Doa Menghindari Dijauhkan Dari Sifat Malas

By | Agustus 15, 2019
doa menghindari dijauhkan dari sifat malas

Bacaan doa agar supaya dihilangkan, menghindari, minta perlindungan dari sifat malas belajar, ngantuk, sholat.

Doagama.com – Doa menghindari dijauhkan dari sifat malas. Rasa malas merupakan sifat buruk yang dimiliki manusia. Bahkan telah menjadi 7 dosa pokok karena pasti semua orang pernah merasakannya.

Malas adalah sebuah perasaan enggan di mana seseorang merasa tidak mau mengerjakan suatu hal dan lebih memilih tidak melakukan apa-apa seperti tiduran, nonton tv dan semacamnya.

Malas terdiri dari berbagai macam hal mulai dari malas untuk belajar, bekerja, sholat, beribadah, malas mengerjakan pekerjaan rumah, mandi, malas bangun pagi, malas mencari pekerjaan dan sebagainya.

Tentu hal tersebut sangat ditentang oleh Islam karena Allah SWT menyuruh kita untuk bersungguh-sungguh dan penuh semangat untuk mengerjakan sesuatu dalam berbagai hal.

Dari Mana Sifat Malas Muncul?

Mungkin kita bertanya-tanya, dari mana sih datangnya sifat malas? Padahal dalam pikiran kita tersirat bahwa ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan, namun tubuh tidak kunjung bergerak sampai waktu habis.

Kemudian pekerjaan tersebut terbengkalai dan akhirnya kita tidak menyeleasikan apa-apa. Pahami beberapa macam penyebab dan hal yang menimbulkan rasa malas pada diri manusia berikut.

  • Rasa malas muncul karena kita terbiasa dan menikmatinya.
  • Orang menjadi pemalas karena tidak memiliki tujuan hidup yang jelas.
  • Kurang memiliki motivasi hidup untuk mengerjakan sesuatu.
  • Sudah terbiasa tidak disiplin sejak kecil juga membuat rasa malas muncul.
  • Karena tidak memiliki tujuan kehidupan maka kemudian pasrah dan menjalani apa adanya tanpa berjuang.
  • Kondisi tubuh yang kurang fit juga dapat menyebabkan perasaan malas muncul (ini tidak bisa ditolerir).
  • Ketertarikan berlebihan terhadap sesuatu seperti kecanduan nonton film, baca novel, jalan-jalan, hangout dan sebagainya.
  • Terakhir terlalu banyak makan dapat membuat tubuh mudah mengantuk sehingga sifat malas datang ke diri kita.

Bacaan Doa Menghindari Sifat Malas

doa dijauhkan dari malas
doa dijauhkan dari malas

Berdasar keterangan asal sifat dan rasa malas muncul, dalam sebuah hadits dijelaskan perkara doa untuk berlindung kepada Allah SWT dari sifat pengecut dan kikir.

Hadits tersebut kemudian dijadikan sebagai doa untuk menghindari rasa malas dan berikut adalah lafadz doa supaya tidak malas bahasa Arab, latin dan terjemahannya.

1. Doa Menghilangkan Rasa Malas

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ‘ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal.

Artinya :
“Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, Aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353).

2. Doa Dijauhkan Dari Sifat Malas

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli.

Artinya :
“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

Tips Cara Menghindari Rasa Malas

Selain dengan doa, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk berjuang membuang rasa malas yang ada dalam pikiran negatif kita. Berikut adalah tips-tipsnya.

  • Berwudhu dengan air yang jernih dan cenderung dingin agar wajah kembali segar.
  • Bergaul dan berbincang dengan orang-orang yang berpikiran positif.
  • Menyadari pentingnya waktu bahwa kesempatan tidak datang dua kali.
  • Membaca kisah atau cerita motivasi sukses orang yang tidak menyiakan waktu yang banyak tersebar di internet.
  • Menggunakan waktu untuk mengerjakan amalan sholeh seperti bersoqadoh, infaq, mengaji, sholat sunnah dan sebagainya.
  • Buatlah tujuan hidup yang jelas agar dapat memiliki motivasi dan target untuk mencapainya.
  • Miliki motivasi untuk mengerjakan sesuatu, seperti dukungan dari orang tercinta, kedudukan yang ingin digapai dan semacamnya.

Akhir Kata

Itulah doa dihindarkan dari sifat malas, menghindari, dijauhkan dari rasa malas, menghilangkan sifat malas, doa berlindung dari malas, anti malas belajar, bekerja, sholat, ngantuk dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *