang dipakainya untuk melewati bencana azab banjir yang menenggelamkan sebagian besar umatnya yang tidak mau tunduk kepada Allah SWT.

Kemudian Allah SWT mengabulkan permohonan Nabi Nuh dan memberikannya kedudukan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Baik kedudukan di mata Allah SWT maupun bagi manusia.

Doa tersebut kemudian dituliskan ke dalam Al-Quran, tepatnya Quran surat Al-Mukminun ayat ke-29. Bayangkan, Nabi Nuh yang kedudukannya sudah sangat tinggi dan mulia pun membaca doa ini, bagaimana kita yang kedudukan di mata Allah SWT masih belum tentu?

Sudah sepantasnya kita membaca doa ini, karena sebagai manusia biasa, bukan Nabi dan Rasul, tentu kita memiliki dosa yang amat banyak dan besar. Selain memohon ampun dengan mengucap istighfar, baca juga doa agar diberi kedudukan yang mulia.

Bacaan Doa Agar Mendapat Kedudukan yang Mulia

doa agar diberi kedudukan yang mulia
doa agar diberi kedudukan yang mulia

Nah berikut ini adalah doa Naib Nuh, doa yang diambil dari Al-Quran surat Al-Mukminun ayat 29 untuk mendapat kedudukan mulia dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya pendek lengkap.

Doa ini sangat baik diucapkan untuk seseorang yang mengharapkan kedudukan tinggi, mulia, baik, sholeh baik pangkat, jabatan, pandangan masyarakat maupun kedudukan lainnya.

رَبِّ أَنْزِلْنِي مُنْزَلًا مُبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِينَ

Robbii anzilnii munzalan mubaarokan wa anta khoirul munziliin.

Artinya:
“Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

Akhir Kata

Itu dia doa diberi kedudukan mulia semoga kita dapat senantiasa mengamalkannya agar mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya. Sedikit renungan untuk kita hari ini.

Pada saat membaca doa usahakan bahwa kita benar-benar bersungguh-sungguh baik dalam ucapan maupun isi hati kita. Karena dengan doa yang benar-benar niat, Allah SWT tidak akan sungkan untuk mengabulkannya.

Berbeda jika kita berdoa setengah hati, mungkin saja Allah SWT tidak memenuhi permintaan kita. Dan jangan lupa, berdoa hanya untuk memohon ridha dari Allah SWT agar hidup kita dipenuhi berkah dan rahmat.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *