Doa Mohon Kekuatan Beribadah Arab Latin dan Artinya

By | Oktober 14, 2019
doa mohon kekuatan beribadah

Doa memohon kekuatan beribadah, agar khusyu, istiqomah, keluarga, suami, anak, taat berdzikir.

Doagama.com – Doa mohon kekutan beribadah arab latin dan artinya. Sebagai umat Islam, kita mengenal dua jenis ibadah, ada yang wajib dan ada yang sunnah. Keduanya sama-sama dilakukan untuk mendapat pahala dari Allah SWT.

Ibadah wajib yaitu ibadah yang harus dikerjakan, tidak boleh ditinggalkan dan jika diabaikan maka akan mendapat dosa. Ibadah yang hukumnya wajib antara lain sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya serta puasa ramdhan, kafarat, nazar dan qadha.

Sementara itu, ibadah sunnah merupakan ibadah yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa. Sebagian umat Islam rutin menjalankannya karena ibadah-ibadah sunnah memiliki manfaat dan keutamaan yang istimewa.

Beberapa contoh ibadah sunnah antara lain sholat tahajud, istikharah, dhuha, puasa arafah, syawal dan masih banyak lagi. Barangsiapa mengerjakan keduanya, baik ibadah wajib dan sunnah, maka ia kelak akan mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya.

Pada zaman dahulu, umat muslim berbondong-bondong mengerjakan dua jenis ibadah tersebut, bahkan ketika sakit pun mereka rela untuk tetap mengejakannya demi mendapat syafaat dan ridha dari Allah SWT. Sedangkan sekarang?

Seiring perkembangan teknologi, manusia lebih banyak sibuk dengan kesibukannya masing-masing, mulai dari pekerjaan, hubungan bersama teman, bahkan jalan-jalan ke berbagai macam tempat wisata yang menarik di Indonesia.

Akhirnya saat hari libur tiba, mereka tidak memiliki cukup energi untuk beraktifitas sehingga mereka lebih memilih tidur sepanjang hari. Padahal libur adalah waktu yang paling tepat untuk menjalankan ibadah.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa apabila kita merasa lelah untuk beribadah, capek, malas, tidak mau, enggan dan sebagainya, usahakan membaca sebuah doa untuk mengembalikan semangat beribadah, mohon kekuatan untuk menjalani ibadah.

Dengan berdoa, insyaallah kita akan kembali memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah. Dengan doa minta kekuatan beribadah kepada Allah SWT, insyaallah aka nada kemauan dari dalam hati yang paling dalam untuk terus beribadah kepada-Nya.

Doa Mohon Kekuatan Beribadah

doa memohon kekuatan untuk beribadah
doa memohon kekuatan untuk beribadah

Di sini ada berbagai macam doa minta kekuatan beribadah, doa yang bersumber dari hadits shahih dan sesuai sunnah. Diriwayatkan oleh beberapa tokoh muslim terkenal di zamannya. Adapun makna dari doa mohon kekuatan beribadah ini bermacam-macam.

Selain untuk menguatkan hati, mengumpulkan niat beribadah, doa berikut juga dapat menjadi doa penyadar yang membuka pikiran kita bahwasannya ada kehidupan setelah mati, ada pertanggungjawaban atas apa yang selama ini kita perbuat di dunia.

Dengan kesadaran tersebut, tentunya kita akan lebih aktif untuk beribadah, baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah, baik sendiri-sendiri maupun berjamaah. Insyaallah, Allah SWT akan membantu kita mengumpulkan kemauan menguatkan keinginan untuk menjalani ibadah.

Bagi yang merasa jarang atau bahkan tidak pernah menjalankan ibadah wajib seperti sholat lima waktu, bacalah doa berikut untuk bertaubat kepada Allah SWT dan memulai hari yang baru dengan rutin beribadah kepada-Nya.

Sedangkan bagi yang telah rutin menunaikan ibadah fardhu, bacalah doa berikut supaya kita menjadi semakin gemar beribadah (ibadah sunnah), baik puasa maupun sholat sunnah yang tentunya mendatangkan pahala yang amat berlimpah.

Berikut adalah lafadz bacaan teks doa mohon kekuatan beribadah, agar niat beribadah, supaya tidak malas beribadah, ditumbuhkan niat untuk ibadah sesuai sunnah, berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

1. Doa Memohon Kekuatan Untuk Beribadah

Saat rasa malas menyelimuti hati kita dan kemudian menyebabkan kita enggan untuk beribadah, sebaiknya lafadzkan doa ini, doa yang diharapkan membangkitkan kekuatan untuk beribadah.

Ini merupakan doa untuk diri sendiri yang malas beribadah, jadi, ucpkanlah doa ini untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain, termasuk pasangan, anak atau keluarga.

اَللّٰهُمَّ اَعِنِّيْ عَلٰى ذِ كْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allaahumma a’innii ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.

Artinya :
“Ya Allah, bantulah aku agar selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah kepada-Mu dengan baik.”

2. Doa Agar Suami Taat Beribadah

Suami adalah pemimpin kelaurga, seharusnya dia mencontohkan istrinya untuk taat beribadah. Sebagai seorang istri yang memiliki suami yang jarang sholat, sebaiknya bacalah doa berikut ini.

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ اْلوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lanaa min ladunka rohmatan, innaka antal wahhaab

Artinya :
“Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Mahapemberi (karunia).”

3. Doa Agar Anak Rajin Sholat Tanpa Disuruh

Ini adalah doa yang sering dibaca oleh Nabi Ibrahim untuk keluarganya supaya taat beribadah, termasuk agar anak rajin sholat dan puasa tanpa harus disuruh-suruh.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Rabbij ‘alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii, rabbanaa wa taqabbal du’aa.

Artinya :
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Tuhanku, perkenankanlah doaku.”

4. Doa Mohon Kekhusyukan Dalam Ibadah

Kadang walaupun sudah memiliki niat untuk beribadah, kita tidak menjalaninya dengan fokus atau khusyu, oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum beribadah membaca dzikri atau wirid ini terlebih dahulu.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لا تَشْبَعُ وَمِنْ عَمَلٍ لاَ يُتَقَبَّلُ وَمِنْ دُعَاءٍ لاَ يُسْمَعُ اِلَهَنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا فَقَدْ اَمَرْتَنَا فَتَرَكْنَا وَنَهَيْتَنَا فَارْتَكَبْنَا فَلَا يَسَعُنَا اِلَّا عَفْوُكَ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ اَعْمَالَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا وَامْنَحْنَا اْلخَشْيَة َوَاْلخُشُوْعَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allohumma inna na’uzubika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qolbin la yakhsya’u wa min nafsin la tasyba’u wa min ‘amalin la yutaqobbalu wa min du’a-in la yusma’u . Ilahana dzalamna anfusana faqod amartana fatarokna wa nahaitana fartakabna fala yasa’una illa ‘afwuka allohumma taqobbal a’malana wa tammin taqshirona wamnahnal khosyyata wal khusyu’. Wa shollallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya :
“Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak kenyang (puas), dari amal yang tidak diterima dan dari doa yang tidak dikabulkan. Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, Engkau memerintahkan kami berbuat tetapi kami tidak mengerjakannya, Engkau melarang kami, tetap larangan-Mu kami abaikan, sehingga tiada yang kami harapkan kecuali pengempunan-Mu. Ya Allah, terimalah amal-amal kami dan sempurnakanlah apa yang kurang dari kami serta anugerahilah kami rasa takut dan khusyuk terhadap-Mu. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammada, dan juga kepada keluarga dan sahabatnya. Semoga Allah juga memberikan keselamatan kepada mereka.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai doa mohon kekuatan ibadah, doa mohon kekhusyukan dalam ibadah, doa nabi ibrahim agar keluarga taat ibadah, doa saat hati terasa berat untuk ibadah.

Doa supaya selalu dikuatkan dalam berdzikir, doa dan amalan agar istiqomah di jalan Allah SWT, doa agar hati mudah tergerak untuk ibadah, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *