Doa Mohon Kesembuhan Agar Penyakit Diangkat Allah SWT

By | November 2, 2019
doa mohon kesembuhan agar penyakit diangkat

Doa mohon kesembuhan penyakit dalam islam untuk diri sendiri, orang sakit, agar penyakit diangkat oleh Allah SWT.

Doagama.com – Doa mohon kesembuhan agar penyakit diangkat allah swt. Semua orang memiliki tubuh yang tidak 100% sehat. Ada kalanya kekebalan tubuh menurun.

Saat sistem kekebalan tubuh turun, virus dan kuman akan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit di dalamnya. Ketika tidak diobati, penyakit akan menjadi lebih parah.

Oleh karena itu saat terserang penyakit, alangkah baiknya lakukan pertolongan pertama yakni minum obat yang dijual di puskesmas. Belilah obat yang biasa Anda minum ketika sakit.

Saat penyakit tidak kunjung sembuh, barulah bawa diri ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Jangan berlama-lama menunda ke dokter agar deteksi awal terhadap penyakit bisa dilakukan.

Berusalah sebaik mungkin agar penyakit bisa segera diangkat oleh Allah SWT, karena Dia mengatakan bahwa tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan, semua ada obatnya.

Selain berobat, cara lain yang bias kita usahakan untuk mengangkat penyakit adalah dengan berdoa kepada Allah SWT sebagai Dzat yang maha kuasa penyembuh segala macam penyakit.

Mintalah kesembuhan apabila diri kita menderita penyakit, doakan keluarga, kerabat atau orangtua yang sakit agar mereka lekas sembuh dan bisa beraktifitas secara normal.

Baca : Doa Menjenguk Orang Sakit

Di sini kita akan membahas mengenai macam-macam doa minta kesembuhan penyakit agar penyakit bisa dihilangkan, diangkat, disembuhkan oleh Allah SWT.

Doa Mohon Kesembuhan Penyakit

doa mohon kesembuhan penyakit
doa mohon kesembuhan penyakit

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berdoa mohon perlindugan kepada Allah Ta’ala, termasuk ketika sakit kita sangat dianjutkan untuk berdoa memohon kesembuhan.

Karena sebaik apapun usaha kita untuke menyembuhkan penyakit, apabila Allah SWT tidak meridhoi dan ingin memberi cobaan dalam waktu yang lebih panjang, penyakit tetap tidak akan sembuh.

Selain memohon kesembuhan, mintalah juga kepada-Nya agar menghilangkan rasa sakit yang kita rasakan, dan juga mohon agar pneyakityang kita derita tidak menular ke orang lain.

Di sini ada beberapa doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk memohon kesembuhan penyakit yang bersumber dari hadits shahih yang benar sesuai sunnah.

1. Doa Mohon Kesembuhan Penyakit Dalam Islam

Sebagai muslim, ketika kita sedang sakit baik laki-laki maupun perempuan, bacalah doa memohon kesembuhan penyakit berikut ini.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullaahal azhiima rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya :
“Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

2. Doa Minta Kesembuhah Untuk Diri Sendiri

Ketika tubuh kita terserang penyakit parah atau mematikan, silahkan baca doa meminta kesembuhan dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzuu bii ‘izzatillahi wa qudratihi minsyarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya :
“Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

3. Doa Agar Penyakit Diangkat Oleh Allah SWT

Ini adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk mendoakan orang yang sedang sakit agar cepat sembuh. Berikut adalah doa supaya penyakit diangkat dalam bahasa Arab dan terjemahannya.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafaakallaahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii diinika wa jismika ilaa muddati ajalika.

Artinya :
“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

4. Doa Untuk Kesembuhan Orang Sakit

Ada pula doa lain yang dapat dibaca ketika kita menjenguk orang sakit agar lekas sembuh. Berikut adalah bacaan lafadz doa untuk kesembuhan penyakit.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Lā kāsyifa lahū illaa anta.

Artinya :
“Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”

5. Doa Memohon Kesembuhan Dari Segala Penyakit

Ada bermacam-macam penyakit di dunia ini, doa berikut ditujukan untuk segala macam penyakit baik penyakit umum seperti flu, demam, batuk, panas, maupun penyakit yang lebih kompleks.

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Laa ba’sa thahuurun insyaa’al’aahu.

Artinya :
“(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah.”

6. Doa Memohon Kesembuhan Sesuai Sunnah

Doa berikutnya bisa dijadikan amalan agar penyakit segera disembuhkan, cara mengamalkannya adalah dengan membacanya setiap waktu luang saat terbaring sakit.

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Rabbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya :
“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

7. Doa Mohon Kesembuhan Orang Tua

Terakhir adalah doa khusus yang dibaca saat ayah atau ibu kita menderita penyakit, biasanya ini faktor usia. Ketika manusia sudah beranjak tua, maka mereka akan mudah terserang penyakit.

لَا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Laa ba’sa thahuurun insyaa’allaahu.

Artinya :
“Tidak masalah, ia (penyakit ini) menjadi pembersih (dosa) insya Allah.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai doa sakit, doa mohon kesembuhan dari penyakit untuk anak, doa minta kesembuhan penyakit dan kesehatan.

Doa memohon kesembuhan untuk suami, ibu, anak yg sakit, doa meminta kesembuhan dari sakit berat, untuk ayah, peyakit kulit, dsb.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *