Doa Agar Mendapat Mimpi Baik Arab dan Artinya

By | Agustus 23, 2019
doa mimpi baik

Bacaan doa agar mendapat mimpi baik, indah, bagus tulisan arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa agar mendapat mimpi baik arab dan artinya. Mimpi merupakan representasi dari otak yang bekerja pada saat tidur. Melibatkan indra penglihatan, pikiran, perasaan dan indra-indra lainnya.

Mimpi disebut juga “bunga” ketika tidur, artinya istilah tersebut adalah mimpi menjadi sebuah hal yang istimewa yang terjadi kepada diri manusia sebagai penenang jiwa, atau bahkan perusak ketenangan hati.

Mimpi juga dapat berasal dari Allah SWT sebagai petunjuk dari-Nya maupun sebagai hadiah dari Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang kita harapkan. Hal tersebut tercantum dalam sebuah hadits berikut.

“Mimpi itu ada tiga macam, yaitu mimpi yang baik sebagai berita gembira dari Allah, mimpi seorang muslim yang dialami oleh dirinya sendiri, dan mimpi sedih yang berasal dari setan. Jika salah seorang di antara kalian mengalami mimpi yang tidak disukai, janganlah menceritakannya kepada orang lain, bangunlah, kemudian sholatlah.”

– (H.R. Bukhari dan Muslim)

Mimpi terjadi pada saat manusia tertidur, namun begitu tidak semua orang yang memejamkan mata dapat melihat mimpi melalui alam bawah sadar mereka. Sungguh beruntung bagi mereka yang diberkahi mimpi ketika beristirahat.

Terutama jika Allah SWT memberikan mimpi yang baik, indah, bagus dan penuh kebahagiaan. Orang yang mendapatkannya pasti akan terbangun dengan suasana hati gembira.

Mimpi yang indah juga dapat terjadi karena kerja otak sebelum tidur sepeti jika seorang pemuda membayangkan gadis cantik jelita yang ia sukai, maka besar kemungkinan gadis tersebut akan ia temui di dalam mimpi.

Baca : Doa Mendapat Mimpi Buruk

Hadits Tentang Mendapat Mimpi Baik

Setiap umat muslim dan manusia yang diberkahi mimpi baik sudah sepantasnya bersyukur kepada Allah SWT karena atas berkat bantuan-Nya lah kita dapat melihat mimpi yang bagus.

Rasulullah SAW pun pada zamannya sangat meninggikan mimpi. Bahkan meskipunt tidak terjadi di dunianyata, namun mimpi yang baik juga Rasul anggap sebagai kabar gembira.

Hal tersebut disebutkan melalui sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, seorang sahabat Nabi oleh Bukhari. Berikut adalah hadist atau dalilnya.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَقُوْلُ: «لَمْ يَبْقَ مِنَ النُّبُوَّةِ إِلاَّ المُبَشِّرَاتِ» قَالُوْا: وَمَا المُبَشِّرَاتُ؟ قَالَ: «الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ». رَوَاهُ البُخَارِيُّ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak tersisa dari kenabian kecuali kabar-kabar gembira. Para sahabat bertanya, :Apa kabar gembira tersebut? Beliau menjawab: Mimpi yang baik.”

Baginda Rasul pun pernah menyebutkan dalam sebauh riwayat hadits bahwa mimpi juga bisa menjadi pertanda yang baik maupun sebaliknya, apalagi jika sudah mendekati waktu-waktu kiamat kubra, yakni hancurnya seluruh alam semesta.

وَعَنْهُ: أنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: «إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤيَا المُؤْمِنِ تَكْذِبُ، وَرُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنَ النُّبُوَّةِ». مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
وَفِي رِوَايَةٍ: «أَصْدَقُكُمْ رُؤْيَا، أَصْدَقُكُمْ حَدِيثًا».

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Apabila telah datang waktunya (kiamat), hampir tidak ada mimpi soerang mukmin yang dusta. Dan mimpi seorang mukmin itu satu dari empat puluh enam bagian kenabian.”

Maka dari itu sungguh beruntunglah mereka yang mendapat mimpi baik. Bila berusaha dengan keras di dunia nyata, bukan tidak mungkin pertanda yang kita dapatkan melalui mimpi dapat terwujud sesuai keinginan kita.

Bacaan Doa Agar Mendapat Mimpi Baik

doa ketika mimpi baik
doa ketika mimpi baik

Oleh karena mimpi baik adalah anugerah yang luar biasa dari Allah SWT. Sudah sepantasnya kita mengucapkan doa untuk berterimakasih kepada Sang Pemberi Mimpi, yakni Allah SWT.

Selain itu, sebagai umat muslim kita juga disuruh untuk membaca doa setiap akan dan telah mengerjakan sesuatu maupun jika mendapat kebaikan, begitu pula dengan mimpi.

Bacaan apapun sebenarnya boleh asal intinya untuk bersyukur terhadap mimpi yang diberikan oleh-Nya. Namun kebanyakan orang membaca dua doa berikut saat maupun jika ingin mendapat mimpi baik.

1. Doa Mendapat Mimpi Baik Pendek

Pertama adalah doa jika bangun tidur kita mendapat mimpi yang indah, cukup mengucapkakn Alhamdulillah. Kalimat hamdallah tersebut jgua merupakan kalimat thayyibah yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara alam semesta.”

2. Doa Mendapat Mimpi Baik Panjang

Selanjutnya adalah doa yang dilafalkan ketika mendapat mimpi baikdalam versi lain yang lebih panjang. Mungkin doa mimpi bagus berikut ini telah diajarkan pada saat kita masih TK atau SD.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati.

Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku.”

Mengucapkan kedua doa tersebut bukan merupakan kewajiban, namun sangat dianjurkan bagi mereka yang bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT.

Khususnya bagi mereka yang percaya bahwa mimpi baik adalah pemberian dari Yang Kuasa terhadap mereka-mereka yang beramal sholeh dan selalu berbuat baik.

Adab Sebelum Tidur Dalam Islam

Adab islami sebelum tidur seharusnya tidak ditinggalkan bahkan kalau bisa usahakan agar menjadi kebiasaan pada malam hari menjelang tidur supaya mendapat mimpi yang diinginkan.

Karena pada saat tidur tubuh kita tidak benar-benar berhenti bekerja. Otak akan selalu berjalan sebagaimana apa yang kita bayangkan terakhir kali pada saat tidur.

Selain itu, syaitan juga sangat suka terhadap orang yang tidak sadarkan diri karena mudah dipengaruhi dan dibisikkan hal-hal yang menjerumuskan kita ke dalam dunia kemaksiatan.

Oleh karena itu, patuhilah beberapa adab sebelum tidur menurut agama Islam berikut ini supaya jauh dari gangguan syaitan dan diberkahi mimpi yang indah dari Allah SWT.

Berikut adalah beberapa adab atau hal-hal yang harus dilakukan seseorang muslim/muslimah sebelum tidur. Bisa juga agar berharap mendapat mimpi indah dan menjadi kenyataan.

  • Pertama adalah usahakan berwudhu sebelum tidur karena syaitan tidak suka mendekati orang-orang yang suci.
  • Kedua tidur berbaring pada sisi kanan. Hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan karena aliran darah dan pernafasan menjadi lebih lancar.
  • Meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al-Ikhlas kemudian mengusapkannya ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau.
  • Membaca ayat kursi pada saat hendak tidur. Karena bagsa jin dan iblis tidak menyukainya.
  • Membaca dzikir atau doa sebelum tidur yang berbeda dari doa mendapat mimpi baik pada artikel ini.
  • Terahir adalah sebisa mungkin kurangi kegiatan begadang dan tidur di awal malam (sepertiga malam pertama) yakni antara pukul 7 hingga 10 malam.

Tentu adab tersebut bukanlah sebuah kewajiban jadi tidak perlu dipaksa bagi yang tidak bisa. Namun bagi yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT, belajarlah melakukannya meski sedikit demi sedikit.

Akhir Kata

Itulah bacaan doa mendapat mimpi baik dalam Islam, baik itu pada saat sebelum tidur maupun setelah bangun di pagi hari. Doa jika mendapat mimpi baik ini bisa juga diucapkan agar mimpi bertemu seseorang yang dirindukan.

Pada intinya mimpi baik adalah berkah, penenang suasana hati, atau juga bisa menjadi pembuat keputusan jika sebelumnya kita telah melakukan sholat istikharah. Karena petunjukbisa datang dari mana saja, termasuk mimpi.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *