DOA NAIK KENDARAAN : Darat, Laut, Udara

By | Juli 18, 2019
doa naik kendaraan

Doa naik kendaraan majhera, yang lengkap dan sesuai sunnah, bacaan doa ketika menaiki kendaraan darat, laut, udara

Doagama.com – Doa naik kendaraan. Sebagai muslim, kita dianjurkan membaca doa setiap beraktifitas, termasuk ketika menaiki kendaraan baik pribadi maupun angkutan umum di darat, laut dan udara.

Membaca doa ketika naik kendaraan atau doa majreha diperuntukkan bagi kita untuk meminta tolong kepada Allah SWT agar diselamatkan selama perjalanan dan sampai tujuan dengan kondisi baik-baik saja dan juga agar terhindar dari marabahaya lainnya.

Rasulullah SAW sangat menganjurkan kita untuk membaca doa ketika ingin menaiki kendaraan. Kalau di zaman sekarang, kita dianjurkan membaca doa ketika menaiki pesawat, kapal laut, perahu, kereta api, bus, mobil, motor, sepeda, truk dan sebagainya.

Baca : Doa Memohon Keselamatan

Pada artikel ini saya akan menulis bacaan doa memohon pertolongan ketika ingin naik ke kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan umum.

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan

Berikut adalah beberapa keutamaan atau manfaat dan faedah ketika membaca bacaan naik kendaraan bagi umat muslim dalam agama Islam.

  • Supaya terhindar dari marabahaya dan kecelakaan ketika naik kendaraan.
  • Supaya selamat sampai tujuan atas perlindungan Allah SWT.
  • Mengingatkan diri selalu akan Allah SWT.
  • Mengamalkan sunnah Nabi Muhammad SAW.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dan masih banyak lagi manfaat membaca doa kendaraan yang tidak bisa saya tulis satu per satu.

Bacaan Doa Menaiki Kendaraan

Berikut ada dua macam doa menaiki kendaraan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW meliputi doa menaiki kendaraan umum (darat dan udara) dan doa khusus ketika menaiki kapal di laut.

1. Doa Naik Kendaraan Umum

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.”

Artinya :
“Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

2. Doa Naik Kapal Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.”

Artinya :
“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Waktu Pembacaan

Doa menaiki kendaraan ini diucapkan sesaat ketika kita hendak masuk ke dalam kendaraan baik angkutan umum maupun berkendara sendiri. Tepatnya, ketika satu kaki kita telah masuk ke dalam kendaraan.

Bacaan doa ini sangat erat kaitannya dengan sholat safar, yakni sholat ketika ingin bepergian jarak jauh. Doa menaiki kendaraan dalam Islam ini juga dapat diucapkan atau dilafadzkan setelh melaksanakan sholat safar.

Baca : Sholat Safar

Akhir Kata

Begitulah bacaan Doa Naik Kendaraan sesuai sunnah, untuk anak TK, majreha, arab dan latin, surat naik kendaraan yang lengkap, ringkas, jelas, dan sebagainya. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *