Doa Mohon Petunjuk yang Haq dan Terbaik Kepada Allah SWT

By | November 16, 2019
doa mohon petunjuk yang haq dan terbaik

Doa mohon petujuk yang haq, terbaik, usaha, kejayaan kepada allah swt arab latin dan artinya.

Doagama.com – Doa mohon petujuk yang haq dan terbaik. Kadang, seseorang dibuat bingung dalam menentukan pilihan, kita sama-sama tidak tahu apakah pilihan yang kita pilih merupakan yang terbaik atau bukan.

Misalnya saja dalam memilih tempat kuliah, urusan pekerjaan, jodoh, dan sebagainya. Salah pertimbangan sedikit saja, itu bisa membuat masa depan kita menjadi lebih buruk atau bahkan bisa hancur.

Maka dari itu, setiap akan memilih sebuah keputusan hendaknya kita mempertimbangkannya secara matang. Menurut agama Islam, cara menentukan pilihan yang terbaik dan haq adalah sebagai berikut.

Pertama, pilihlah yang paling banyak mendatangkan maslahat atau kebaikan. Jika keduanya sama-sama memiliki banyak keuntungan, pilihlah yang paling sedikit mendatangkan mudharat atau keburukan.

Namun apakah kita bisa semudah itu menentukan apakah hal yang akan kita pilih ini memiliki lebih banyak keuntungan, apakah yang kita tentukan ini mendatangkan lebih sedikit keburukan?

Tentu tidak mudah bukan? Oleh karena itu, Rasulullah SAW sangat menganjurkan kita untuk terus berdoa kepada Allah SWT sebelum memutuskan kehendak.

Cara terbaik adalah dengan melaksanakan sholat sunnah istikharah untuk minta petunjuk kepada-Nya. Adapun amalan lain yang bisa kita kerjakan adalah dengan membaca doa untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT.

Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas beberapa doa yang bisa dijadikan dzikir dan wirid sehari-hari agar diberikan petunjuk oleh Allah Ta’ala.

Doa Mohon Petunjuk yang Haq

doa mohon petunjuk
doa mohon petunjuk

Kata ‘haq’ berasal dari bahasa Arab yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘sesuatu yang benar’, ‘hal yang dibenaran’, atau ‘hal yang tidak salah’.

Secara istilah, petunjuk yang haq berarti petunjuk yang benar, apabila kita menuruti petunjuk tersebut maka kita akan memiliki hal-hal baik serta tidak berkonotasi negatif.

Misalnya saja jika kita diberi petunjuk soal jodoh dan kita mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT, insya Allah hidup kita akan bahagia bersama keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

Berikut adalah doa pendek untuk memohon petunjuk yang haq ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

1. Doa Mohon Petunjuk Kebenaran

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالسَّدَادَ

Allahumma inni as-alukal huda was sadaad.

Artinya:
“Ya Allah, meminta kepada-Mu petunjuk dan kebenaran.”

2. Doa Mohon Petunjuk Lewat Mimpi

اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنْ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Artinya :
“Tunjukilah aku kepada kebenaran-kebenaran dengan izin Engkau, sesungguhnya Engkau menunjukkan siapa yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus.”

Doa Mohon Petujuk Terbaik

Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, doa memohon diberi petunjuk yang terbaik merupakan doa supaya Allah SWT memberikan kita petunjuk untuk menentukan pilihan yang harus kita ambil.

Petunjuk terbaik dapat diartikan sebagai petunjuk yang paling baik untuk kita ikuti, petunjuk yang harus kita lakukan, atau petunjuk yang paling banyak mendatangkan kemaslahatan dan paling sedikit mudharatnya.

Memilih pilihan berdasarkan petunjuk terbaik akan membawa kita menuju kebahagiaan dan insya Allah hidup kita akan menjadi semakin berkah baik jasmani maupun rohani.

Karena sejujurnya Allah SWT tidak akan pernah memberikan petunjuk yang salah kepada hamba-Nya, hanya saja kadang kita salah mengartikan atau sulit membaca petunjuk dari Allah SWT tersebut.

Berikut adalah teks lafadz bacaan doa memohon petunjuk yang terbaik kepada Allah SWT ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia.

1. Doa Meminta Petunjuk dan Hidayah

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Artinya :
“Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu’anhu, dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam beliau biasa berdoa: Allaahumma innii as-alukal hudaa wat tuqaa wal ‘afaafa wal ghinaa (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, keterjagaan, dan kekayaan).”

2. Doa Mohon Petunjuk Jalan Keluar Dari Masalah

خَابَ اْلوَافِدُونَ عَلَى غَيْرِكَ، وَخَسِرَ المُتَعَرِّضُونَ إِلاّ لَكَ، وَضاعَ المُلِمُّونَ إِلاّ بِكَ، وَاَجْدَبَ الْمُنْتَجِعُونَ إِلاّ مَنِ انْتَجَعَ فَضْلَكَ، بابُكَ مَفْتُوحٌ لِلرّاغِبينَ، وَخَيْرُكَ مَبْذُولٌ لِلطّالِبينَ وَفَضْلُكَ مُباحٌ لِلسّائِلينَ، وَنَيْلُكَ مُتاحٌ لِلامِلينَ،

وَرِزْقُكَ مَبْسُوطٌ لِمَنْ عَصاكَ، وَحِلْمُكَ مُعْتَرِضٌ لِمَنْ ناواكَ، عادَتُكَ الاْحْسانُ اِلَى الْمُسيئينَ، وَسَبيلُكَ الاِبْقاءُ عَلَى الْمُعْتَدينَ، اَللّـهُمَّ فَاهْدِني هُدَى الْمُهْتَدينَ، وَارْزُقْني اجْتِهادَ الْمجْتَهِدينَ، وَلا تَجْعَلْني مِنَ الْغافِلينَ الْمُبْعَدينَ، واغْفِرْ لي يَوْمَ الدّينِ

Khobal wafiduna ‘ala ghoirika wa khosirol muta’arridhuna illa laka wa dho’al mulimmuna illa bika wa ajdabal muntaji’una illa manintaja’a fadhlaka babuka maftuhun lirroghibina wa khoiruka mabzulun littholibina wa fadhluka mubahun lissa-ilina wa nailuka mutahun lillamilina

wa rizquka mabsuthun liman ‘ashoka wa hilmuka mu’taridhun liman nawaka ‘adatukal ihsanu ilal musi-ina wa sabilukal ibqo-u ‘alal mu’tadina. Allohumma fahdini hudal muhtadina warzuqni ijtihadal mujtahidina wa la taj’alni minal ghafilinal mub’adina waghfirli yaumad dina.

Artinya:
“Sia-sialah orang-orang yang datang kepada selain-Mu, rugilah orang-orang yang menghadap kecuali kepada-Mu, rugilah orang-orang yang berkunjung kecuali kepada-Mu,
keringlah orang-orang yang mencari taman kecuali di taman karunia-Mu. Pintu-Mu terbuka bagi orang-orang yang menyimpan harapan, kebaikan-Mu tercurahkan pada orang-orang yang mencari, karunia-Mu terbuka bagi orang-orang yang bermohon, anugerah-Mu terbuka bagi orang-orang yang menginginkan

rizki-Mu terhampar luas bagi orang yang bermaksiat pada-Mu, santun-Mu terbuka bagi yang berharap pada-Mu, kebiasaan-Mu baik terhadap orang-orang yang berbuat keburukan, jalan-Mu tetap terjaga terhadap orang-orang yang membangkang.

Ya Allah, bimbinglah aku seperti bimbingan orang-orang yang memperoleh hidayah, karuniakan padaku kesungguhan orang-orang yang bersungguh-sungguh, jangan jadikan aku tergolong pada orang-orang yang lalai dan menjauhkan diri dari-Mu, dan ampuni aku pada hari kiamat.”

Akhir Kata

Itulah doa mohon petunjuk kepada Allah SWT dan kebanaran lewat mimpi, jodoh, doa minta petunjuk pekerjaan, pertolongan, doa minta petunjuk cara menyelesaikan masalah, usaha yang cocok dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *