Doa Minum Obat Agar Cepat Sembuh Arab Latin dan Artinya

By | September 10, 2019
doa ketika minum obat agar cepat sembuh

Bacaan doa ketika akan minum obat agar cepat sembuh dari penyakit bahasa arab, tulisan latin dan artinya.

Doagama.com – Doa minum obat agar cepat sembuh arab latin dan artinya. Selain meminum obat ketika sedang sakit, upaya lain yang dapat dilakukan supaya cepat sembuh adalah dengan berdoa.

Doa kepada Allah SWT memphon agar penyakit yang kita derita segera diangkat oleh-Nya sehingga tubuh kembali segar bugar dan dapat beraktifitas seperti sedia kala.

Berdoa ketika sedang sakit sangatlah dianjurkan. Termasuk ketika hendak minum obat, seseorang juga sebaiknya mengucapkan doa terlebih dahulu agar obat yang kita minum dapat menjadi berkah dan penyembuh dari penyakit yang kita idap.

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah Ta’ala. Termasuk urusan penyakit. Ketika sakit maka itu adalah pemberian sebagai cobaan dari-Nya.

Ketika penyakit diangkat itu juga merupakan berkah dan nikmat dari Allah SWT. Maka dari itu, apabila ingin segera disembuhkan dari sebuah penyakit, maka perbanyak berdoalah kepada Allah SWT.

Karena orang yang sedang sakit memiliki kondisi fisik yang lemah. Dia tidak bisa melakukan banyak gerakan sehingga sangat sedikit amalan yang boleh dilakukan.

Bahkan jika sakit parah, ketika hanya bisa tidur berbaring di atas ranjang rumah sakit, maka ia boleh mengerjakan sholat fardhu dengan posisi terlentang.

Maka dari itu yang bisa dilakukan hanya memperbanyak doa. Terus menerus mengucap doa sambil minum obat secara rutin dan makan yang teratur supaya segera sembuh dari penyakit

Hadits Berdoa Ketika Minum Obat

Sebagai orang yang beriman tentu kita percaya bahwa setiap kejadian memiliki sebab dan akibat. Termasuk penyakit yang disebabkan oleh berbagai virus dan kuman berbahaya.

Akibat ayng ditimbulkan ketika ornag sakit adalah tidak bisanya dia melaksanakan berbagai kegiatan atau aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Gerakannya dibatasi.

Selain itu, penyakit yang diderita seseorang juga bisa membuat khawatir keluarga, sahabat, rekan kerja atau istri, suami dan anak. Maka dari itu, tidak ada seorang pun yang ingin mengidap penyakit, apalagi yang parah.

Meski demikian, dalam hidup pasti orang pernah merasakan sakit secara fisik. Sakit yang diidap badan menimbulkan berbagai dampak negatif, namun tidak ada penyakit yang tidak memiliki obat.

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

Artinya :
“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Kesembuhan dari sebuah penyakit dapat datang dari mana saja. Bisa dari sistem kekebalan tubuh yang membaik atau dari obat. Maka dari itu, setiap saat ketika sedang sakit kita dianjurkan untuk membaca doa.

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءُ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ

Artinya :
“Setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat itu tepat untuk suatu penyakit, penyakit itu akan sembuh dengan seizin Allah ‘Azza wa Jalla.”

Dalam Al-Quran pun dijelaskan bahwa jika tidak ada zat fisik yang terdapat di bumi sebagai penyembuh penyakit, maka penyakit dapat sembuh atas seizin Allah SWT.

وَ إِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ

Artinya :
“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku.” [QS Asy Syu’ara: 80].

Maka dari itu, agar lekas sembuh selain rajin mengonsumsi obat, kita juga harus selalu berdoa kepada Sang Pemilik Kehidupan, siapa lagi jika bukan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Bacaan Doa Saat Akan Minum Obat

doa minum obat
doa minum obat

Sepeti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ketika hendak minum obat maka seorang muslim disunnahkan untuk mengucapkan doa terlebih dahulu. Doa yang dimaksud berbeda dengan bacaan doa untuk orang sakit.

Yang kita perlu tekankan bahwa kita harus percaya kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Menyembuhkan. Dia yang menurunkan kesehatan dan Dia pula yang dapat mengembalikan kondisi tubuh yang sehat.

Kita juga perlu memercayai bahwa Allah SWT adalah dzat yang Maha Mendengar. Dia pasti mengetahui doa yang kita panjatkan bahkan sebelum kita memiliki niat untuk melafalkannya.

Allah SWT menyukai orang yang berdoa dengan sungguh-sungguh, maka dari itu, bila ingin doanya dikabulkan maka sebaiknya doa diutarakan dengan kesungguhan hati yang paling dalam.

Air zamzam dipercaya sebagai air bening paling mulia di muka bumi. Jika memiliki rezeki untuk membelinya, maka kita dapat mencoba membaca doa sebelum minum obat sambil minum air zamzam yang penuh berkah.

Lafadz doa ini lebih dikhususkan untuk dibaca pada saat setelah menelan pil obat dan sebelum meminum air putih. Jadi, telan obat dahulu, kemudian baca doa dan dilanjutkan dengan minum air.

Berikut adalah teks, lafadz, kalimat bacaan doa ketika akan minum obat bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah dan hadits shahih.

1. Doa Ketika Akan Minum Obat

Doa berikut adalah doa yang langsung dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dalilnya berdasar hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 2191 dan Bukhari nomor 535. Berikut teks doanya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya :
“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

2. Doa Saat Hendak Minum Obat

Doa ini merupakan doa yang sering diajarkan di sekolah-sekolah untuk anak SD atau TK. Doa berikut dapat diucapkan ketika ingin minum obat agar lekas sembuh.

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillaahisy syafii bismillahil kaafii bismillaahil mu’aafii bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’asmihi syai-un fil ardli walaa fis samaa-i huwas samii’ul ‘alimu.

Artinya :
“Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik di bumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Semoga doa ini dapat membuat kita segera sembuh dari penyakit dan mengangkat penyakit orang lain yang sedang sakit parah. Amin ya Rabbal Aalaamiin.

Adab Ketika Sakit Dalam Islam

Selain ketika mengunjungi orang yang sedang sakit, kita juga harus menjaga adab jika sedang sakit. Dalam Islam, orang sakt pun harus mematuhi adab atau norma yang berlaku.

Jangan memanfaatkan kondisi tubuh yang lemah untuk kepentingan diri sendiri. Kita juga harus memahami bahwa di dunia ini kita tidak hidup sendiri, melainkan bersama dengan orang lain.

Berikut adalah beberapa adab atau hal-hal yang harus dilakukan ketika orang sedang sakit dalam agama Islam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama adalah sabar dan percaya akan keputusan Allah SWT bahwa ini merupakan yang terbaik.
  • Berbaik sangka kepada-Nya bahwa penyakit bukan merupakan hukuman, melainkan cobaan untuk mendekatkan antara hamba dengan Tuhannya.
  • Berobat dengan cara-cara yang sunnah dan mubah, tidak bertentangan dengan syariat Islam.
  • Bila sakit bertambah parah, jangan sekali-kali berpikir kematian adalah pilihan terbaik.
  • Apabila memiliki tunggakan berupa hutang, amalan, puasa qadha, atau pinjaman, maka segera tunaikanlah.
  • Apabila memiliki kedzaliman terhadap orang lain maka segeralah dia mengurus urusannya.
  • Disyariatkan untuk menulis warisan kepada ahli waris dengan saksi seorang laki-laki muslim yang adil.
  • Berwasiat jika meninggal, maka jenazahnya segera diurus dan dimakamkan sesuai sunnah.

Akhir Kata

Itu dia beberapa doa minum obat ketika sakit untuk memohon kesembuhan agar cepat sembuh. Termasuk hadits dan dalil yang shahih dari Sahabat Nabi, serta adab saat sakit dalalm Islam.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *