Doa Saat Berjalan Menuju Masjid Arab dan Artinya

By | Agustus 29, 2019
doa pergi berangkat menuju masjid

Bacaan doa saat ketika berjalan melangkah menuju masjid atau mushola, hadits, adab, arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa saat berjalan menuju masjid arab dan artinya. Dalam agama Islam, seseorang dianjurkan untuk berdoa pada saat akan memulai atau mengakhiri sesuatu.

Doa dilafadzkan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dan agar aktifitas yang kita kerjakakn dapat berjalan sesuai rencana tanpa hambatan.

Termasuk ketika berjalan atau berkendara menuju masjid, sebaiknya juga didahului dengan mengucapkan kalimat doa. Meskipun pada dasarnya setiap langkah yang kita lakukan dengan niat beribadah adalah bernilai pahala.

Semakin jauh langkah yang kita lalui menuju ke masjid, maka semakin besar pula pahala serta kebaikan yang kita dapatkan. Semakin sulit jalan yang kita tempuh menuju masjid, juga akan memperbesar amal pahala.

Sulit berjalan ke masjid yang dimaksud di sini tidak hanya medan yang dilalui apakah jalan setapak, jalan licin, becek atau naik turun bukit. Melainkan juga dengan cara apa kita melangkah ke masjid.

Apakah dengan naik kendaraan seperti motor atau mobil, ataukah dengan berjalan kaki menggunakan sandal? Tentu Allah SWT sangat mencintai orang yang menuju masjid untuk sholat dan berdzikir kepada-Nya.

Namun Allah SWT akan lebih memerhatikan mereka yang bersusah payah menuju masjid. Semakin banyak rintangan atau hambatan pada jalan menuju ke masjid, semakin besar pula pahala yang diperoleh.

Dengan catatan, jalan sulit yang dilalui tersebut memang satu-satunya jalan yang ada, bukan dengan sengaja mencari jalan yang tidak bisa dilalui oleh manusia.

Hadits Membaca Doa Menuju Masjid

Masjid merupakan rumah Allah SWT, tempat ibadah sekaligus berkumpulnya orang-orang muslim baik laki-laki maupun perempuan namun dipisahkan oleh sekat bagi lawan jenis.

Masjid adalah tempat yang sangat mulia karena di dalamnya hanya ada manusia yang selalu bersenandung, mengaji dan berdoa atau berdzikir memuji nama Allah Ta’ala.

Sebagai seorang yang beriman tentu kita wajib untuk memakmurkan masjid. Dengan cara menjaga kesuciannya, kebersihannya, membersihkan dari segala kotoran.

Kita juga sebagai penghuni masjid tidak boleh membiarkan tempat sholat fardhu tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, contohnya untuk kampanye, melakukan perbuatan maksiat dan lain sebagainya.

Salah satu ayat dalam Al-Quran, yakni Surat At-Taubat ayat 18 menyebutkan bahwasannya memakmurkan masjid adalah tugas seorang yang beriman.

مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ}

Artinya :
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala).”

Ketika berjalan menuju masjid pun kita harus memakmurkan setiap gerakan langkahnya. Tujuannya agar orang yang melihat tidak berprasangka buruk kepada kita.

Selain itu, doa menuju masjid juga dapat berfungsi sebagai pelindung dari jin dan iblis yang mengganggu dengan cara mungkin membatalkan niat ke masjid dan memilih pergi ke tempat lain atau semacamnya.

Hadits atau dalil berdoa menuju masjid diceritakan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW senantiasa berdoa ketika akan berangkat ke masjid.

Bacaan Doa Menuju Masjid

doa berangkat menuju ke masjid
doa berangkat menuju ke masjid

Memiliki niat ke masjid untuk sholat berjamaah saja pahalanya sungguh luar biasa, apalagi menambah amalan lain dengan berdzikir, mengaji atau juga membaca doa mau ke masjid berikut.

Dalam melafadzkan doa akan pergi ke masjid, sebaiknya (bisa juga dikatakan seharusnya) dilafalkan dengan hati yang sungguh-sungguh dan benar-benar dari niat yang paling dalam.

Ucapkanlah doa berjalan ke masjid semata-mata hanya untuk memohon ridha Allah SWT sambil meminta perlindungan agar pada sepanjang jalan menuju masjid, tidak ada gangguan yang menghalangi.

Berikut adalah lafadz bacaan doa segera menuju ke masjid yang shahih sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Alloohummaj’al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam’ii nuuroon wa’an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa khofii nuuroon waj’al lii nuuroon.

Artinya :
“Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.”

Teks lafadz doa berjalan menuju masjid tersebut bersumber dari hadits atau dalil shahih berdasarkan riwayat dari Imam Bukhari dan Imam Muslim yang sudah disebutkan sebelumnya.

Adab Menuju Masjid

Karena doa ke masjid memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa serta faedah, fadhilah, khasiat, berkah dan hikmah yang membuat seseorang dapat ditambahkan ketaqwaannya.

Maka dalam kegiatan menuju masjid, ada adab-adab yang perlu dilakukan baik sebelum berangkat ke masjid maupun saat sedang di perjalanan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Adab Sebelum Berangkat ke Masjid

Ketika masih di rumah dan berencana menuju masjid, sebaiknya lakukan hal-hal berikut.

  • Berwudhulah di rumah, bukan di masjid untuk mengurangi antrian dan memberi kesempatan orang yang membutuhkan.
  • Gunakan pakaian yang sopan dan suci. Bagi laki-laki boleh menggunakan gamis atau baju koko, sedangkan perempuan pakai kerudung atau mukena atas.
  • Membaca doa ketika keluar rumah yang pembahasannya sudah ditulis pada doa keluar rumah.
  • Membaca doa saat ketika jalan menuju masjid seperti yang telah dituliskan sebelumnya.
  • Gunakanlah sandal sebagai alas kaki dan usahakan dahulukan kaki kanan terlebih dahulu.
  • Memakai wangi-wangian secukupnya, menggunakan peci bagi laki-laki.
  • Menutup pintu apabila tidak ada orang di rumah / hunian.

2. Adab Ketika Berjalan ke Masjid

Saat sudah menggunakan alas kaki dan mulai berjalan menuju masjid, ada beberapa adab yang musti dilakukan muslim atau muslimah.

  • Pertama, berjalan dengan langah yang tenang dan tidak tergesa-gesa.
  • Boleh kembali membaca doa sebelum ke masjid seperti di atas.
  • Sesampainya di masjid, lepas sandal atau alas kaki dengan menggunakan kaki kiri terlebih dahulu.
  • Ketika masuk ke dalam masjid melalui pintu, utamakan melangkah menggunakan kaki kanan dahulu.
  • Membaca doa masuk masjid sebagai amalan tambahan untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.
  • Laksanakanlah sholat tahiyatul masjid bila memungkinkan atau jauh-jauh sebelum waktu sholat tiba.
  • Sebisa mungkin mengisi shaf yang ada di depan terlebih dahulu.

Akhir Kata

Itulah bacaan doa berangkat menuju masjid sesuai sunnah, 70.000 malaikat mengiringi, adab pergi dan menuju masjid, fadilah pergi ke masjid, niatke masjid.

Hukum memakai kendaraan ke masjid, doa ketika jalan ke masjid, doa ingin pergi ke masjid atau mushola lengkap singkat dan panjang.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *