Contoh Doa Pengakuan Dosa Kristen (Pertobatan)

By | Juni 11, 2019
doa pengakuan dosa

Doa pengakuan dosa, pertobatan, pengampunan, mohon ampun kristen katolik protestan

Doagama.com – Doa pengakuan dosa. Manusia merupakan tempatnya salah dan dosa. Hal tersebut wajar karena tidak ada makhluk yang sempurna. Yang sempurna di dunia ini adalah Tuhan. Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, kesalahan dan menyimpang dari kebenaran.

Ketika kita menyadari bahwa telah banyak perbuatan dosa yang kita perbuat, telah banyak penyimpangan dari ajaran kebenaran yang telah kita lakukan, telah banyak kerugian yang kita bebankan kepada diri sendiri, orang lain dan Tuhan, maka segeralah bertobat.

Tobat dilakukan dengan cara membaca doa pada ibadah di gereja. Doa yang biasa disebut doa pengakuan dosa, doa pengampunan maupun doa pertobatan dalam ajaran Katolik dan Protestan sama saja dirangkai dengan menggunakan teks sendiri.

Namun lebih penting dari itu, kita jangan sampai mengulangi perbuatan dosa atau kesalahan yang pernah kita buat. Itulah makna yang lebih penting dari bertobat dan memohon ampun kepada Tuhan. Bertobat dengan sungguh-sungguh dengan tidak mengulangi perbuatan yang sama.

Pada kesempatan ini saya ingin menulis dua contoh doa pertobatan atau pengakuan dosa dalam agama Kristen menggunakan teks yang singkat dan jelas serta menggunakan teks yang panjang dan lengkap. Langsung saja, berikut contoh kalimat doanya.

Doa Pengakuan Dosa Singkat dan Jelas

Tuhan yang maha mulia. Terima kasih karena telah memberi penyertaan yang melimpah sehingga pada kesempatan ini kami dapat berkumpul dan memuji namaMu. Terima kasih pula karena telah melayakkan kami agar layak di hadapanMu meski kami melakukan banyak perbuatan dosa.

Kami sadar bahwa seringkali kami lalai untuk menjalankan perintahMu, menyimpang dari kebenaranMu dan melakukan perbuatan-perbuatan tidak terpuji. Semuanya adalah dosa yang kami tanggung. Sekarang kami sadar bahwa itu adalah perbuatan yang salah.

Maka dari itu, Tuhan. Kami mohon agar diampuni dosa dan kesalahan yang telah kami perbuat. Tidak ada tempat lain selain kepadaMu kami meminta pertobatan. Kami ingin Engkau menghapus segala kesalahan yang pernah kami perbuat.

Kami yakin bahwa Engkau maha pengampun, maha mengasihi dan kami yakin Engkau akan selalu membimbing kami agar tidak lagi melakukan perbuatan dosa. Kembali ke jalan yang benar dan tidak membiarkan kami terjerumus lagi dalam kesalahan. Dalam nama Tuhan yang besar, kami memohon. Amin.

Doa Pengakuan Dosa Panjang

Tuhan yang maha besar. Kami mengucap banyak terima kasih atas penyertaan yang sudah Engkau berikan sehingga kami dapat berkumpul dalam rangka menjalani rangkaian acara ibadah pada hari ini. Terima kasih pula atas seluruh berkat yang Engkau berikan pada kegiatan ibadah ini sehingga dapat berjalan lancar.

Tuhan, seringkali kami melakukan kesalahan baik kepada diri sendiri, orang lain dan juga kepada Engkau. Banyak penyimpangan dari jalan kebenaran, kesalahan yang merugikan orang lain hingga lalai dalam melaksakanan tugas yang Engkau berikan.

Kami merasa sangat buruk hari ini. Menyadari betapa banyak dosa yang kami perbuat. Menyadari betapa banyak orang yang merugi karena perbuatan kami. Namun Engkau tiada hentinya memberikan berkat dan mengasihi kami dalam hidup. Kami sangat merasa bersalah.

Entah berapa banyak perbuatan dosa yang kami perbuat. Tidak terhitung jumlahnya. Sangat banyak. Namun pada kesempatan ini, sekali lagi, dengan segala kerendahan hati kami memohon ampun, mohon maaf dan meminta kepadaMu agar dihapuskan dosa yang pernah kami perbuat.

Kami ingin berubah menjadi baik. Kembali seperti ketika pertama lahir ke dunia. Bersih tanpa dosa dan menjalani kehidupan tanpa beban. Kami yakin bahwa Engkau akan mengampuni apa yang telah kami lakukan. Karena Engkau adalah Tuhan yang penuh kasih.

Berkatilah kami agar tidak akan lagi melakukan perbuatan salah. Tidak lagi menciptakan dosa yang merugikan semua pihak. Berkati kami, Ya Tuhan. Semoga Tuhan mendengar doa yang kami panjatkan. Amin.

Akhir Kata

Terima kasih karena telah membaca contoh Doa Pengakuan Dosa pada blog ini. Setelah berdoa, berjanjilah bahwa kita tidak akan pernah melakuakan kesalahan yang sama. Karena jika kita kembali berbuat dosa, untuk apa kita membaca doa pertobatan atau doa pengampunan pada saat ibadah di gereja. Sekian.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *