Doa Pelaksanaan Aqiqah yang Lengkap Sesuai Sunnah

By | November 2, 2019
doa pelaksanaan aqiqah

Doa seputar pelaksanaan aqiqah mulai dari niat sampai menyembelih hewan sesuai sunnah arab latin artinya.

Doagama.com – Doa seputar aqiqah yang lengkap sesuai sunnah. Aqiqah, akikah, atau kekah merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah anak atau bayi yang lahir.

Aqiqah yaitu pengurbanan hewan atau binatang sesuai dengan syariat Islam, sama seperti kurban. Aqiqah dilaksanakan dengan menyembelih atau memotong hewan.

Hewan yang boleh digunakan untuk aqiqah adalah kambing atau domba. Untuk anak laki-laki jumlah kambing yagn diaqiqahkan harus dua sedangkan perempuan hanya satu.

Daging hasil pemotongan hewan aqiqah disebarkan kepada masyarakat sekitar, khususnya kepada mereka yang tidak mampu, tujuannya agar mereka ikut menikmati hasil pengurbanan kita.

Aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja, baik beberapa saat ketika bayi lahir maupun ketika bayi tersebut sudah tumbuh menjadi manusia dewasa, hukum aqiqah adalah sunnah muakkad artinya sunnah yang sangat dianjurkan.

Aqiqah adalah ibadah, memiliki banyak keutamaan, manfaat, faedah dan fadhilah. Oleh karena aqiqah merupakan ibadah, maka aqiqah dilakukan dengan membaca doa.

Doa yang dibaca seputar pelaksanaan aqiqah meliputi bacaan lafadz niat hewan aqiqah yang dibaca sebelum menyembelih dan doa setelah hewan selesai disembelih.

Baca : Doa Menyembelih Hewan Qurban

Di sini kita akan membahas mengenai doa yang dibaca pada saat aqiqah secara lengkap dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

Doa Seputar Pelaksanaan Aqiqah

doa menyembelih hewan aqiqah
doa menyembelih hewan aqiqah

Menyembelih hewan aqiqah bisa dilakukan dengan tangan sendiri maupun diwakilkan oleh orang lain seperti tukang jagal. Aqiqah sama-sama sah yang penting membaca niat terlebih dahulu.

Biasanya, waktu penyembelihan hewan aqiqah dilaksanakan pada pagi hari ketika matahari belum tinggi, tujuannya adalah agar ketika siang, daging aqiqah bisa langsung dibagikan kepada orang lain.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ada dua doa seputar pelaksanaan aqiqah, yang pertama adalah membaca niat terlebih dahulu dan yang kedua adalah dzikir atau wirid sebagai amalan.

Berikut adalah lafadz teks bacaan doa pelaksanaan aqiqah lengkap menurut islam sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih dan dalil yang terpercaya.

1. Niat Menyembelih Hewan Aqiqah

Yang pertama adalah membaca niat terlebih dahulu, dilakukan sebelum pisau atau alat potong memotong leher hewan aqiqah. Bertiku adalah bacaan lengkapnya.

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ

Bismillaahi wallaahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu… (sebutkan nama bayi)

Artinya :
“Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (sebutkan nama bayi).”

2. Doa Setelah Menyembelih Hewan Aqiqah

Yang kedua adalah membaca dzikir doa sesudah menyembelih hewan aqiqah yang cukup panjang sebagai amalan tambahan untuk menyempurnakan ibadah aqiqah.

Dalam doa ini, ita berharap agar bayi atau anak yang masih kecil bisa tumbuh menjadi ana yang berbakti kepada orangtua, taat beragama, dan selalu diberi perlindungan.

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allaahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyaani wa min jamii’is sayyiaati wal ‘ishyaani wahrishu bihadlaanatika wa kafaalatika al-mahmuudati wa bidawaami ‘inaayatika wa ri’aayatika an-nafiidzati nuqaddimu bihaa ‘alal qiyaami bimaa kalaftanaa min huqûqi rububiyyaatika al-kariimati nadabtanaa ilaihi fiimaa bainanaa wa baina khalqika min makaarimil akhlaaqi wa athyabu maa fadldlaltanaa minal arzaaqi. Allaahummaj’alnaa wa iyyaahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’aani wa laa taj’alnaa wa iyyaahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyaani.

Artinya :
“Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela”

Akhir Kata

Itulah penjelasan menenai doa aqiqah, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita yang diberi tugas untuk menyembelih kambing aqiqah.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *