Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah Hadits

By | Oktober 26, 2019
doa menyambut bulan suci puasa ramadhan

Doa ucapan menjelang dan menyambut bulan suci ramadhan sesuai sunnah dan hadits.

Doagama.com – Doa menyambut bulan ramadhan sesuai sunnah hadits. Ramadhan meerupakan bulan yang paling suci bagi umat Islam. Di bulan penuh berkah ini, Allah SWT menjanjikan banyak kebaikan.

Contohnya seperti dibukakan pintu surga selebar-lebarnya dan ditutup pintu neraka serapat-rapatnya. Selain itu, ada satu malam di bulan ini yang lebih baik dari seribu bulan, yakni lailatul qadar.

Karena banyak kebaikan, umat muslim dianjurkan menyambut dan menjalani setiap ibadah di bulan ramadhan dengan penuh syukur untuk mengharap ridha Allah SWT.

Termasuk ketika menjelang atau sebelum memasuki bulan ramdhan, umat muslim sangat dianjurkan menyambut bulan penuh rahmat ini dengan membaca doa.

Bulan puasa ramadhan berlangsung selama 30 hari dan pada bulan tersebut umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa ramadhan.

Selain itu, seorang muslim juga wajib membayar zakat fitrah kepada orangyang tidak mampu, fakir miskin, musafir, amil zakat, serta orang yang berjuang di jalan Allah SWT (dakwah).

Di sini kita akan sama-sama membahas mengenai beberapa doa pada awal bulan ramadhan, doa mengawali bulan suci ramadhan sesuai sunnah yang utama berdasar hadits shahih.

Adapun doa-doa yang diperoleh bersumber dari berbagai situs di internet yang dirangkum menjadi satu pada artikel ini, doa menjelang ramadhan ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin serta artinya.

Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan

doa menyambut ramadhan
doa menyambut ramadhan

Banyak sekali keutamaan atau manfaat dari melafalkan doa menyambut bulan ramadhan, diantaranya adalah menunjukan rasa antusias kita kepada bulan yang sangat mulia di mata Allah Ta’ala.

Selain itu, fadhilah lain dari mengucapkan doa sebelum puasa ramadhan adalah untuk mengajak sesama muslim lainnya menjalankan setiap kegiatan ibadah di bulan suci dengan khusyu’.

Doa menyambut bulan ramadhan sesuai sunnah ini dapat dibaca pada saat hari pertama di bulan ramadhan yang bertepatan dengan masuknya sholat maghrib.

Doa juga dapat dibaca setelah sholat isya maupun sesudah sholat tarawih dan witir, yang penting dilakukan seusai memastikan bahwa bilal telah terlihat sebelumnya.

Nabi Muhammad SAW disebutkan dalam beberapa hadits kerap membaca doa-doa berikut untuk menyambut bulan suci ramadhan, Rasulullah SAW mengajarkan kepada para sahabatnya doa jelang ramadhan berikut.

Berikut adalah bacaan teks lafadz ucapan doa menyambut, menjelang, sebelum, memasuki, bulan suci puasa ramadhan sesuai sunnah berdasar hadits shahih bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

1. Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai sunnah

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Ramadhaana.

Artinya :
“Ya Allah SWT, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

2. Doa Sebelum Puasa Ramadhan

للَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya :
“Allahu akbar, ya Allah SWT jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah SWT.”

3. Doa Mejelang Bulan Ramadhan

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa ramadhaana wa sallim lii ramadhaana wa tasallamhu miniii mutaqabbalaa.

Artinya :
“Ya Allah SWT, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca doa ramadhan, doa menyambut ramadhan sesuai sunnah, doa menjelang sebelum puasa ramadhan, doa agar bertemu ramadhan tahun depan.

Hadits meyambut ramadhan, teks ucapan doa acara meyambut bulan suci puasa ramadhan, doa melihat hilal, marhaban ya ramadhan, allahumma ballighna salimna li ramadhan.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *