Doa Ketika Mendapat Mimpi Buruk Arab dan Artinya

By | Agustus 23, 2019
doa mimpi buruk

Bacaan doa ketika mendapat mimpi buruk, jelek, sedih, suram tulisan arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika mendapat mimpi buruk arab dan artinya. Mimpi berasal dari tiga sumber, pertama dari representasi kerja otak manusia, kedua adalah dari pemberian Allah SWT dan yang terakhir yakni berasal dari syaitan.

Khusus mimpi yang berasal dari Bangsa jin jahat, iblis maupun syaitan semuanya adalah mimpi buruk yang menyedihkan. Biasanya mimpi semacam ini menyerang mereka yang iman dan kepercayaannya kepada Allah SWT masih lemah.

“Mimpi itu ada tiga macam, yaitu mimpi yang baik sebagai berita gembira dari Allah, mimpi seorang muslim yang dialami oleh dirinya sendiri, dan mimpi sedih yang berasal dari setan. Jika salah seorang di antara kalian mengalami mimpi yang tidak disukai, janganlah menceritakannya kepada orang lain, bangunlah, kemudian shalatlah.”

-(H.R. Bukhari dan Muslim)

Mimpi buruk juga dapat terjadi jika suasana hati sedang dalam kondisi tidak baik, seperti ketika gelisah, buru-buru, takut, khawatir atau bahkan cenderung depresi.

Mimpi buruk sangat rentan membuat orang cemas ketika bangun tidur. Bahkan tidak jarang ada kasus di mana peristiwa suram yang dilihat di alam mimpi membuat seseorang trauma akan sesuatu.

Maka dari itu sudah sepantasnya ketika hendak tidur, seorang muslim membaca doa sebelum tidur terlebih dahulu supaya dijauhkan dari godaan syaitan yang terkutuk serta agar hati menjadi lebih rileks.

Baca : Doa Mendapat Mimpi Baik

Hadits Ketika Mendapat Mimpi Buruk

Tidak ada seorangpun yang berharap dapat melihat peristiwa jelek, sedih atau suram yang membuatnya terkejut, ketakutan, sakit atau menderita gangguan psikologis.

Mimpi buruk adalah musuh umat manusia ketika tidur, kebanyakan dilakukan oleh syaitan untuk mengganggu ketenangan pada saat kita terlelap pada malam hari.

Dalam Al-Quran surat Mujaadilah ayat 10 dijelaskan bahwa syaitan adalah musuh manusia, mereka menciptakan usaha apapun agar membuat seseorang yang beriman itu menjadi berduka cita.

اِنَّمَا النَّجۡوٰی مِنَ الشَّیۡطٰنِ لِیَحۡزُنَ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا وَ لَیۡسَ بِضَآرِّہِمۡ شَیۡئًا اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰہِ ؕ وَ عَلَی اللّٰہِ فَلۡیَتَوَکَّلِ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ

Artinya :
“Sesungguhnya, pembicaraan rahasia itu adalah setan, supaya orang-orang yang beriman itu berduka cita, sedang pembicaraan itu tiadalah memberi mudharat sedikit pun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah SWT dan kepada Allah-lah hendaknya orang-orang yang beriman bertawakkal.”

Maka dari itu Rasulullah SAW sangat menganjurkan agar umatnya menjaga rahasia dari pada mimpi buruk yang dialami kepada orang lain. Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Janganlah kamu ceritakan (kepada orang lain) permainan setan terhadapmu di dalam mimpi(mu).”

– (H.R. Muslim)

Juga tertera pada dalil yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad berikut ini tentang menjaga rahasia mimpi jelek.

“Dan, apabila ia melihat (dalam mimpinya) sesuatu yang ia benci, maka janganlah ia menceritakannya kepada seorang pun, dan hendaknya ia bangun kemudian shalat.”

– (H.R. Ahmad)

Bacaan Doa Saat Mendapat Mimpi Buruk

doa ketika mimpi buruk
doa ketika mimpi buruk

Salah satu upaya untuk agar terhindar dari mimpi buruk adalah dengan membaca doa pada saat sebelum tidur. Doa ini juga bisa diucapkan ketika terbangun di tengah malam karena mendapat mimpi buruk.

Karena mimpi bisa jadi merupakan petunjuk dari Allah SWT, termasuk juga mimpi buruk yang mungkin bisa menjadi sebuah peristiwa yang terjadi di masa yang akan datang sesuai dalil berikut.

“Aku berlindung dengan apa yang para malaikat Allah dan rasul-rasul-Nya berlindung dengannya, dari apa yang aku lihat dalam mimpiku ini, dari bencana yang akan menimpaku di dunia dan akhirat.”

– (HR. Dailami, Abdurrazzaq, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi)

Bacalah doa berikut ini ketika mendapat mimpi yang tidak diinginkan. Berikut adalah lafadz, teks bacaan doa saat melihat mimi buruk arab, latain dan artinya atau terjemahan Indonesia.

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya :
“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, keburukan hukuman-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan setan serta kehadiran mereka.”

Hal yang Dilakukan Ketika Mendapat Mimpi Buruk

Saat ini banyak pertanyaan dari kawan-kawan, apa sih yang harus dilakukan ketika mendapat mimpi buruk, baik saat bangun tidur maupun ketika terbangun pada tengah malam atau dinihari?

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW menganjurkan beberapa cara atau adab ketika bermimpi buruk.

“Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi yang ia benci, maka hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan berlindunglah kepada Allah dari kejahatan setan sebanyak tiga kali dan ubahlah posisi tidurnya posisi tidurnya dari posisi sebelumnya ke posisi lainnya.”

– (H.R. Muslim)

1. Meludah Sebanyak Tiga Kali

Pertama adalah mengeluarkan ludah sebanyak tiga kali yang dimaksudkan untuk mencela syaitan yang telah menggangu tidurnya.

2. Berlindung Kepada Allah SWT

Kedua adalah berlindung kepada Allah SWT dari bisikan syaitan di alam mimpi dengan cara membaca doa ketika mendapat mimpi buruk seperti yang telah dituliskan sebelumnya.

3. Mengubah Posisi Tidurnya

Terakhir adalah mengubah posisi tidurnya. Jika seseorang terbangun karena kaget mendapat mimpi buruk dengan posisi berbaring ke atah kiri, maka gantilah posisi tidur dengan berbaring ke arah kanan.

Posisi tidur berbaring ke kanan juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Dalam bidang kesehatan itu juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan pernafasan saat manusia tidur.

Akhir Kata

Itulah doa ketika mimpi buruk. Semoga kita sama-sama terhindar dari mimpi yang tidak meyenangkan, jelek, suram, menyedihkan, membuat hati galau dan tidak diinginkan.

Intinya adalah kita hanya harus percaya kepada Allah SWT bahwa hidup di dunia ini Dia-lah yang mengatur, maka masalah pasti bisa kita lewati dengan bantuan-Nya.

Dengan begitu, kita bisa lebih tenang sebelum tidur dan terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang menjadi salah satu penyebab timbulnya mimpi buruk.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *