Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat

By | Agustus 8, 2019
doa syukur mensyukuri nikmat

Bacaan doa mensyukuri nikmat atas rezeki, kesehatan, keberhasilan, arab, latin, artinya dan terjemahannya.

Doagama.com – Bacaan doa mensyukuri nikmat arab dan artinya. Nikmat berasal dari bahasa arab yang artinya kebaikan, kebahagiaan atau keenakan baik yang bersifat sementara di dunia maupun yang bersifat kekal di akhirat.

Mungkin kita sudah menyadari betapa Allah SWT telah sangat banyak memberikan nikmat jasmani dan rohani kepada kita oleh karena itu sudah sepantasnya kita mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Ta’ala.

Ada kalimat yang sangat mudah diucapkan untuk merepresentasikan ucapan syukur kita kepada Allah, yakni “alhamdulillahirabbil aalamin.” Kalimat tersebut merupakan doa mensyukuri nikmat yang pendek dan singat.

Namun ada juga teks atau lafadz pengucapan syukur kepada Tuhan seperti yang tercantum pada Al-Quran surat An-Naml ayat 19. Doa syukur ini juga disebut sebagai doa Nabi Sulaiman ketika sang Nabi mengucap syukur atas berkat dan rahmat yang diberikan Allah SWT.

Macam-macam Nikmat Allah SWT

Sebelum masuk ke teks atau tulisan doa mensyukuri nikmat, terlebih dahulu kita perlu mengetahui jenis-jenis nikmat yang diberikan oleh Allah. Ada beberapa macam diantaranya adalah.

1. Nikmat Fitriyah

Nikmat fitriyah merupakan nikmat dan berkat yang diberikan Allah SWT kepada diri kita seperti contohnya nyawa, roh, tangan dan kaki yang masih bekerja dengan baik, telinga yang dapat mendengar dan sebagainya.

2. Nikmat Ikhtiyariyah

Nikmat ikhtiyariyah merupakan nikmat yang diperoleh atas usaha kerja keras kita seperti harta yang banyak, kedudukan yang tinggi, tanah, rumah, kendaraan, pandangan masyarakat dan lain-lain.

3. Nikmat Alamah

Nikmat alamah merupakan nikmat alam, lingkungan dan keadaan yang ada di sekitar kita meliputi air, angin, oksigen, tanah, tumbuh-tumbuhan, hewan yang kita lihat dan semacamnya.

4. Nikmat Diiniyah

Nikmat diiniyah ialah nikmat agama Islam. Maksudnya adalah sebuah nikmat yang dirasakan jiwa tersebut karena lahir dari rahim seorang muslimah dan tumbuh menjadi orang yang beragama Islam.

5. Nikmat Ukhrowiyah

Nikmat ukhrowiyah adalah nikmat yang didapat di alam akhirat ketika kita dihisab di padang mahsyar. Nikmat ini tergantung dari apa yang kita perbuat di dunia apakah lebih banyak amal baik atau amal buruk.

Bacaan Doa Mensyukuri Nikmat

doa mensyukuri nikmat
doa mensyukuri nikmat

Mengucapkan doa bersyukur atas rezeki Allah SWT merupakan sebuah kewajiban kepada kita, tujuannya adalah untuk berterima kasih kepada Allah SWT yang telah memberi banyak berkah dan hikmah pada kita.

Dalam mengucap doa syukur ini, sebaiknya diucapkan dengan sungguh-sungguh dan dari hati yang paling dalam semata-mata untuk menghadap ridha dari Allah SWT.

1. Doa Syukur Nabi Sulaiman

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakalattii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala soolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash soolihiin

Artinya:
“Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”

2. Doa Syukur Orang Mukmin yang Jujur

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Wa waṣṣainal-insāna biwālidaihi iḥsānā, ḥamalat-hu ummuhụ kurhaw wa waḍa’at-hu kurhā, wa ḥamluhụ wa fiṣāluhụ ṡalāṡụna syahrā, ḥattā iżā balaga asyuddahụ wa balaga arba’īna sanatang qāla rabbi auzi’nī an asykura ni’matakallatī an’amta ‘alayya wa ‘alā wālidayya wa an a’mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn.

Artinya :
“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

Akhir Kata

Itulah bacaan doa syukur bahasa arab, latin dan terjemahannya. Jangan lupa juga terus berdoa memohon agar dijadikan orang yang senantiasa bersyukur karena bersyukur itu gratis namun pahalanya melimpah.

Allah SWT juga menjanjikan barang siapa bersyukur maka rezekinya akan dilipatgandakan. Sekian penjelasan mengenai ucapan syukur atas keberhasilan, rezeki, karunia anak, rahmat, kesehatan, dunia akhirat dan kesembuhan.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *