Doa Menyembelih Hewan Qurban yang Benar Sesuai Sunnah

By | November 2, 2019
doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah

Doa menyembelih hewan qurban lebaran hari raya idul adha yang benar sesuai sunnah arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa menyembelih hewan qurban yang benar sesuai sunnah. Qurban atau Kurban merupakan sebuah ibadah dalam agama Islam dengan cara menyembelih hewan.

Hewan yang doleh dikurbankan yaitu hewan yang berkaki empat, antara lain kambing, domba, unta, sapi dan kerbau. Hewan atau binatang kurban harus dalam kondisi sehat, tidak boleh sakit.

Pelaksanaan qurban atau pemotongan hewan qurban dilaksanakan setelah sholat idul adha pada tanggal 10 Dzulhijjah di kalender hijriyah. Qurban memiliki banyak manfaat.

Diantaranya adalah menunjukkan keimanan kepada Allah SWT, berbagi kebaikan dengan memberikan daging qurban kepada orang-orang yang tidak mampu, dan sebagainya.

Qurban adalah sebuah ibadah yang begitu mulia di mata Allah Ta’ala. Karena merupakan ibadah, maka pemotongan hewan qurban tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus dengan doa.

Doa seputar berqurban meliputi membaca basmallah terlebih dahulu, kemudian mengucapkan sholawat Nabi, melafadzkan takbir dan tahmid serta terakhir membaca niat qurban.

Adapun setelah hewan terpotong dan dipastikan sudah benar-benar mati, selanjutnya pemotong hewan qurban bisa membaca doa dzikir atau wirid sesudah menyembelih qurban.

Baca : Doa Pelaksanaan Aqiqah

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai seluruh rangkaian bacaan menyembelih binatang qurban lengkap dari awal sampai akhir sesuai urutan.

Doa Menyembelih Hewan Qurban

doa menyembelih hewan qurban
doa menyembelih hewan qurban

Sebelumnya di sini mungkin ada yang bertanya apa hukumnya menyembelih hewan qurban dengan tangan sendiri. Untuk itu, ada hadits yang berbunyi sebagai berikut:

ﺿَﺤَّﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰُّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﺑِﻜَﺒْﺸَﻴْﻦِ ﺃَﻣْﻠَﺤَﻴْﻦِ ﺃَﻗْﺮَﻧَﻴْﻦِ ﺫَﺑَﺤَﻬُﻤَﺎ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﻭَﺳَﻤَّﻰ ﻭَﻛَﺒَّﺮَ ﻭَﻭَﺿَﻊَ ﺭِﺟْﻠَﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺻِﻔَﺎﺣِﻬِﻤَﺎ

Artinya:
“Nabi shallallahu’alaihi wa sallam berkurban dengan dua ekor kambing yang putih kehitaman (bercampur hitam pada sebagian anggota tubuhnya), bertanduk, beliau menyembelih keduanya dengan tangan beliau sendiri, beliau mengucapkan bismillah serta bertakbir dan meletakkan kaki beliau di badan kedua hewan tersebut.”

Dari hadits tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa memotong hewan qurban menggunakan tangan sendiri tidak masalah, bahkan Rasul pun menyontohkannya.

Selain itu, ada pertanyaan lain yang menyatakan bahwa seseorang yang berqurban boleh diwakilkan oleh tukang jagal, kyai atau tokoh pemuka agama, bahkan tetap akan mendapat pahala walaupun tidak menghadiri prosesi pemotongan.

Bagi yang ditugaskan untuk menyembelih hewan qurban, silahkan baca tuntunan atau panduan doa berikut ini yang merupakan doa memotong hewan qurban lengkap sesuai urutan.

1. Baca Basmalah

Pertama membaca basmallah terlebih dahulu sebanyak satu kali, merupakan doa untuk mengawali doa-doa lainnya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya :
“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.”

2. Baca Sholawat Nabi

Kemudian bacalah sholawat Nabi berikut ini sebanyak satu kali. Berikut adalah bacaan lafadz doa dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad, wa alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Artinya :
“Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

3. Baca Takbir dan Tahmid

Selanjutnya ialah membaca bacaan takbir sebanyak tiga kali diteruskan dengan tahmid satu kali.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, walillaahil hamd.

Artinya :
“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Niat Menyembelih Hewan Qurban

Terakhir adalah mengucapkan niat menyembelih binatang qurban. Setelah selesai, langsung potong leher hewan qurban hingga aliran darahnya terputus.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allaahumma haadzihii minka wa ilaika, fataqabbal minnii yaa kariim.

Artinya :
“Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Doa Setelah Menyembelih Hewan Qurban

Adapun amalan lain yang bisa menyempurnakan ibadah qurban adalah dengan membaca doa wirid dzikir berikut ini sesuai menyembelih hewan qurban.

Berikut adalah bacaan lafadz doa setelah menyembelih hewan qurban sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

لَنۡ یَّنَالَ اللّٰہَ لُحُوۡمُہَا وَ لَا دِمَآؤُہَا وَ لٰکِنۡ یَّنَالُہُ التَّقۡوٰی مِنۡکُمۡ ؕ کَذٰلِکَ سَخَّرَہَا لَکُمۡ لِتُکَبِّرُوا اللّٰہَ عَلٰی مَا ہَدٰىکُمۡ ؕ وَ بَشِّرِ الۡمُحۡسِنِیۡنَ

Artinya :
“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah, telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan, berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj ayat 37).

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang doa qurban, doa menyembelih hewan qurban untuk diri sendiri, orang lain, menurut sunnah, tarjih muhamadiyah, pdf.

Doa memotong hewan qurban NU, latin, lengkap, sapi, nabi, kambing, untuk keluarga, doa qurban untuk anak, orang tua, adi hidayat, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *